Bingung Memilih Universitas untuk Beasiswa YTB? Kenali 3 Kampus Terbaik di Turki Berikut

Jessica,
2

Setiap tahun, pemerintah Turki membuka peluang bagi warga Indonesia untuk melanjutkan jenjang pendidikan di sana. Salah satunya dengan mengikuti seleksi beasiswa YTB (Yurtdışı Türkler Ve Akraba Topluluklar Başkanlığı), yaitu sebuah lembaga yang berdiri di bawah Perdana Menteri untuk menangani permasalahan warga negara Turki di luar negeri ataupun warga negara asing di Turki.

Sejak tahun 2012, YTB mengambil alih agenda tahunan tersebut dari kementerian pendidikan dan berhasil meloloskan ribuan peserta dari berbagai negara serta berbagai jenjang—dari mulai S1 sampai S3 dan penelitian. Setiap pendaftar program beasiswa pun dapat memilih 12 universitas terbaik untuk menjadi pilihan. Berbeda pada program beasiswa umumnya.

Nah, bagi Anda yang ingin mengikuti seleksi beasiswa YTB tahun depan, tentu Anda perlu mempersiapkan diri sejak dini dengan memutuskan universitas mana yang akan dituju. Jika Anda kebingungan memilih karena hampir semua universitas di Turki memiliki sistem pendidikan yang sama seperti kampus-kampus terbaik di Eropa, maka Anda wajib membaca ulasan singkat berikut mengenai lima kampus terbaik di Turki.

Middle East Technical University (METU)

kampus terbaik di turki

ius.edu.ba

 

Middle East Technical University atau lebih dikenal METU, merupakan kampus terbaik di Turki. Dalam ranking dunia menurut webometrics, METU menempati urutan ke 521.  Di universitas ini, terdapat lima fakultas yang bisa menjadi pilihan, yaitu Arsitektur, Ekonomi dan Ilmu Administrasi, Ilmu Sains dan Sosial, Pendidikan, serta Fakultas Teknik yang menjadi andalan.

Universitas yang terletak di Ankara ini menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar perkuliahan. Jadi, jika Anda belum memiliki sertifikat TOEFL atau belum mahir dalam berbicara dengan bahasa Internasional tersebut, Anda dapat mengikuti kelas persiapan yang disediakan oleh YTB sebelum masuk ke bangku perkuliahan.

METU juga dikenal sebagai universitas teknik terbaik di Turki. Bagi Anda yang ingin dapat belajar di negeri dua benua tersebut dan menjadi seorang insinyur, bisa menempatkan METU sebagai pilihan pertama ketika mendaftar beasiswa YTB. Namun, Anda harus mempersiapkan beberapa sertifikat tambahan agar lolos seperti GRE, GMAT, ALES, TOEFL, maupun IELTS.

Istanbul Technical University

kampus terbaik di turki

ellastudy.com

 

Menurut webometrics, Istanbul Technical University (ITU) menempati posisi kedua sebagai kampus terbaik di Turki dan ke-567 terbaik di dunia. Universitas yang terletak di Istanbul ini merupakan universitas teknik tertua ketiga di dunia.

ITU memiliki 13 fakultas terkenal seperti Teknik Sipil, Teknik Arsitektur, Teknik Informatika dan Komputer, Teknik Mekanika, serta fakultas Teknik Aeronautika dan Astronautika yang mempelajari bidang kedirgantaraan. ITU menjadi satu-satunya universitas di Turki yang membuka fakultas tersebut.

Bagi Anda yang ingin memasukkan ITU sebagai universitas pilihan, maka Anda wajib menyiapkan sertifikat TOEFL IBT dengan skor minimal 68, karena bahasa pengantar yang dipergunakan adalah bahasa Inggris. Meski ada kelas persiapan yang akan dibekali bahasa Inggris dan Turki, namun sertifikat bahasa tersebut menjadi salah satu syarat untuk lolos sebagai calon mahasiswa di ITU.

Boğaziçi University

kampus terbaik di turki

turkeypurge.com

 

Kampus terbaik di Turki yang menempati urutan ketiga adalah Boğaziçi University. Institusi pendidikan tinggi yang berdiri pada tahun 1863 tersebut merupakan salah satu kampus tertua yang didirikan oleh Amerika, di luar negara adidaya tersebut.

Terdapat 3 fakultas yang dapat menjadi pertimbangan, yaitu Ekonomi dan Ilmu Administrasi, Pendidikan, serta Teknik. Namun, fakultas pendidikan menjadi ikon utama universitas ini.

Ketiga kampus terbaik di Turki tersebut dapat menjadi pilihan bagi Anda yang ingin mengikuti seleksi beasiswa YTB tahun depan. Biasanya, pembukaan seleksi dimulai dari bulan Januari, secara serempak dimulai dari jenjang S1, hingga S3. Persiapkan diri Anda sebaik mungkin agar berkesempatan untuk menempuh pendidikan di negara Turki. 

Feedback


  1. Assalammualaikum kak, kalau saya boleh tau, ada ya jurusan manajemen dan bisnis


  2. Maaf mau nanya Rekomendasi Univ di Turki yang punya jurusan Pendidikan Guru Sekolah dasar atau yang semisal untuk program Magister apa aja ya? Terima kasiih sebelumnya.

Your feedback