5 Alasan Mengapa Short Course untuk Mahasiswa Itu Penting

Jessica,
0
Menulis Jurnal

Bagi kamu mahasiswa yang kuliah di luar negeri atau mungkin dalam negeri, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan jika libur panjang tiba. Bukan sekadar liburan untuk bersenang–senang, ada banyak workshop, kelas khusus, seminar atau,short course untuk mahasiswa yang bisa kamu ikuti.

Short course atau kursus singkat menjadi cara yang banyak ditempuh oleh mahasiswa untuk mendapatkan keterampilan baru di masa liburan—khususnya liburan musim panas yang panjang. Materi yang disampaikan di short course biasanya berkaitan dengan keterampilan yang relevan melalui praktik di dunia nyata.

Ada banyak sekali pilihan short course yang bisa kamu ambil. Salah satunya pertukaran mahasiswa atau belajar bahasa asing langsung ke daerah asalnya. Lantas, apa saja manfaat yang bisa kamu dapatkan dari kegiatan short course untuk mahasiswa ini?

Mendalami Bidang Studi yang Tidak Diajarkan di Kampus

Short Course untuk Mahasiswa

infomahasiswa.blogspot.com

Keuntungan pertama dari short course untuk mahasiswa adalah kamu bisa mempelajari materi yang tidak diajarkan di jurusanmu. Kamu bisa menganggap short course ini sebagai pilihan untuk mendalami spesialisasi tertentu—untukmelihat sudut pandang yang berbeda. Kamu bisa saja menemukan hal yang menarik dari materi yang selama ini hanya kamu anggap sebagi hobi semata.

Cocok untuk yang Tidak Punya Banyak Waktu dan Uang

Short Course untuk Mahasiswa

idntimes.com

Liburan kadang terlalu singkat dan biaya untuk belajar ke luar negeri juga tidaklah sedikit. Jika kamu tidak punya banyak waktu untuk belajar mengenai budaya asing secara mendalam, maka short course adalah pilihan tepat. Kamu hanya perlu mencari tahu, Lembaga-lembaga saja yang kerap menawarkan program tersebut, kemudian mendaftarnya.

Memperluas Kemampuan Menghadapi Dunia Kerja

Short Course untuk Mahasiswa

mymediaworld.net

Dengan jumlah pesaing yang semakin banyak, industri apapun menuntut para pekerjanya mampu melakukan berbagai pekerjaan sekaligus (multitasking).Short course untuk mahasiswa ini bisa kamu manfaatkan untuk menambah kemampuanmenghadapi dunia kerja. Ambil pilihan studi yang paling dekat dengan jurusanmu agar kelak membantumu mendapatkan nilai lebih di mata perusahaan tempatmu bekerja.

Menambah Elemen di Dalam CV

Short Course untuk Mahasiswa

hipwee.com

Short course adalah kegiatan akademis tambahan yang bisa kamu masukkan ke dalam CV—sebagaipengalaman tambahan. Jika kamu menginginkan pekerjaan yang bagus atau peluang perekrutan yang lebih tinggi dari rekan-rekan satu jurusanmu, short course akan sangat membantu. Jika studi yang kamu pelajari berhubungan pekerjaan yang akan kelak dikerjakan, perusahaan pasti akan dengan senang hati menerima kamu untuk bekerja di perusahaannya.

Mendapatkan Waktu untuk Bersantai

Short Course untuk Mahasiswa

idntimes.com

Sebelum memutuskan untuk mengikuti short course, kamu pasti akan bertanya-tanya, “Ini, kan, sedang liburan,buat apa mengambil materi pelajaran tambahan lagi?” Percayalah, bahwa short course untuk mahasiswa tidak melulu tentang belajar atau melakukan kegiatan yang membosankan.

Para penyelenggara kursus pendek ini biasanya sudah mempersiapkan waktu untuk bersantai bagi para peserta. Biasanya ada tur yang disertakan, outdoor workshop (biasanya ada dalam paket short course musim panas),atau berbagai kegiatan lain. Bagaimanapun kursus singkat ini adalah cara yang produktif bagi para mahasiswa untuk menghabiskan liburannya.

Saat ini ada banyak sekali informasi short course untuk mahasiswa yang bisa kamu temukan secara online. Pilihan negara, jenis kursus, lamanya masa kursus, hingga persyaratan lain yangharus dipenuhi. Jadi daripada hanya di rumah atau hura-hura, kenapa tidak ikuti kegiatan yang produktif sekaligus bergengsi ini?

Be the first to write a comment.

Your feedback