Anti Boros! Ini Cara Print Bolak Balik Di Microsoft Word

Charles,
0
print bolak balik

Buat kamu yang sering melakukan dan mencetak dokumen pekerjaan atau pribadi, memang menjadi hal yang terbilang tidak rumit namun menjadi salah satu pemborosan. Sekarang ini Microsoft word bisa membantu untuk mencetak di dua sisi kertas, fitur ini juga disediakan untuk membantu bagi kamu yang sering mencetak puluhan atau bahkan ratusan halaman. Dengan adanya fitur ini tentu kita bisa lebih menghemat pengeluaran kertas sekaligus bisa melestarikan jumlah kayu yang ada, bahkan kita harus membuang waktu karena banyaknya jumlah kertas yang akan dicetak. Tetapi fitur yang disediakan Microsoft word harus didukung oleh alat printer atau cetakan cerdas, yang bisa mendukung kemampuan dalam 2-Sided Duplex  (print bolak balik).

Nah, untuk kamu yang ingin mengetahui apakah alat print kamu mendukung fitur duplex, berikut caranya, tapi pastikan bahwa kamu sudah punya alat printernya, ya!

Cek Melalui Microsoft Word

Buka aplikasi Microsoft Word di laptop atau komputer yang kamu punya, kemudian cari tools Print, cari kotak yang menunjukan mencetak dua sisi, misalnya 2-Sided Duplex (Print bolak balik), Double-Sided. Lalu cek pengaturan dalam menu Print sebelum mencetak dokumen.

Cari Tahu Lewat Internet

Jika kamu masih belum menemukan tampilan menu 2-Side Duplex (bolak-balik) di aplikasi Microsoft Word, kamu bisa coba mencari tahu informasinya langsung melalui media daring (online) mengenai spesifikasi dan fitur alat print yang dimiliki. Caranya bisa dengan mengunjungi situs website resmi dari merk printer atau bisa mengetahui melalui mesin pencarian atau Google dengan kata kunci seri printer yang dimiliki.

Cari di Buku Panduan

Apabila kamu tidak mahir atau terlalu gagap teknologi dan tidak menemukan menu 2-Side Duplex (bolak-balik) di aplikasi Microsoft Word, kamu bisa coba lihat langsung atau cek secara manual mengenai spesifikasi printer di buku panduan. Dalam buku panduan tersebut tentunya ada informasi apakah spesifikasi printer yang kamu punya bisa mendukung fitur 2-Side Duplex atau tidak.

Jika alat print kamu sudah cukup mendukung untuk mendukung fitur 2-SidesDuplex. Berikut cara melakukan print 2-Side Duplex :

Lakukan Secara Manual

Masuk ke ‘File’ pada halaman di aplikasi Microsoft word di laptop atau komputer, pilih kolom ‘Print’ dan ‘Manually Print on Both Sides, lalu di bagian Manually Print on Both Sides tertulis penjelasan untuk mengisi ulang jumlah kertas yang sudah dicetak. Kemudian saat ada perintah, masukkan kertas bagian belakang yang masih kosong dan sudah dicetak sebelumnya kedalam printer.

Apabila cara yang manual bagi anda terbilang rumit, ada cara lain yang bisa dicoba

Secara Otomatis

Klik ‘File’ pada halaman di aplikasi Microsoft Word di laptop atau komputer anda, lalu klik ‘Print’ yang letaknya di kolom sebelah kiri layar, Tarik kursor ke pilihan ‘Print’, kemudian klik tombol pengaturan di bawah tulisan ‘Pages’, pilih Print On Both Sides. Jika alat printer kamu mendukung, maka pilihan ini secara otomatis akan muncul. Setelah selesai mengatur halaman yang akan dicetak lalu klik ‘Print’ dan dokumen akan dicetak secara otomatis dengan format 2-Side Duplex (bolak-balik).

Semoga cara-cara diatas dapat membantu kamu untuk melakukan print ­2-Side Duplex (print bolak-balik) ketika kamu sedang dikejar deadline. Tapi jika kamu ngeprint diluar tak perlu khawatir untuk memikirkan fitur ini. Namun, akan lebih baik bila kamu print sendiri saja dirumah. Kalo udah punya alat print sendiri dirumah, kenapa harus keluar uang untuk print diluar?

Be the first to write a comment.

Your feedback