Manfaat Tabungan Pendidikan untuk Anak

Jessica,
1

Apa yang terlintas dalam pikiran Anda jika mendengar kata tabungan? Ya, sebagian besar dari Anda pasti akan membayangkan uang atau benda berharga yang sengaja disimpan untuk kebutuhan khusus di masa yang akan datang. Tabungan memiliki beragam jenis, lo. Beberapa di antaranya adalah tabungan haji, tabungan umrah, dan tabungan pendidikan.

Yang terakhir ini penting untuk dipertimbangkan. Tabungan pendidikan adalah sejumlah uang yang biasanya disetorkan kepada bank selama jangka waktu yang telah ditentukan. Jika jangka waktu telah habis, Anda bisa mengambil uang dan bunganya.

Intinya, tabungan pendidikan hampir sama dengan tabungan deposito berjangka atau tabungan berjangka. Namun, tujuan tabungan ini adalah untuk pendidikan anak. Nah, apa saja sih manfaat tabungan pendidikan semacam ini? Ini dia ulasannya:

1. Dana untuk Pendidikan Anak Telah Pasti

Bercita cita – kompasiana.com

Dana pendidikan anak harus disiapkan sejak jauh-jauh hari, bahkan sejak anak belum mengenyam pendidikan. Tabungan pendidikan bisa membantu Anda dalam menyiapkan dana pendidikan. Ya, hanya dengan menabung sejumlah uang ke bank, maka dana pendidikan untuk si buah hati telah pasti. Mudah, bukan?

Biasanya, tersedia beragam pilihan jangka waktu menabung, mulai dari 2 tahun hingga belasan tahun. Silakan pilih jangka waktu yang Anda mau. Jika jangka waktu tersebut telah habis atau telah jatuh tempo, maka Anda bisa menuai uang pendidikan untuk anak Anda.

2. Mengenalkan Manfaat Menabung bagi Anak

Menabung – dhendian.blogspot.co.id

Sebaiknya, beri tahu si buah hati jika Anda telah menyiapkan tabungan pendidikan untuknya. Kemudian, berilah pengertian kepadanya mengenai manfaat menabung untuk biaya pendidikan di kemudian hari. Dengan begitu, anak akan mengerti tentang manfaat menabung.

3. Mendapat Bunga

Persenan Bunga Tabungan – bappeda.jatimprov.go.id

Seperti pada tabungan desposito atau tabungan berjangka pada umumnya, Anda akan mendapatkan bunga yang menarik jika Anda membuka tabungan pendidikan. Besarnya bunga tentu tergantung pada bank tempat membuka tabungan pendidikan, ya.

Nah, dengan adanya bunga ini, Anda pun akan semakin diuntungkan. Bagaimana tidak? Dengan menyimpan uang untuk pendidikan anak Anda, ada 2 hal yang akan didapatkan: simpanan dana pendidikan untuk anak dan tambahan uang pendidikan dari bunga bank. Menarik, bukan?

4. Mendapatkan Fasilitas Asuransi

Berasuransi – pixabay.com

Biasanya, ketika seseorang membuka tabungan pendidikan untuk anaknya, maka secara otomatis nasabah tersebut mendapatkan asuransi secara cuma-cuma dari pihak bank. Nasabah biasanya akan mendapatkan beberapa pilihan asuransi. Nah, dengan faslilitasi ini, silakan pilih asuransi yang cocok untuk Anda. Fasilitas asuransi ini tidak dikenakan biaya tambahan, lo.

Seperti pada tabungan desposito atau tabungan berjangka pada umumnya, Anda akan mendapatkan bunga yang menarik jika Anda membuka tabungan pendidikan. Besarnya bunga tentu tergantung pada bank tempat membuka tabungan pendidikan, ya

Itulah manfaat tabungan pendidikan untuk keluarga Anda. Sangat menarik, kan? Oh iya, sebelum membuka tabungan rencana pendidikan untuk si buah hati, Anda juga patut mengetahui kekurangannya, ya. Ini dia kekurangannya:

  1. Uang tidak bisa ditarik sebelum tanggal jatuh tempo. Anda sama sekali tidak bisa menarik uang tersebut sebelum tanggal jatuh tempo. Meskipun begitu, ada kok beberapa bank yang memperbolehkan Anda untuk menarik uang. Namun, Anda akan dikenakan biaya potongan jika uang tersebut diambil.
  2. Jumlah uang tabungan pendidikan untuk anak Anda bergantung pada besarnya setoran tiap bulan. Semakin besar setoran per bulan, maka semakin banyak pula uang tabungan untuk si buah hati. Namun, uang setoran per bulan yang terlalu besar mungkin bisa mengganggu keuangan rumah tangga.

Yakin tak mau membuka tabungan pendidikan? Tabungan semacam ini sangat membantu Anda yang ingin menguliahkan anak ke luar negeri. Sebelum menguliahkan anak ke luar negeri, ketahui dokumen yang harus dimiliki di SINI, ya.

Feedback

Your feedback