Beragam Aktivitas Seru untuk Anak dengan ADHD

Jessica,
0
Anak dengan ADHD

Anak dengan ADHD umumnya mengalami kesulitan untuk fokus, mengikuti instruksi, mudah gelisah, dan kerap berperilaku impulsif. Hal itu pada akhirnya membuat mereka kesulitan melakukan beberapa aktivitas. Oleh karenanya, para orang tua harus jeli saat memilih aktivitas yang tepat untuk anak-anak ADHD. Nah, berikut ini adalah tujuh aktivitas seru yang cocok untuk anak dengan ADHD.

Bersepeda

Anak dengan ADHD

tehsariwangi.com

 

Berdasarkan temuan RTSG Neuroscience and Specialized Bikes pada 2012, bersepeda memiliki banyak manfaat bagi anak dengan ADHD. Kegiatan tersebut mampu meningkatkan konsentrasi, mengurangi impulsivitas, meningkatkan pemrosesan informasi, memperbaiki suasana hati, dan meningkatkan kinerja kognitif. Jadi, yuk ajak buah hati Anda bersepeda di akhir pekan atau ketika dia libur sekolah!

Berenang

Anak dengan ADHD

hellosehat.com

 

Ajaklah dia berenang! Berenang adalah salah satu latihan fisik yang baik bagi anak dengan ADHD. Selain bagus untuk kesehatan, berenang juga membantu anak Anda meningkatkan fokus. Bila aktivitas ini dilakukan secara rutin, buah hati Anda tentunya bisa menyalurkan energinya pada sesuatu yang positif.

Bermusik

Anak dengan ADHD

hellosehat.com

 

Jika Anda memiliki bakat musik, tak ada salahnya untuk mengajak anak menggeluti hal yang sama. Misalnya saja, Anda bisa mengajaknya berlatih olah suara. Bernyanyi dapat membantu meningkatkan perkembangan bahasa pada anak-anak serta meningkatkan konsentrasi. Selain bernyanyi, Anda juga bisa mendorongnya untuk belajar instrumen musik, seperti drum, piano, gitar, dan lain sebagainya. Bermusik akan membantu anak dengan ADHD membangun kepercayaan dirinya, meningkatkan fokus, dan mengurangi stres.

Menjajal seni peran

Anak dengan ADHD

mediaindonesia.com

 

Bermain peran akan memberi anak Anda kesempatan untuk menempatkan dirinya dalam posisi orang lain. Selain itu, semua persiapan yang dia lakukan saat tampil di atas panggung akan mengajarinya tentang disiplin diri. Anak Anda juga akan belajar mengembangkan keterampilan sosial, serta meningkatkan konsentrasi dan kepercayaan dirinya.

Mendongeng

Anak dengan ADHD

Beritagar.id

 

Belajar mendongeng juga bisa menjadi salah satu cara untuk terhubung dengan anak Anda. Cara ini akan membantu dia melihat dunia dari sudut pandang yang berbeda. Pun, dia akan bisa memahami orang lain dengan lebih baik. Untuk memulainya, pilihlah cerita dengan genre yang disukainya. Terakhir, coba gunakan alat peraga yang menarik untuk membuat dia semakin bersemangat.

Mendaki

Anak dengan ADHD

Beritagar.id

 

Mengenalkan alam juga bisa menjadi aktivitas seru yang Anda lakukan bersama anak, terutama bila Anda suka berpetualang ke tempat-tempat yang masih alami. Untuk itu, Anda bisa merencanakan sebuah petualangan seru ke alam bersama sang buah hati. Namun pastikan bahwa Anda memilih tempat yang aman baginya. Sebaiknya hindari medan yang terlalu sulit apalagi terjal. Anda mungkin bisa mengajaknya ke kawasan bumi perkemahan yang asri dan hijau.

Seni bela diri

Anak dengan ADHD

studialogy.com

 

Kenapa tidak mengenalkan seni bela diri kepadanya? Menurut spesialis ADHD, David W. Kidder, seorang psikolog di Slidell, Louisiana, Amerika Serikat, seni bela diri dapat mengajarkan kontrol diri. Aktivitas ini juga sangat terstruktur dan memungkinkan anak untuk melatih fisiknya. Semua manfaat itu, kata Kidder, akan sangat berguna bagi anak yang didiagnosis ADHD.

Itulah tujuh aktivitas seru yang bisa Anda lakukan bersama sang buah hati. Namun perlu diketahui bahwa kegiatan terbaik untuk anak Anda akan tergantung pada jenis ADHD yang dia miliki, atau bagaimana gejala utamanya. Dalam hal ini, ada tiga jenis ADHD: primarily inattentive, primarily hyperactive/impulsive, dan kombinasi keduanya. Seorang anak dengan tipe ADHD primarily inattentive cenderung kesulitan saat melakukan aktivitas seperti olahraga tim. Sementara itu, seorang anak dengan tipe ADHD primarily hyperactive/impulsive tidak cocok dengan aktivitas yang harus menunggu lama, seperti misalnya bermain softball atau baseball.

 

Be the first to write a comment.

Your feedback