Ini Peluang Karier Bagi yang Berkuliah di Bidang Sains

Jessica,
0
Wirausaha

Perkembangan di bidang sains sangat dinamis seiring berjalannya waktu. Sains kini tak lagi sebatas praktik di laboratorium, tetapi sudah menjadi ilmu terapan di banyak bidang. Tak heran, peluang karier pada lulusan bidang sains juga terbuka lebar.

Bila Anda ingin menggeluti kuliah di bidang sains, berikut 5 peluang karier yang tersedia bagi Anda.

Industri Makanan

Industri Makanan

Industri Makanan

Industri makanan dan minuman selalu menunjukkan tren positif setiap tahunnya. Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, perusahaan juga selalu berinovasi menciptakan produk baru yang diterima pasar. Untuk menciptakan produk baru, para lulusan sains memegang peranan penting. Tak hanya memformulasi bahan-bahan, setiap harinya mereka akan berperan dalam pengendalian mutu produk agar aman dikonsumsi.

Tak selalu berhubungan dengan proses produksi makanan, lulusan sains juga dibutuhkan untuk mengelola limbah sisa produksi. Karena itu, semakin suburnya industri makanan dan minuman, kebutuhan akan lulusan sains juga terus bertambah.

Peneliti

Peneliti

Peneliti

Sumber daya alam di Indonesia sangat kaya dan masih banyak yang belum dieksplorasi, baik tumbuhan, hewan, bahkan bakteri. Dengan bekal pengetahuan mengenai makhluk hidup, para lulusan sains dapat menganalisis jenis makhluk yang baru untuk didokumentasikan. Selain itu, peneliti juga dapat menciptakan organisme baru melalui metode kultur jaringan atau molekuler.

Lebih jauh, dari hasil temuan tersebut para peneliti juga bisa mencari kemungkinan senyawa ilmiah baru yang berguna untuk pengembangan industri obat-obatan, makanan serta ilmu pengetahuan.

Pendidik

Pendidik

Pendidik

Selanjutnya, peluang karier bagi mereka yang berkuliah di bidang sains adalah menjadi pendidik baik guru maupun dosen. Pengetahuan yang mereka miliki dapat mereka turunkan kepada generasi berikutnya.

Selain mendidik para siswa, seorang guru juga bisa mengembangkan metode pengajaran agar siswanya dapat memahami pelajaran sains, apalagi sains sering dianggap sebagai pelajaran yang sulit. Sementara para dosen, dapat berkontribusi pada penelitian ilmiah dan pengabdian masyarakat.

Pegawai Pemerintah /Swasta

Pegawai Pemerintah /Swasta

Pegawai Pemerintah /Swasta

Menjadi pegawai pemerintah dan swasta merupakan salah satu opsi peluang karier bagi yang berkuliah di bidang sains. Banyak bidang di instansi pemerintahan yang bisa ditekuni mereka, mulai dari bekerja di bidang pertanian, perkebunan, bahkan LIPI dan Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN).

Bahkan profesi menjadi analis keuangan yang andal di bank dan perusahaan asuransi juga dalam jangkauan para lulusan sains. Ini disebabkan oleh kemampuan analisa yang dibentuk semasa proses kuliah. Untuk lulusan fisika, lapangan kerja di sektor swasta juga tersedia di perusahaan gas dan minyak.

Wirausaha

Wirausaha

Wirausaha

Bila Anda lulus dari kuliah di bidang sains dan tak ingin menekuni pekerjaan kantoran, menjadi seorang wirausaha adalah pilihan pekerjaan yang tepat. Dengan latar belakang sains yang dimiliki, banyak bidang usaha yang bisa ditekuni.

Misalnya dengan pengetahuan mengenai tumbuhan dan hewan yang dimiliki, seorang sarjana biologi dapat membuka beragam usaha. Mulai dari usaha menjual bibit tanaman, budidaya ikan hingga mengembangkan wisata berbasis ekologi.

Bagi calon mahasiswa yang tertarik, jangan ragu mengambil sains sebagai jurusan di universitas. Peluang karier bagi yang berkuliah di bidang sains juga terbuka luas. Meskipun banyak anggapan bahwa berkuliah di bidang sains sangat susah dan melelahkan, jangan patah semangat. Mantapkan hati dan pilih jurusan sesuai dengan minat Anda.

Banyak universitas di dalam negeri yang bisa dituju untuk mewujudkan cita-cita Anda. Sebut saja UGM, UNDIP, dan Brawijaya yang dikenal memiliki jurusan sains berkualitas. Bila ingin pengalaman yang lebih, persiapkan diri Anda untuk melanjutkan kuliah ke luar negeri. Negara seperti Inggris, Jepang dan Belanda dapat menjadi alternatif tujuan.

Be the first to write a comment.

Your feedback