Ingin Lulus Kuliah Tepat Waktu? Lakukan 5 Tips Sederhana ini

Jessica,
0
Lulus Kuliah Tepat Waktu

Lulus kuliahtepatwaktu adalah keinginan setiap mahasiswa, apalagi dengan IPK tinggi. Namun kenyataannya untuk meraih itu tidak mudah. Ada kegiatan organisasi, tugas kuliah, hingga tugas akhir yang sulit menjadi penyebabnya. Akhirnya molor menjadi 5, 6 atau bahkan 7 tahun.

Nah, sebelum terlambat, sebaiknya ikuti 5 tips lulus kuliah tepat waktu berikut ini.

Manajemen Waktu dengan Baik

Lulus Kuliah Tepat Waktu?

kallafah.blogspot.com

 

Banyak kegiatan yang akan Anda jalani selama mengemban tugas sebagai mahasiswa, di antaranya adalah kuliah dengan jadwal yang bisa saja berubah-ubah, tugas individu, tugas kelompok hingga organisasi. Oleh karena itu dibutuhkan manajemen waktu yang baik sehingga semua dapat dikerjakan dengan porsi yang tepat.

Kalau perlu, Anda bisa membuat daftar kegiatan setiap hari yang wajib dijalani dan mana yang tidak wajib. Jadikan kuliah dan tugasnya adalah yang utama, sehingga tujuan Anda ingin lulus kuliahtepatwaktu dapat terlaksana.

Skala Prioritas

Lulus Kuliah Tepat Waktu?

jurnal.id

 

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, banyak hal yang waktunya harus Anda bagi dengan proporsional saat kuliah. Apalagi kalau Anda berencana kuliah sambil kerja, sedikit banyak pasti akan mengganggu kuliah Anda.

Untuk mengantisipasi segala aktivitas itu, perlu adanya skala prioritas. Apa pun yang Anda lakukan, tetap utamakan kuliah dan tugas-tugasnya. Kalau ingin kuliah sambil kerja, sesuaikan dengan jadwal kuliah. Organisasi juga begitu. Ingattujuan utama Anda, yaitu lulus kuliah tepat waktu. Tapi ingat, jangan lupa untuk sesekali liburan, karena itu juga penting agar pikiran tetap jernih.

Tentukan Tema Tugas Akhir Anda Sejak Awal

Lulus Kuliah Tepat Waktu

thelearninghub.be

 

Sebelum mendapatkan gelar sarjana, ada satu mata kuliah terakhir yang harus Anda lewati, yaitu tugas akhir. Untuk melaluinya dibutuhkan perjuangan super ekstra.Karena tidak seperti mata kuliah pada umumnya, tugas akhirmemerlukan bimbingan dosen dan ujian berkali-kali.Tanpa itu, akan sia-sia semua kuliah dan tugas yang Anda kerjakan selama ini. Termasuk target lulus kuliah tepat waktu yang terancam gagal.

Karena pentingnya tugas akhir, jauh lebih baik kalau Anda bisa menentukan temanya jauh sebelum waktunya. Kalau masih bingung memilih tema, sebaiknya tentukan berdasarkan mata kuliah yang paling digemari. Kalau perlu meminta pendapat dosen atau kawan kuliah Anda.

Rajin Kuliah

Lulus Kuliah Tepat Waktu

duniadosen.com

 

Umumnya, setiap kampus membatasi mahasiswanya hanya boleh bolos di setiap mata kuliah sebanyak 3 kali atau 25% dari total kehadiran, lebih dari itu mahasiswa tidak diperkenankan mengikuti ujian akhir semester. Itu artinya kemungkinan besar harus mengulang mata kuliah yang sama di tahun depan dan cita-cita lulus kuliah tepat waktu akan sirna.

Bukan itu saja, tidak jarang dosen suka memberi kuis mendadak di akhir sesi perkuliahan.  Ini sangat penting untuk menambah nilai. Untuk yang merasa nilainya kurang, tentu ikut kuis seperti ini adalah penyelamat.

Jangan Menunda Tugas

Lulus Kuliah Tepat Waktu

teknikhidup.com

 

Tugas adalah bagian penting dari sistem perkuliahan. Banyak mahasiswa yang sering mengabaikan tugas karena deadline yang masih lama. Padahal akibatnya akan sangat fatal. Kalau Anda berkomitmen lulus kuliah tepat waktu, maka mulailah dari sekarang disiplin dan jangan menunda tugas.

Dengan mengerjakan tugas lebih awal, hasil yang akan didapat juga akan lebih baik. Menunda tugas mengakibatkan Anda terlena hingga lupa. Lebih parahnya lagi, mungkin Anda baru ingin mengerjakannyaselang beberapa hari sebelum pengumpulan atau bahkan sehari sebelumnya. Kalau sudah begini akan muncul bakat terpendam yang hampir semua mahasiswa memiliki, the power of kepepet atausistem kebut semalam.

Nah, jangan katakan “nanti”. Lakukan 5 tips ini mulai dari sekarang agar tujuan lulus tepat waktu dapat terlaksana. Semoga berhasil

Be the first to write a comment.

Your feedback