5 Kiat Menjadi Pribadi yang Supel di Sekolah

Jessica,
1
Englishmethods.com

Pribadi yang supel menjadikan seseorang mudah diterima di lingkungannya. Sebagai seorang siswa, kepribadian tersebut perlu dimiliki agar dapar bergaul dengan nyaman di sekolah.

Sekolah merupakan tempat multikultural yang menghadirkan siswa dengan karakter dan kepribadian yang beragam. Hal tersebut memicu siswa untuk memiliki sikap tenggang rasa dan empati di antara para teman.

Supel merupakan kepribadian yang mudah bergaul dan beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Kepribadian tersebut bukan karakter, tetapi sikap yang dapat dibiasakan.

Berikut ini adalah 5 kiat menjadi pribadi yang supel agar diterima oleh teman-teman di sekolah.

Percaya Diri

Thecollegehelper.com

Thecollegehelper.com

Agar orang lain nyaman berada di dekat Anda, bersikaplan percaya diri. Menjadi pribadi yang supel bukan berarti ikut arus dalam pergaulan.

Kepercayaan diri dapat dibangun dengan cara fokus menjadi diri sendiri. Lebih baik Anda tidak terlalu memikirkan pendapat orang lain tentang diri Anda. Terlalu memikirkan orang lain akan membuat Anda sulit berkembang.

Mulailah untuk bergaul dengan positif. Isilah waktu bersama teman-teman Anda dengan kegiatan yang bermanfaat. Misalnya saja kerja kelompok, membahas buku yang dibaca, membahas isu-isu hangat yang menarik, atau membuat acara-acara yang menunjukkan kreativitas. Jauhilah saling sindir di antara teman untuk menciptakan suasana yang kondusif.

Positive Thinking

Tasidola.com

Tasidola.com

Berpikiran positif membuat Anda selalu bisa mengambil sisi baik dari setiap peristiwa yang dialami. Seseorang dengan pribadi yang supel akan disukai orang-orang di sekelilingnya karena membawa energi positif. Orang-orang seperti itu akan sangat menyenangkan karena selalu membangkitkan semangat teman-temannya.

Positive thinking akan membuat mood lebih baik. Teman Anda yang sedang marah akan teredam dengan sikap tersebut. Anda selalu bisa memperbaiki perasaan kurang enak tersebut dengan aura positif yang tercipta.

Anda tentu merasa tidak nyaman berkawan dengan orang yang selalu berpikiran negatif. Dengan perkataannya yang penuh curiga akan menurunkan semangat Anda. Lama-kelamaan sikap tersebut bisa jadi akan tertular kepada Anda.

Emosi Terkendali

Theteachersdigest.com

Theteachersdigest.com

Pengendalian emosi merupakan hal yang cukup sulit dilakukan. Apalagi di lingkungan pertemanan dengan berbagai karakter yang berbeda. Janganlah merusak suasana dengan wajah emosi yang Anda tunjukkan kepada teman-temannya.

Pribadi yang supel akan mampu menyembunyikan rasa kesal untuk sementara waktu. Perasaan marah, emosi, dan kecewa membuat wajah Anda terlihat cemberut dan muram. Aura seperti itu membuat orang lain malas untuk mengajak Anda berbicara.

Saat Anda sedang sendirian, ekspresikanlah kemarahan tersebut untuk sejenak. Bukan berarti Anda tidak mengekspresikan diri, tetapi ekspresikanlah rasa marah tersebut dengan baik dan elegan. Misalnya, jangan menyalahkan orang lain atas apa yang terjadi.

Senyum

Englishmethods.com

Englishmethods.com

Tetaplah tersenyum meskipun hati Anda sedang tidak nyaman. Itulah yang disebut tenggang rasa dan simpati. Terkadang beberapa teman di sekolah berbicara sesuatu yang memyakiti Anda. Pahamilah bahwa situasi tersebut tercipta karena teman sedang berada pada kondisi yang kurang nyaman.

Senyum yang Anda berikan untuk orang di sekitar berpengaruh positif pada suasana hati mereka. Saat menyapa teman sambil tersenyum, mereka akan senang melihat Anda. Aura positif mulai tertular untuk orang-orang di sekitar. Anda juga pasti lebih senang melihat orang yang tersenyum daripada cemberut, kan?

Pandai Berhumor

Huffingtonpost.com

Huffingtonpost.com

Salah satu keterampilan yang mendukung untuk menjadi pribadi yang supel adalah berhumor. Orang yang mahir melucu akan disenangi teman-temannya karena mampu mencairkan suasana.

Seseorang dengan sense of humor yang baik akan membuat Anda selalu tertawa dengan bercandaan mereka. Saat Anda sedang dihadapkan pada berbagai persoalan yang menyita pikiran tentu ingin sekali teman-teman yang mampu menghibur.

Jika Anda memang belum memiliki kemampuan untuk berhumor, jadilah teman yang dapat diajak bercanda. Bersikaplah relaks atau santai terhadap gurauan teman-teman Anda. Namun, bercandalah pada batas-batas yang wajar dan saling menghargai satu sama lain.

Bagaimana, mudah bukan menjadi pribadi yang supel? Sikap-sikap tersebut tidak hanya membuat Anda mudah diterima dalam pergaulan, tetapi akan menjadi sosok yang menyenangkan sehingga dirindukan semua orang.

Feedback


  1. Terimakasih artikelnya, sangat bermanfaat bagi saya 🙂

Your feedback