Sebelum Daftar Kuliah, Coba Simak 5 Universitas Terbaik di Dunia Ini

Jessica,
0

Punya impian kuliah di luar negeri? Sebelum mendaftar, coba simak 5 universitas terbaik di dunia berikut. Siapa tahu satu di antaranya adalah kampus idaman Anda.

Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Universitas Terbaik di Dunia

Sumber : fortune.com

 

MIT merupakan salah satu universitas terbaik di dunia yang menyandang predikat sebagai universitas dengan tingkat aktivitas riset tertinggi.  QS World University Rangking  bahkan memberikan nilai maksimal pada semua kategori termasuk fasilitas, inovasi, dan penelitian. Oh iya, kalau Anda ingin mengambil jurusan kuliah seperti kimia, sains komputer, atau arsitektur, MIT menjadi perguruan tinggi terbaik untuk mata pelajaran tersebut.

Lalu bagaimana cara menjadi mahasiswa S1 di MIT? Dibanding memberatkan poin nilai, MIT justru menitikberatkan kualitas personal serta esai yang dibuat oleh calon mahasiswa. Salah satu pertanyaan yang diajukan untuk esai adalah We know you lead a busy life, full of activities, many of which are required of you. Tell us about something you do simply for the pleasure of it. Adapun persyaratan lain yang harus dilengkapi bisa Anda baca di mitadmissions.org/apply/international/intltests.

 

Stanford University

Universitas Terbaik di Dunia

Sumber : globalscholarshipinfo.com

 

Stanford University merupakan salah satu kampus terbesar yang bertahan di posisi ke dua sebagai universitas terbaik di dunia versi QS World University Rankings. Universitas yang berada di kawasan Silicon Valley ini sukses menghasilkan banyak periset andal dan pengusaha teknologi yang memiliki pengaruh kuat di era sekarang, sebut saja Sergey Brin yang merupakan salah satu pendiri Google.

Nah, ingin melanjutkan kuliah S2 di Stanford University? Tenang, hal tersebut bukanlah sesuatu yang mustahil, lho. Meski biaya kuliah di Stanford University terbilang mahal, bagi Anda pemburu beasiswa silakan daftar program beasiswa Knight-Hennessy. Tertarik? Keterangan lebih lengkap bisa dilihat di situs resmi Knight-Hennessy.

 

Harvard University

Universitas Terbaik di Dunia

Sumber : veritas.org

 

Siapa yang tak kenal Mark Zuckerberg? Ya, pendiri Facebook itu merupakan alumni Harvard University. Harvard University sendiri merupakan salah satu universitas terbaik di dunia yang berada di urutan ke 3. Perguruan tinggi ini meraih peringkat tertinggi untuk prodi bisnis dan manajemen, akuntansi dan keuangan, serta ilmu hukum. Banyak lulusan Harvard University yang mendapat penghargaan dunia seperti nobel, Academy Award, dan Pulitzer.

Bagi yang ingin mendapatkan kesempatan kuliah S2 di Harvard University, Anda bisa mewujudkannya dengan cara mendaftar program LPDP yang disediakan pemerintah Indonesia atau  langsung ke program beasiswa yang disediakan oleh Harvard University.

 

California Institute of Technology

Universitas Terbaik di Dunia

Sumber : wikipedia.org

 

Selain MIT, California Institute of Technology (Caltech) juga menjadi salah satu kampus riset terkemuka di Amerika Serikat. Universitas ini memiliki reputasi yang baik untuk prodi teknik dan teknologi dan ilmu alam. Berada di posisi ke 4 sebagai universitas terbaik di dunia, Caltech mendapatkan nilai terbaik berdasarkan subjek, fakultas, dan kutipan jurnal ilmiah.

Tertarik kuliah S1 atau S2 di Caltech? Langkah pertama, Anda bisa membaca prosedur pendaftaran dari masing-masing jenjang di website resmi Caltech. Urusan biaya, Caltech menawarkan program bantuan keuangan (financial aid) bagi Anda yang ingin kuliah gratis di Caltech.

 

University of Cambridge

Universitas Terbaik di Dunia

Sumber : asianews.it

 

Berdasarkan QS World University Rangking, University of Cambridge menjadi satu-satunya universitas asal Inggris yang masuk ke daftar 5 universitas terbaik di dunia sekaligus menjadi perguruan tinggi yang menempati urutan teratas dalam peringkat universitas terbaik di Inggris selama 7 tahun berturut-turut.  Selain itu, kampus Stephen Hawking ini juga pernah meraih 90 penghargaan nobel, terhitung lebih banyak ketimbang kampus lain di dunia.

Nah, bagi Anda yang ingin mendapatkan beasiswa S1 di kampus ini, coba daftar Jardine Scholarship. Sedangkan bagi yang ingin memperoleh beasiswa S2  dan S3  di University of Cambridge, Anda bisa daftar di Gates Cambridge Scholarship. Untuk informasi lebih lengkap silakan kunjungi masing-masing website resminya.

 

Setelah mencari tahu daftar universitas terbaik di dunia dan menetapkan pilihan, kini saatnya Anda mempersiapkan diri sebaik mungkin agar impian Anda bisa terwujud. Nah, selamat belajar, semoga berhasil!

Be the first to write a comment.

Your feedback