Masih Susah Berbicara Bahasa Inggris dengan Lancar? Coba Tips Berikut Ini Deh!

Jessica,
0
Berbicara Bahasa Inggris

Siapa bilang berbicara bahasa Inggris itu susah? Bahasa Inggris itu sebenarnya gampang kok. Berbagai pertanyaan tentang kenapa harus berbicara bahasa Inggris memang sering muncul akhir-akhir ini di media sosial dan internet.  Namun, hal tersebut sebenarnya merupakan sebuah indikasi yang baik karena masyarakat kita mulai menyadari bahwa bahasa Inggris adalah sebuah alat komunikasi antara warga negara dunia. Agar kamu fasih berbicara bahasa Inggris, alangkah baiknya kamu mencoba beberapa tips di bawah ini:

Melatih Pronunciation (Pengucapan)

Berbicara Bahasa Inggris

Sumber : optimaenglishtraining.com

 

Untuk mengawali langkah kamu dalam mendalami speaking atau berbicara Bahasa Inggris, tidak ada yang lebih penting selain mengasah kemampuan pronunciation (pengucapan) kamu. Fase ini signifikan karena pada dasarnya pengucapan sarat akan berbagai macam interpretasi. Jika kamu keliru dalam mengucapkan suatu kata bahasa Inggris, dampak yang ditimbulkan bisa saja kesalahpahaman terhadap lawan bicara kamu. Misalnya saja kamu ingin mengucapkan three (tiga) tetapi justru kamu melafalkan dengan tree (pohon), maka jelas kamu telah mengubah makna dari yang semestinya.

Sering Melakukan Percakapan Bahasa Inggris dengan Teman

Berbicara Bahasa Inggris

Sumber : kinibisa.com

 

Terlepas dari grammar atau tata bahasa, lancar dan tidaknya seseorang dalam berbicara bahasa Inggris tidak bisa dilepaskan dari sebuah kebiasaan. Semakin kamu terbiasa menggunakan percapakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari, semakin terlatih pula cara berbicara kamu. Bagi kamu yang masih tahap beginner atau awal, kamu bisa menggunakan kalimat atau frasa-frasa dasar yang sering dipakai seperti sapaan. Ketika berjumpa dengan teman, jangan lupa bilang “how are you?” atau “where have you been?”

Melakukan Speech di Depan Cermin

Berbicara Bahasa Inggris

Sumber : business.tutsplus.com

 

Selain melatih pengucapan dan melakukan percakapan dasar dengan teman, kamu juga bisa mencoba berpidato di depan cermin. Cara ini sudah banyak dilakukan oleh mereka yang ingin mendalami berbicara bahasa Inggris. Dalam pelaksanaannya, kamu tidak perlu membuat speech yang panjang dan lebar – cukup kalimat singkat dan mudah dimengerti. Metode ini juga sangat efektif untuk meningkatkan rasa percaya diri kamu di depan audiens. Biarkan teman kamu bilang apa akan dirimu, yang penting kamu sudah melakukan hal terbaik.

Berbicara dengan Native Speaker (Penutur Asli Bahasa Inggris)

Berbicara Bahasa Inggris

Sumber : ef.co.id

 

Kamu tidak perlu malu untuk melatih cara berbicara kamu dengan native speaker atau penutur asli bahasa Inggris. Selain itu, hilangkan anggapan bahwa belajar itu harus sempurna alias tidak boleh ada kesalahan sedikit pun. Walau dalam pengucapan kamu ada beberapa yang salah, para penutur asli tersebut akan berusaha mengerti kok, jadi jangan khawatir. Sama seperti latihan percakapan dengan teman, berbicara dengan native speaker akan membuatmu menjadi terbiasa dengan bahasa Inggris.

Bermain Game dengan Bahasa Inggris

Berbicara Bahasa Inggris

Sumber : vazgaming.com

 

Jika kamu menginginkan suasana yang lebih menyenangkan dan terkesan santai, maka tidak ada salahnya kamu mencoba permainan yang membuat kamu harus berbicara, misalnya saja “Guess the Word”. Game seru ini bisa dimainkan dengan beberapa orang yang mana ada pihak yang bertanya dan ada pihak yang ditanya. Usahakan membuat clue yang agak susah supaya ada rangkaian pernyataan yang terus mengalir. Biar lebih semangat lagi, pemenang dari game ini alangkah baiknya diberi hadiah atau reward.

Ada beragam cara menyenangkan yang bisa kamu lakukan guna untuk memperdalam kemampuan berbicara bahasa Inggris kamu mulai dari melakukan latihan pengucapan atau yang disebut dengan pronunciation hingga permainan “Guess the Word”. Yang terpenting dari semuanya itu adalah niat dan tekad kamu untuk bisa.

Be the first to write a comment.

Your feedback