Daftar Pertanyaan Umum saat Wawancara Kerja yang Perlu Anda Siapkan Jawabannya dengan Tepat

Jessica,
0
Pertanyaan Umum saat Wawancara Kerja

Wawancara kerja merupakan salah satu tahapan penting yang harus dilalui untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda impikan. Tidak sedikit, beberapa calon pelamar kerja mengalami kegagalan karena tidak berhasil melalui proses wawancara dengan baik. Berikut beberapa pertanyaan umum saat wawancara kerja yang bisa Anda pelajari untuk membantu menyukseskan wawancara kerja yang akan Anda hadapi:

Bisakah Anda Menceritakan tentang Diri Anda

 Pertanyaan Umum saat Wawancara Kerja yang Perlu Anda Siapk

liputan.com

 

Pertanyaan ini biasanya merupakan pertanyaan pembuka. Kemampuan Anda menjawab pertanyaan ini dapat menjadi penentu kelancaran proses wawancara Anda berikutnya. Saat pertanyaan ini dilontarkan, berikan jawaban tentang informasi menarik dari diri Anda, prestasi, pengalaman dan hal lain yang dapat meningkatkan nilai diri Anda di depan pewawancara.

Apa yang Anda Ketahui Tentang Kami?

Pertanyaan Umum saat Wawancara Kerja

glints.com

 

Pertanyaan ini merupakan pertanyaan umum saat wawancara kerja yang seringkali ditanyakan. Saat Anda dihadapkan pada pertanyaan ini, diharapkan Anda dapat dapat berdiskusi tentang performa, produk, atau reputasi perusahaan. Sampaikan jawaban yang menunjukkan bahwa Anda memiliki pengetahuan yang cukup mengenai perusahaan tersebut, namun jangan terlalu berlebihan. Tak lupa, tunjukkan rasa ingin belajar yang lebih banyak di perusahaan tersebut.

Apa Kelebihan Anda?

Pertanyaan Umum saat Wawancara Kerja

bangsaku.web.id

 

Pertanyaan tentang kelebihan diri ini juga menjadi pertanyaan umum saat wawancara yang perlu dijawab dengan tepat. Saat mendapatkan pertanyaan ini, Anda harus menjawabnya secara akurat dan sesuai dengan kenyataan. Sampaikan kelebihan diri Anda yang berkaitan dengan posisi pekerjaan yang Anda pilih secara spesifik.

Apa Kelemahan Anda?

Pertanyaan Umum saat Wawancara Kerja

liputan6.com

 

Pertanyaan tentang kelemahan bisa jadi menjadi salah satu pertanyaan umum saat wawancara kerja yang cukup sulit untuk dijawab dan perlu disiasati saat menjawabnya. Contohnya, Anda menyampaikan jika kurang percaya diri jika bekerja sendirian, maka Anda akan berusaha membuat tim yang solid. Jadi, setelah menyampaikan kelemahan Anda, sampaikan kemungkinan solusi yang akan Anda ambil untuk mengatasi kelemahan tersebut.

Alasan Kami harus Menerima Anda?

 Pertanyaan Umum saat Wawancara Kerja

liputan6.com

 

Pertanyaan ini bisa menjadi salah satu pertanyaan menguntungkan karena Anda berkesempatan untuk “menjual” dan menyampaikan kelebihan yang Anda miliki. Dalam menjawab pertanyaan yang satu ini jangan lupa memberikan jawaban yang menunjukkan bahwa Anda mampu berprestasi, mampu beradaptasi, dan mampu bekerja di dalam tim.

Apa yang Menarik dan Tidak Menarik dari Posisi yang Anda Inginkan?

r Pertanyaan Umum saat Wawancara Kerja

liputan6.com

 

Saat Anda dihadapkan pada pertanyaan ini, Anda bisa menjawabnya dengan menyampaikan 3 atau 4 hal yang menurut Anda menarik dari posisi pekerjaan yang Anda incar dan sampaikan satu hal kecil yang kurang menarik dari pekerjaan tersebut. Namun, sampaikan juga bahwa Anda cukup fleksibel dan mampu beradaptasi terhadap kekurangan tersebut.

Berapa Gaji yang Anda inginkan?

Pertanyaan Umum saat Wawancara Kerja

maxmanroe.com

 

Pertanyaan mengenai gaji merupakan pertanyaan umum saat wawancara kerja yang cukup sensitif. Anda sebaiknya menyebutkan besaran gaji yang berada di dalam kisaran gaji yang ditawarkan perusahaan. Jika Anda belum tahu kisarannya, tanyakan secara terbuka dengan senyum dan sopan.

Pengalaman Apa yang Anda Miliki di Bidang Ini?

 Pertanyaan Umum saat Wawancara Kerja

cosmopolitan.co.id

 

Saat ditanya mengenai hal ini, sampaikan pengalaman Anda yang berkaitan dengan posisi pekerjaan yang Anda incar. Inilah saat yang tepat untuk menyampaikan keunggulan Anda, namun jangan terlalu berlebihan agar tidak terkesan sombong.

Apakah Anda Mampu Bekerja di Dalam Tim dan Melakukan Lembur?

Pertanyaan Umum saat Wawancara Kerja yang Perlu Anda Siap

cantik.tempo.co

 

Anda harus menjawab iya untuk pertanyaan yang satu ini karena ke depannya Anda memang harus bekerja di dalam tim. Tidak menutup kemungkinan Anda juga akan dihadapkan pada kerja lembur di waktu-waktu tertentu.

Demikian beberapa pertanyaan umum saat wawancara kerja yang sering ditanyakan. Semoga bermanfaat, Kawan.

Be the first to write a comment.

Your feedback