Anak Suka Bermain Komputer? 5 Peluang Pekerjaan ini Bisa Menjadi Pertimbangan Anda untuk Mendukungnya.

Jessica,
0
Peluang Pekerjaan

Ketika anak lebih suka bermain komputer atau tablet, sebaiknya Anda tidak langsung melarang atau memarahi mereka. Melainkan, lihat dulu apa saja yang mereka kerjakan di balik perangkat elektronik tersebut.

Jika anak hanya bermain-main sosial media, maka sebaiknya Anda segera memberi pengertian akibat buruk dari kegiatan tersebut. Namun, jika anak justru lebih suka bermain gim atau mengotak-atik sistem di dalamnya, maka langkah terbaik yang harus dilakukan adalah mengarahkan dan memberi dukungan.

Anda dapat menginterogasi anak terkait kesukaannya tersebut agar dapat menentukan minat dan bakatnya. Selanjutnya, anak dapat diikutkan les ilmu komputer sebagai bekal ketika dewasa. Pasalnya, di era serba canggih ini, banyak peluang pekerjaan yang membutuhkan keahlian di bidang informatika dan komputer. Di antaranya adalah 6 peluang pekerjaan berikut:

Programmer

Peluang Pekerjaan

entrepreneur.com

Programmer merupakan seseorang yang bekerja untuk membuat sebuah program perangkat lunak untuk membantu memudahkan pekerjaan seseorang. Kemampuan utama yang harus dimiliki seorang programmer adalah mampu menguasai banyak bahasa pemrograman seperti Java, PHP, Visual Basic, atau bahkan Android yang kini menjadi incaran para pelaku bisnis di bidang informatika. Karena bahasa pemrograman adalah fondasi dari sebuah aplikasi. Tanpa itu, programmer tidak akan bisa apa-apa.

Sistem Analis

Peluang Pekerjaan

wikimedia.org

Peluang pekerjaan berikutnya yang dapat dimasuki seorang teknik informatika dan komputer adalah sistem analis. Jika programmer bekerja untuk membuat, maka seorang sistem analis bekerja untuk merancang sebuah sistem dan mengevaluasi sistem yang sudah berjalan.

Tugas utama seorang sistem analis adalah mampu mengubah permintaan klien terkait kebutuhan aplikasi yang diminta ke dalam bentuk diagram rancangan sistem, yang nantinya harus mudah dimengerti oleh programmer dan software design untuk proses pembuatannya. Maka, seorang sistem analis juga wajib memahami teknik pembuatan sistem aplikasi dan memiliki keahlian bahasa pemrograman tertentu.

Pengembang Gim

Peluang Pekerjaan

assets.relic.com

Jika anak lebih suka bermain gim yang menantang dan mengasah otak, maka Anda dapat mengarahkan anak untuk mengikuti kursus pembuatan gim. Agar anak dapat menjadi salah seorang pengembang gim yang dapat dinikmati banyak orang. Mengingat, pengembang gim menjadi peluang pekerjaan paling prestisius di era teknologi sekarang ini. Pasalnya, karena banyak orang suka bermain aplikasi pengasah otak dan penghibur tersebut.

Seorang pengembang gim harus mempunyai kemampuan bahasa pemrograman baik desktop/PC maupun android/mobile, serta keahlian di bidang grafis. Umumnya, para pengembang aplikasi permainan terdiri lebih dari satu orang agar hasil yang didapat lebih baik, karena setiap orang memiliki peranan masing-masing. Ada yang fokus pada bagian grafis dan animasi, bagian pemrograman, serta bagian tester atau penguji kelayakan gim sebelum diluncurkan ke pasaran.

Pengembang Sistem Intelijen

Peluang Pekerjaan

technobusiness.id

Sesuai namanya, sistem yang dikembangkan nantinya harus cerdas menyerupai cara berpikir manusia. Umumnya, sistem intelijen dipakai dalam aplikasi robot atau angkatan militer. Maka, prospek peluang pekerjaan ini begitu tinggi dengan upah yang besar, sebanding dengan tingkat kesulitan yang dialami pengembang ketika merancang sebuah aplikasi berbasis intelijen.

Peluang Pekerjaan

cloudfront.net

Di era yang serba keterbukaan informasi ini, tentu banyak gangguan yang muncul seperti virus, malware, adware, maupun black hacker. Untuk itulah dibutuhkan seseorang yang memiliki kemampuan pengamanan sistem dari serangan-serangan tersebut. Keahlian dasar dari seorang sekuriti sistem adalah teknik pemrograman serta teknik-teknik keamanan baik dalam jaringan, data, maupun perangkat lunak.

Itulah lima peluang pekerjaan yang kelak menanti anak Anda yang gemar mengotak-atik komputer ataupun gim. Dengan adanya bimbingan serta dukungan sejak dini, masa depan anak di bidang informatika dan komputer lebih cerah dan terarah. Kemampuannya pun dapat terus meningkat seiring berjalannya waktu.

Be the first to write a comment.

Your feedback