7 Tips Ampuh Mengelola Uang Jajan

Jessica,
0
Source - pixabay

Masa sekolah ataupun kuliah menjadi waktu-waktu paling menyenangkan yang tentunya tak tergantikan dengan apa pun. Pada masa ini, pasti banyak dari kamu yang sudah berkeinginan mencari penghasilan tambahan sendiri untuk mengisi waktu luang. Meskipun demikian, kamu juga harus pandai-pandai dalam mengelola uang jajan agar semua kebutuhanmu dapat tercukupi.

 

Walaupun terkesan sepele, ternyata mengelola uang jajan bukan menjadi hal yang mudah untuk dilakukan. Seringnya, rasa senang karena mampu memiliki uang sendiri akan membuatmu membelanjakannya tanpa perencanaan. Oleh karena itu, kamu harus melakukan tips-tips berikut ini supaya bisa mengatur penghasilan dan uang jajanmu.

 

 

1. Membawa Bekal

Source - blueband

Source – blueband

Bagi kamu yang masih tinggal bersama orang tua, biaya ekstra seperti membayar sewa indekos dan makan akan hilang. Nah, kamu bisa membiasakan untuk sarapan terlebih dahulu di rumah sebelum memulai aktivitas. Kamu juga bisa membawa bekal untuk menghemat uang jajan yang semestinya kamu gunakan untuk makan siangmu. Jangan malu membawa bekal, karena bekal dari rumah tentu lebih higienis.

 

 

2. Memanfaatkan Fasilitas Gratis yang Tersedia

Source - pixabay

Source – pixabay

Mengelola uang jajan juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan semua fasilitas yang telah tersedia di lingkungan sekolah maupun kampus secara gratis. Umumnya, para mahasiswa sering menghabiskan waktu mereka di pelataran kampus untuk menggunakan fasilitas gratis yang tersedia, seperti WiFi untuk mengerjakan tugas. Penggunaan fasilitas gratis ini bisa membuatmu lebih berhemat kuota internet.

 

 

3. Teliti Harga saat Berbelanja

Source - pixabay

Source – pixabay

Bagi anak kos, harga menjadi hal utama yang patut dipertimbangkan dalam bertransaksi. Terlebih jika melakukan belanja bulanan. Biasanya, anak kos akan membandingkan harga beberapa produk, misalnya detergen atau sabun. Bagi mereka, harga yang murah tentu akan sangat membantu dalam mengelola uang jajan.

 

 

4. Menabung

Source - pixabay

Source – pixabay

Tips satu ini jelas paling ampuh dalam mengelola uang jajan. Kamu bisa menyisihkan sebagian uang untuk ditabung, bisa dalam bentuk rekening maupun celengan. Menabung tentu mengajarkanmu bagaimana hidup hemat dan tidak boros dalam menggunakan uang. Terlebih jika kamu memiliki pekerjaan tambahan dan mampu berpenghasilan sendiri. Selain itu, menabung juga akan membantumu di saat kamu sedang dalam keadaan membutuhkan uang ekstra.

 

 

5. Kurangi Jumlah Uang Tunai di Dompet

Source - pixabay

Source – pixabay

Adanya uang tunai tentu akan membuatmu cenderung suka menghabiskannya untuk hal-hal sepele, misalnya membeli makanan ringan. Untuk bisa mengelola uang jajan yang kamu miliki, sebaiknya kamu memiliki kartu ATM dan mengambil uang tunai sejumlah kebutuhanmu saja.

 

 

6. Buat Daftar Belanja

Source - pixabay

Source – pixabay

Untuk menghindari boros ketika menggunakan uang, lebih baik kamu membuat daftar barang yang akan kamu beli sebelum berbelanja. Dengan adanya daftar ini, kamu tentu akan terhindar dari membeli barang lain yang tidak dibutuhkan. Hal ini tentunya akan membuat biaya belanja semakin membengkak.

 

 

7. Tulis Daftar Larangan

Source - pixabay

Source – pixabay

Selain daftar belanja, agar bisa berhasil dalam mengelola uang jajan, kamu bisa membuat daftar larangan. Daftar ini berisi barang-barang yang tidak boleh kamu beli kecuali dengan menabung. Bukan hanya barang, kamu bisa menuliskan larangan terhadap makanan ringan atau berat. Tempelkan daftar ini di tempat-tempat yang terlihat olehmu. Daftar ini akan mengingatkanmu setiap kali kamu melewati dan membacanya.

 

Untuk bisa lebih maksimal dalam mengelola uang jajan, lakukan tips-tips di atas dengan konsisten. Terlebih jika kamu telah memiliki pekerjaan tambahan, mengatur penghasilan dan pengeluaran tentu harus kamu lakukan dengan lebih teliti. Selamat mencoba!

Be the first to write a comment.

Your feedback