6 Cara Menghindari Sikap Suka Menunda Pekerjaan

Jessica,
0
Suka Menunda Pekerjaan

“Ah, masih ada hari esok!”, “Nanti saja, ah!”, Pernahkah Anda memikirkan atau mengucapkan kalimat-kalimat ini? Suka menunda pekerjaan tentunya bukan kebiasaan yang baik. Sebaliknya, kebiasaan itu bisa menghambat produktivitas dan masa depan karir Anda. Yuk, coba beberapa tips ini agar Anda tidak terjebak dalam kebiasaan buruk itu!

Mengganti “Nanti” dengan “Sekarang”

Suka Menunda Pekerjaan

pixabay.com

Jangan terjebak dengan kata “Nanti”. Sebaiknya, ubah cara berpikir Anda dengan mulai menanamkan konsep “Sekarang”. Selain itu, kata “Nanti” tidak mempunyai batas waktu yang jelas. Alhasil, Anda akan menjadi semakin malas untuk menyelesaikan suatu tugas. Maka setiap kali hendak mengerjakan sesuatu, selalu pikirkan atau ucapkan kata “Sekarang”. Dengan begitu, Anda bisa segera meninggalkan kebiasaan suka menunda pekerjaan.

Membuat Daftar Tugas yang Harus Dikerjakan

Kebiasaan suka menunda pekerjaan akan membuat Anda kewalahan saat mengerjakan banyak tugas. Oleh karena itu, sebaiknya buat daftar atau catatan untuk semua tugas yang harus Anda selesaikan. Saat membuat daftar ini, urutkan tugas berdasarkan deadline yang Anda terima. Barulah kemudian Anda mengerjakannya satu per satu, sampai semua tugas itu terselesaikan dengan baik. Pada akhirnya, Anda pun akan menyadari bahwa tugas-tugas itu tidak serumit yang dibayangkan.

Mencicil Tugas Satu Per Satu

Suka Menunda Pekerjaan

pixabay.com

Alih-alih mengerjakannya secara bersamaan, kenapa tidak dicicil satu per satu? Cara ini tentunya akan membuat tugas Anda menjadi lebih ringan. Selain itu, mencicil tugas sedikit demi sedikit lebih baik ketimbang Anda mengerjakannya mendekati deadline. Di satu sisi, hasil yang Anda dapat bisa jadi tidak maksimal karena dikerjakan secara terburu-buru. Di sisi lain, tubuh juga menjadi lebih lelah sebab dipaksa untuk mengejar target deadline yang sudah di depan mata.

Membuat Kondisi yang Nyaman

Kebiasaan suka menunda pekerjaan bisa Anda hilangkan dengan menciptakan lingkungan yang nyaman saat mengerjakan tugas. Karena setiap orang memiliki tingkat kenyamanan yang berbeda-beda, temukan cara terbaik untuk membuat diri Anda merasa demikian. Misalnya saja, Anda lebih rileks jika mendengarkan musik saat mengerjakan tugas. Maka, jangan ragu untuk melakukannya. Dengan membangun mood yang positif, Anda tentu akan lebih bersemangat untuk menyelesaikan tugas.

Hindari Sikap Perfeksionis

Suka Menunda Pekerjaan

pixabay.com

Kebiasaan suka menunda pekerjaan juga bisa dipicu oleh sikap perfeksionis, lho. Karena terlalu fokus pada hasil yang sempurna, Anda selalu merasa cemas saat hendak mengerjakan sesuatu. Akibatnya, muncul bisikan untuk menunda pekerjaan yang seharusnya bisa segera Anda rampungkan. Selain itu, sikap perfeksionis juga membuat pekerjaan Anda tidak kunjung selesai. Karena setiap kali Anda mengerjakannya, selalu muncul perasaan bahwa pekerjaan tersebut buruk dan tidak akan mendapat nilai yang baik.

Memberi Hadiah atau Pujian pada Diri Sendiri

Untuk menghilangkan kebiasaan suka menunda pekerjaan, beri hadiah atau pujian pada diri Anda saat berhasil melewatinya. Cara ini cukup efektif untuk membuat Anda jadi lebih bersemangat dalam menyelesaikan tugas. Selain itu, ini juga menjadi pembuktian bahwa Anda sebetulnya bisa melakukan tugas itu, tanpa harus menundanya berhari-hari apalagi sampai berbulan-bulan. Reward yang disiapkan tentu tidak perlu besar atau mahal. Cukup pilih sesuatu yang simpel dan Anda sukai. Misalnya saja, apabila sukses menyelesaikan tugas sekolah atau kuliah tepat waktu, Anda berjanji pada diri sendiri akan membeli camilan favorit untuk acara nonton nanti malam.

Inilah beberapa tips agar Anda bisa menghilangkan kebiasaan suka menunda pekerjaan. Selain itu, semakin cepat pekerjaan tersebut diselesaikan, maka semakin ringan pula beban yang Anda rasakan. Jadi, kalau bisa dikerjakan sekarang, kenapa harus ditunda nanti?

Be the first to write a comment.

Your feedback