Ini Yang Kita Harus Ketahui Masalah Biang Keringat 

Vana Vana,
1
Biang Keringat

Anak-anak yang aktif dan selalu bergerak biasanya akan memiliki masalah biang keringat ketika mereka sedang berada di cuaca yang panas serta lembab, dan tentu saja biasanya hal tersebut banyak yang bilang adalah ruam yang disebabkan oleh kepanasan.

Cuaca panas risiko yang membuat biang keringat akan lebih tinggi didapatkan oleh anak yang aktif bergerak atau yang memakai baju tebal yang membuat badan mereka berkeringat, hal tersebut tentu saja membuat mereka menjadi memiliki biang keringat, hal tersebut memang bisa meningkatkan jumlah keringat pada kulit anak sehingga bisa menimbulkan biang keringat.

Keringat yang berlebih dapat menyebabkan pori-pori anak yang sebenarnya adalah saluran untuk kelenjar keringat menjadi tersumbat, dan hal itu membuat keringat dibawah permukaan kulit lalu akan menjadi iritasi, kemerahan, dan juga menjadi ruam merah yang kita sering sebut sebagai masalah biang keringat.

Dan berikut adalah beberapa hal yang kita harus ketahui tentang masalah biang keringat pada anak.

  • Gejala

Gejala biang keringat tentu saja gampang dilihat dimana munculnya benjolan merah serta disertai gatal yang terjadi di daerah kulit.

Leher, bahu, dan dada adalah tempat dimana paling sering menjadi biang keringat, beberapa bentuk biang keringat tentu saja bisa terasa gatal atau menimbulkan sensasi lainnya, tetapi biang keringat biasanya tidak merasa menyakitkan.

Pada bayi, biasanya biang keringat tersebut timbul di leher, ketiak, lipatan siku, dan juga selangkangan si bayi, sedangkan pada anak lebih sering ada di bagian dada dan juga punggung mereka.

Biang keringat sendiri tidak ada di mata, hidung, mulut, maupun telapak tangan.

 

  • Penyebab Biang Keringat

Cuaca panas merupakan salah satu faktor utama yang paling umum timbulnya biang keringat, tetapi ada faktor lain dimana terjadi sebagai berikut:

  1. Aktivitas fisik atau olahraga yang sering.
  2. Kain atau lapisan baju yang menghambat keringat keluar dari pori-pori kulit.
  3. Mengganti pakaian anak-anak dengan kain yang tebal pada cuaca panas.
  4. Tidur dengan banyak selimut atau lapisan yang membuat tubuh panas
  5. Menggunakan minyak, salep yang bisa menyumbat saluran keringat.
  6. Saluran keringat belum berfungsi dengan baik.
  7. Mengonsumsi obat yang meningkatkan fungsi kelenjar keringat.
  • Pengobatan Biang Keringat

Cara pertama untuk mengobati biang keringat salah satunya adalah menjauhi hal yang dapat menyebabkan kulit kamu berkeringat.

Pastikan Anda mengganti baju ataupun celana ketika kamu sudah basah dengan keringat atau pindahlah ke tempat yang lebih dingin, ketika kamu sudah merasa gatal pada area biang keringat, maka kamu bisa mengganti baju kamu atau anak kamu.

Obat alami untuk biang keringat adalah lotion seperti merk Caladine yang dijual di apotik secara bebas, kandungan kalamine yang ada di Caladine bisa mendinginkan kulit, dan hal tersebut tentu saja bisa menghilangkan biang keringat pada tubuh Anda dan juga anak Anda.

Itu dia tips jika Anda terkena biang keringat dan tentu saja Anda harus mencegah hal tersebut karena terkadang akan terasa gatal sekali.

 

Feedback


  1. Yup… Pakai lotion yg mengandung calamine sangat membantu mengatasi biang keringat..

Your feedback