5 Persiapan Wajib Sebelum Melanjutkan Kuliah ke Australia

Jessica,
0
Dokumen Imigrasi dan Tempat Tinggal

Mempersiapkan kuliah di luar negeri seperti Australia tidaklah semudah kuliah di dalam negeri. Seorang pelajar yang akan kuliah ke Australia harus mempersiapkan banyak hal mulai dari tes masuk, berkas-berkas, hingga memilih kampus yang tepat. Mereka tidak bisa dengan gampang memilih kampus yang diinginkan tanpa mempertimbangkan akreditasi dan jurusan yang dimiliki.

Setidaknya dibutuhkan waktu kurang lebih setahun untuk mempersiapkan studi ke Australia. Seorang pelajar harus mempersiapkan banyak hal agar kelak saat sudah di Australia, pendidikan bisa berjalan dengan lancar. Berikut beberapa uraian persiapan kuliah ke Australia yang telah sedikit dikutip di atas.

Mengecek Program Studi dan Akreditasi Kampus

Mengecek Program Studi dan Akreditasi Kampus

Mengecek Program Studi dan Akreditasi Kampus

Meski memiliki peluang besar dalam mendapatkan pekerjaan, pelajar tetap harus mengecek program studi dan akreditasi dari kampus yang akan dimasukinya. Untuk masalah program studi, pelajar harus melakukan riset mendalam mengenai tempat yang akan dijadikan tempat belajarnya selama bertahun-tahun. Jangan memilih program studi yang akhirnya menyulitkan dan membuat pelajar jadi tidak semangat kuliah.

Akreditasi dari sebuah program studi dan kampus adalah sesuatu yang penting. Akreditasi adalah simbol kualitas dari program studi yang diambil. Jika akreditasinya baik, pelajar bisa memilihnya. Jangan sesekali memilih kampus dengan akreditasi yang buruk meski letaknya di Australia.

Persyaratan Masuk

Persyaratan Masuk

Persyaratan Masuk

Seperti halnya kampus yang ada di Indonesia, kampus di Australia juga memiliki tes masuk yang terbilang ketat. Untuk bisa masuk ke sana, seorang pelajar bisa memahami persyaratan yang ada. Jangan sesekali melewatkan satu persyaratan pun karena bisa membuat pelajar tidak masuk dalam saringan dari jurusan yang telah dipilihnya.

Memilih jurusan yang tepat secara bijak akan mempermudah pelajar untuk masuk. Kuliah di luar negeri harus siap bersaing dengan banyak pelajar dari banyak negara. Jadi kalau persiapan untuk tes atau persiapan dokumen tidak dilakukan dengan matang, kemungkinan untuk lolos menjadi kian kecil.

Kemampuan Bahasa Inggris

Kemampuan Bahasa Inggris

Kemampuan Bahasa Inggris

Kalau ingin kuliah ke Australia harus memahami Bahasa Inggris dengan baik. Persyaratan ini mutlak karena dalam setiap mata kuliah, pelajar akan menerima pengantar dengan bahasa internasional itu. Tidak memahami Bahasa Inggris tapi ingin kuliah di luar negeri sama halnya nekat karena kalau pun bisa masuk, pelajar akan kesusahan untuk bisa menerima pelajaran hingga lulus.

Pertimbangan Masalah Finansial

Pertimbangan Masalah Finansial

Pertimbangan Masalah Finansial

Sebelum bisa kuliah ke Australia, masalah finansial harus dipertimbangkan dengan baik. Biaya masuk ke kampus yang ada di Negeri Kanguru itu tidaklah sedikit. Selanjutnya masalah biaya hidup juga akan meningkat cukup tajam. Kalau orang tua pelajar bisa mempersiapkan hal ini dengan baik, maka tidak akan ada halangan lagi untuk kuliah di sana.

Untuk menyiasati masalah biaya kuliah, pelajar disarankan untuk mencari beasiswa. Zaman sekarang, banyak beasiswa yang diberikan oleh kampus di sana untuk pelajar yang berprestasi. Kalau pelajar mampu mendapatkan beasiswa itu, kenapa tidak? Selain bisa membantu orang tua, mereka juga akan lebih semangat belajar dalam menuntut ilmu.

Dokumen Imigrasi dan Tempat Tinggal

Dokumen Imigrasi dan Tempat Tinggal

Dokumen Imigrasi dan Tempat Tinggal

Dokumen imigrasi harus dipersiapkan dengan baik jauh-jauh hari. Sudah diterima di salah satu kampus Australia tapi masalah dokumen terbengkalai juga akan menyulitkan belajar untuk bisa kuliah. Pelajar disarankan untuk mempersiapkan segala dokumen imigrasi dengan baik sejak mereka masih akan mendaftar di salah satu kampus di Australia.

Setelah mendapatkan dokumen yang lengkap, pelajar disarankan memilih tempat tinggal yang tepat. Apakah masuk ke dalam asrama atau memilih flat untuk tinggal. Mereka harus mempertimbangkan biaya sewa, lingkungan, dan kedekatan dengan kampus tempat mereka akan kuliah.

Inilah lima persiapan wajib yang harus dilakukan pelajar yang akan kuliah ke Australia. Semoga bisa memberikan inspirasi.

Be the first to write a comment.

Your feedback