6 Cara Menabung Anak SMA untuk “Modal” Kuliah

Jessica,
0
Cara Menabung Anak SMA

Menabung bagi seorang pelajar bukanlah hal yang mudah. Jangankan menyisihkan uang untuk disimpan, mendapat uang jajan tambahan saja cukup sulit. Meski begitu, bukan hal yang mustahil bagi Anda untuk menabung meski masih berstatus sebagai pelajar SMA. Ada beberapa cara menabung anak SMA yang bisa Anda praktikkan. Yang terpenting adalah menentukan tujuan, misalnya menabung untuk modal kuliah.

Berapa biaya yang dihabiskan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang universitas? Tidak ada yang tahu pasti berapa besar dana yang diperlukan. Namun sebaiknya sedari dini menabunglah karena kebutuhan sebagai mahasiswa baru sangat banyak. Tidak hanya untuk membayar uang kuliah saja, tetapi juga untuk keperluan lain seperti biaya kos, makan, membeli buku, dan lain sebagainya. Jika Anda berniat menyisihkan uang untuk kuliah, berikut ini adalah cara menabung anak SMA yang cukup efektif:

Menentukan jumlah uang yang ingin ditabung

Cara Menabung Anak SMA

pixabay.com

Cara menabung anak SMA yang pertama adalah menetapkan berapa jumlah uang yang ingin disimpan. Dengan menentukan tujuan akan membuat Anda lebih termotivasi agar tidak boros. Selain itu, juga memudahkan perhitungan berapa banyak uang yang harus ditabung per harinya agar uang yang dibutuhkan bisa terkumpul.

Menyimpan uang di tempat yang aman

Cara Menabung Anak SMA

pixabay.com

Tempat yang aman untuk menabung tentunya di bank. Saat ini banyak bank yang menawarkan produk tabungan untuk pelajar dengan potongan bulanan yang kecil. Namun jika Anda tidak mau repot harus bolak-balik ke bank, cara menabung anak SMA yang satu ini bisa diterapkan yaitu dengan menyimpannya di celengan. Kenapa dianggap paling aman? Karena Anda tidak bisa mengambil uang seenaknya , jadi pasti jumlahnya tidak akan berkurang.

Membuat grafik untuk mengetahui jumlah tabungan

Cara Menabung Anak SMA

pixabay.com

Agar semakin semangat menabung, buat grafik yang menunjukkan berapa persen tujuan Anda sudah tercapai. Buat grafik berbentuk persegi panjang, kemudian beri keterangan angka nol pada ujung kiri dan jumlah nominal tabungan yang ingin diraih pada ujung sebelah kanan. Setiap kali Anda menabung, tandai dengan stiker berwarna. Jika sering menabung, tanpa Anda sadari stiker tersebut akan semakin mendekat ke ujung kanan.

Segera masukkan uang ke dalam celengan

Cara Menabung Anak SMA

pixabay.com

Ada-ada saja godaan yang datang saat Anda berniat menabung secara teratur. Supaya tujuan awal yaitu menyimpan uang untuk kuliah tidak berantakan, setiap kali mendapatkan uang tambahan segera masukkan ke dalam celengan. Cara menabung anak SMA yang satu ini bertujuan agar Anda tidak menggunakan uang tersebut untuk keperluan lain dan lebih fokus menabung.

Berbelanjalah yang bijak

Cara Menabung Anak SMA

pixabay.com

Fokus menabung untuk kuliah bukan berarti Anda tidak diperbolehkan membeli barang-barang yang diperlukan. Hanya saja Anda harus lebih bijak dan pastikan barang tersebut benar-benar Anda butuhkan. Cara menabung anak SMA yang seperti ini tidak hanya membuat jumlah tabungan bertambah banyak, tetapi juga menjauhkan diri dari sifat boros.

Membawa bekal dari rumah daripada jajan di kantin

Cara Menabung Anak SMA

pixabay.com

Supaya bisa menabung dalam jumlah yang banyak, daripada jajan di kantin lebih baik bawa bekal dari rumah. Uang jajan harian Anda pun tidak akan berkurang sedikitpun dan bisa disimpan atau digunakan untuk keperluan lain yang lebih penting. Selain itu, membawa makanan dan minuman dari rumah dijamin lebih sehat dan higienis daripada jajan sembarangan.

Keenam cara menabung anak SMA yang disebutkan diatas bisa membantu Anda mencapai tujuan utama yaitu mengumpulkan uang untuk modal kuliah. Jika dijalani dengan konsisten, jumlah uang yang terkumpul bisa melebihi target yang sudah ditentukan. Menabung juga melatih Anda untuk tidak boros dan menggunakan uang jajan dengan bijak sesuai kebutuhan.

Be the first to write a comment.

Your feedback