Ingin Punya Dua Gelar Sarjana dalam Waktu Singkat? Yuk, Ikuti Program Double Degree

Jessica,
0
Jalan-Jalan

Bagi para siswa SMA yang masih bingung ingin melanjutkan kuliah di dalam atau luar negeri, mengikuti program double degree adalah jawabannya. Program ini menawarkan kesempatan kuliah dengan jurusan yang sama di dua negara berbeda. Waktu studi yang ditempuh pun sama dengan mahasiswa yang mengikuti program single degree.

Beberapa universitas ternama seperti Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) bahkan menawarkan sejak jenjang sarjana hingga pascasarjana. Bila masih ragu-ragu, berikut beberapa keuntungan yang dapat Anda peroleh bila mengikuti kuliah program double degree.

1. Mahir Berbahasa Asing

Bahasa Inggris

Bahasa Inggris

Bila ingin lolos program double degree, calon mahasiswa dituntut untuk mengusai bahasa Inggris. Keterampilan ini sangat penting karena setelah beberapa saat mengikuti kuliah di Indonesia, Anda akan dikirim ke universitas mitra hingga menamatkan pendidikan.

Meskipun pada awalnya Anda tak begitu mahir berbahasa Inggris, lama kelamaan akan terlatih juga saat pergi ke luar negeri. Lingkungan kampus dan kehidupan sosial di negara asing mengharuskan untuk berkomunikasi. Apalagi bila universitas mitra berada di Cina, Jepang, Filipina, atau Perancis. Anda pun akan terpacu belajar bahasa lokal dan ini dapat menjadi nilai tambah nantinya.

2. Pengalaman yang Kaya

Pengalaman

Pengalaman

Belajar di luar negeri akan memberikan prespektif yang lebih luas tentang dunia. Anda akan belajar hal-hal baru serta bertemu banyak orang dengan latar belakang yang lebih beragam ketimbang di Indonesia.

Tuntutan kuliah yang tinggi akan membuat Anda belajar keras dan semakin disiplin menata waktu. Biasanya sistem belajar di luar negeri mewajibkan mahasiswanya untuk banyak membaca literatur. Dalam kehidupan sosial, Anda akan belajar menjadi pribadi mandiri karena harus merantau jauh dari orang tua. Mengelola keuangan adalah prinsip dasar yang harus Anda pelajari untuk bertahan hidup. Semua pengalaman tersebut akan membentuk Anda menjadi pribadi yang lebih baik.

3. Lebih Murah

University

University

Sebagian besar orang harus mengurungkan niatnya berkuliah di luar negeri karena masalah biaya. Memang beberapa universitas menawarkan biaya kuliah yang terjangkau. Namun soal tempat tinggal, transportasi, dan makan, tetap membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Misalnya Anda memilih kuliah di Australia. Biaya kuliah sekaligus biaya hidup di sana sekitar Rp300 juta per tahun. Bila dikalkulasi selama empat tahun masa sarjana, minimal biaya yang dikeluarkan adalah Rp1,2 milyar. Biaya ini sangat besar terutama untuk kalangan menengah ke bawah.

Sementara ketika mengikuti program double degree, beberapa komponen biaya dapat dipangkas. Waktu tinggal di luar negeri pun hanya antara 1,5 hingga 2 tahun saja. Bahkan ada beberapa universitas yang menyediakan tempat tinggal bagi mahasiswa program ini.

4. Kesempatan Kerja Luas

Kerja Luas

Kerja Luas

Keuntungan lainnya bagi pemegang double degree adalah kesempatan kerja yang luas. Tak dapat dimungkiri beberapa perusahaan bergengsi sering mengincar lulusan luar negeri karena kualitas yang mumpuni. Terlebih lagi bila Anda berprestasi, Anda akan menjadi prioritas dalam proses seleksi. Bahkan kalian akan berpeluang lebih besar untuk bekerja di luar negeri.

5. Jalan-Jalan

Jalan-Jalan

Jalan-Jalan

Bagi kalian pencinta jalan-jalan, keuntungan lainnya adalah kesempatan berkunjung ke tempat wisata yang ada di luar negeri. Tak hanya wisata alam, banyak wisata sejarah yang sayang sekali bila dilewatkan. Kalian juga bisa memperoleh penghasilan tambahan dari hobi ini. Misalnya membuat ulasan perjalanan di blog atau video di YouTube.

Dengan 5 keuntungan tersebut, tak ada salahnya Anda mencoba program double degree yang ditawarkan oleh universitas di Indonesia. Persiapkan dirimu untuk meraih gelar impian.

Be the first to write a comment.

Your feedback