5 Cara Bikin Si Kecil Semangat Lagi Setelah Menjalani Liburan Panjang

Jessica,
0
Liburan Panjang

Setelah mengikuti serangkaian aktivitas di sekolah, liburan panjang tentunya jadi waktu yang tepat untuk mengeksplorasi hal-hal baru. Sebagai contoh, kamu bisa mengajak si kecil mengunjungi tempat wisata edukasi seperti museum atau taman hiburan dengan tema-tema menarik. Namun, apa jadinya kalau setelah melalui masa liburan yang mengasyikkan itu, dia justru jadi malas ke sekolah? Nah, berikut ini adalah tips agar si kecil tetap semangat belajar usai menjalani liburan panjang.

Lakukan Rutinitas Sehari-hari yang Biasa Dikerjakan Si Kecil

Liburan Panjang

pixabay.com

Agar si kecil kembali semangat setelah liburan panjang, ajak dia untuk mulai melakukan rutinitasnya pada hari efektif. Sebaiknya, lakukan ini beberapa hari sebelum dia masuk sekolah, ya. Misalnya saja, kamu bisa memintanya untuk menyiapkan buku yang akan dibawanya saat sekolah, atau menyuruhnya menata pakaian yang akan dikenakannya pada hari pertama masuk. Dengan demikian, dia pun tidak akan mogok belajar atau malas pergi ke sekolah.

Kembalikan Jadwal Tidurnya pada Hari Biasa

Liburan Panjang

pixabay.com

Seperti disampaikan oleh Harriet Hiscock, seorang peneliti dari Murdoch Childrens Research Institute Australia, setiap anak memiliki jam tidur yang harus disesuaikan dengan rentang usia mereka. Seperti misalnya, anak-anak pada usia awal sekolah, batas jam tidur mereka adalah pukul 20.00. Sementara untuk anak praremaja (sekitar 6-12 tahun), jam tidur mereka maksimal pukul 20.30. Tidur yang cukup dan tepat waktu tentunya memiliki pengaruh terhadap kebugaran fisik dan suasana hati si kecil. Saat liburan panjang tiba, kegiatan yang padat di luar rumah biasanya membuat waktu tidur anak terganggu. Jika tidak segera dikembalikan ke rutinitas tidurnya pada hari biasa, kondisi fisik dan mood si kecil bisa terpengaruh, lho. Alhasil, dia jadi malas untuk belajar atau pergi ke sekolah.

Yuk Ajak Si Kecil Beli Peralatan Sekolah Baru!

Liburan Panjang

pixabay.com

Liburan panjang biasanya identik dengan pergantian tahun ajaran baru. Nah, ini bisa jadi waktu yang tepat untuk mengajak si kecil membeli peralatan sekolah baru. Untuk membuatnya merasa lebih terlibat, coba minta dia untuk membuat daftar barang yang harus dibeli saat ke stationery. Setelah dia selesai menulisnya, cek apa saja yang menurut kamu perlu dikurangi atau ditambah sesuai kebutuhan si kecil saat itu. Peralatan baru itu tentu akan membuat si kecil merasa tidak sabar untuk segera masuk sekolah.

Bikin Suasana Pagi di Rumah Terasa Menyenangkan

Liburan Panjang

pixabay.com

Setelah melalui masa liburan yang menyenangkan, wajar kalau si kecil jadi ogah-ogahan untuk sekolah. Namun, kamu bisa menyiasatinya dengan menciptakan suasana pagi yang menyenangkan dan seru. Caranya bisa dengan menyiapkan menu bekal favorit si kecil atau memutar musik yang juga disukai olehnya. Intinya, kamu harus membuat suasana pagi, ketika hendak pergi sekolah, jadi lebih menyenangkan. Dengan begitu, dia pun akan jadi lebih bersemangat untuk menyambut hari pertamanya masuk sekolah.

Pastikan Segala Keperluannya Telah Siap

Liburan Panjang

pixabay.com

Untuk mencegah keributan di pagi hari yang malah bikin emosi, sebaiknya siapkan semua keperluan si kecil pada malam sebelumnya. Bantu dia untuk menyiapkan segala hal yang dibutuhkannya pada hari pertama sekolah. Kamu bisa memulai aktivitas ini dengan mengecek buku apa saja yang harus dibawa si kecil, cek juga jumlah alat tulis yang ada di kotak pensilnya, dan siapkan seragam bersih yang akan dipakainya ke sekolah.

Semoga tips di atas bisa membuat si kecil jadi lebih bersemangat usai menjalani liburan panjang, ya!

Be the first to write a comment.

Your feedback