Siap Memilih Jurusan Kuliah yang Sesuai Minat dan Kemampuan Kamu?

0
669
flickr.com
flickr.com

Memilih jurusan kuliah memang bukan perkara mudah yang bisa sembarangan saja kamu lakukan tanpa mempertimbangkan faktor-faktor lain. Jadi, wajar-wajar saja jika kamu harus menghadapi kebingungan saat harus memilih jurusan kuliah yang tepat. Sementara bagi sebagian orang lainnya, hal ini bukanlah perkara yang sulit karena sejak kecil mereka sudah tahu ingin menjadi seseorang seperti apa di masa depan.

Namun, bagi kamu yang belum juga dapat memutuskan jurusan kuliah yang cocok, silakan simak ulasan berikut ini agar kamu bisa memantapkan hati dalam memilih jurusan kuliah yang sesuai minat dan kemampuan kamu. Jangan sampai nanti di kemudian hari kamu menyesal karena telah salah memilih jurusan dan tidak menikmati jalannya kegiatan perkuliahan. Banyak kejadian di luar sana mahasiswa tiba-tiba berhenti kuliah hanya karena alasan salah memilih jurusan.

Mengapa harus memilih jurusan kuliah yang sesuai minat dan kemampuan?

Source - flickr
Source – flickr

Orang tua dan guru di sekolah memiliki peran yang sangat penting dalam membimbing kamu menentukan jurusan kuliah yang tepat. Cobalah minta saran dari mereka dan tanyakan hal-hal yang ingin kamu ketahui. Ada jurusan-jurusan tertentu dengan tingkat persaingan tinggi di dalamnya. Kamu bisa menanyakan besar kecilnya peluang kamu untuk mendapatkan jurusan tersebut kepada guru yang biasa mengajarmu di sekolah. Jika sang guru mengatakan bahwa peluang yang kamu miliki cukup besar, kamu boleh mencoba untuk mengambil jurusan itu.

Bagaimana pun, kamu tetap harus bersikap realistis. Boleh saja kamu memiliki minat yang sangat tinggi terhadap satu jurusan, tetapi jika dirasa jurusan itu kecil kemungkinan kamu bisa mendapatkannya. Kamu harus membuat daftar jurusan alternatif lain yang kamu minati. Jangan berpatok pada satu jurusan saja. Karena mendapatkan jurusan yang kamu inginkan, bukan hanya soal minat, tetapi juga soal kualifikasi apakah kamu memenuhi persyaratan untuk mengambil jurusan itu atau tidak.

Memilih Jurusan Kuliah Bisa Dilakukan Melalui Berbagai Cara

Source - pixabay
Source – pixabay

Dalam memilih jurusan kuliah dapat dilakukan dengan berbagai cara. Kamu bisa memulainya dengan mencari informasi di internet. Perkembangan teknologi di bidang informasi kini sudah jauh lebih baik dibandingkan dulu. Kamu tidak perlu lagi mendatangi langsung universitas impian kamu untuk mengetahui seperti apa rupa dan bentuknya. Kamu tinggal mencari gambarnya di internet, maka rasa penasaran kamu pun terjawab.

Apalagi saat ini setiap universitas sudah memiliki situs resminya masing-masing sehingga akses informasi tentang fasilitas, tenaga pengajar, hingga jurusan yang tersedia beserta akreditasinya di universitas tersebut menjadi lebih mudah diperoleh. Bukan hanya dari internet, testimonial dari alumnus di sana juga bisa kamu jadikan referensi. Biasanya, tempat kursus persiapan menghadapi ujian tertulis masuk universitas mempunyai informasi yang lebih lengkap lagi tentang universitas-universitas besar di Indonesia.

Pahami Situasi Global Terkini

Source - pixabay
Source – pixabay

Kalau kamu masih belum juga mendapatkan petunjuk mengenai jurusan kuliah yang akan diambil, kamu bisa mengambil jurusan kuliah sesuai perkembangan zaman. Misalnya, sekarang ini adalah zaman inovasi teknologi. Di mana-mana tenaga kerja di bidang teknologi selalu dibutuhkan karena teknologi diciptakan untuk memudahkan kehidupan manusia. Jurusan kuliah yang berhubungan dengan teknologi bisa menjadi salah satu pilihan kamu, seperti jurusan teknologi informasi atau sistem informasi. Kamu bisa berkesempatan bekerja di perusahaan-perusahaan besar seperti Google nantinya jika berhasil mengambil jurusan ini di universitas ternama.

Apa pun jurusan kuliah yang akan kamu pilih atau dapatkan, jika kamu ikhlas belajar dan menjalaninya dengan sepenuh hati, ilmu yang kamu terima selama berkuliah pasti bermanfaat di masa depan. Asalkan kamu tahu harus membawa ke mana ilmu tersebut, kamu pasti bisa menjadi seseorang yang sukses dalam karier.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here