5 Tips Keren untuk Menembus Universitas Negeri Favorit

0
686
Universitas Negeri Favorit
Source: The Modern Saint

Perguruan Tinggi Negeri atau PTN adalah universitas idaman setiap anak SMA di Indonesia. Bagaimana tidak? Masyarakat masih menganggap bahwa lulusan PTN memiliki kemampuan akademis yang baik, sehingga mudah mendapatkan pekerjaan.

Terlepas dari hal tersebut, bisa menempuh pendidikan di Universitas Negeri Favorit memang sebuah kesempatan yang baik untuk menyuiapkan masa depan.

Ada beberapa PTN favorit yang tersebar, rata-rata di Pulau Jawa. Misalnya Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Padjajaran (Unpad), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Airlangga (Unair), Universitas Brawijaya (Unbraw), Institut Teknologi Surabaya (ITS), dan Institut Pertanian Bogor (IPB). Biasanya, cukup sulit menembus universitas-universitas ini.

Untuk bisa masuk atau menembus universitas negeri favorit itu, sebenarnya tidak sulit. Asal Anda punya cara jitu untuk memperoleh nilai mata pelajaran yang akan diujikan, dengan hasil sesuai yang diinginkan oleh PTN tujuan. Tetapi sayang, tidak semua lulusan SMA mengetahui cara jitu tersebut. Banyak yang berulang kali mengikuti les bimbel (bimbingan belajar) berbagai mata pelajaran pilihan agar dapat menembus PTN favorit, tapi gagal.

Universitas Negeri Favorit
Breakthrough Miami

Nah, jika ingin bisa menembus salah satu perguruan tinggi negeri yang berkualitas, coba cek 5 tips berikut ini:

  • Cari tempat les atau bimbingan belajar, yang lulusannya berhasil masuk ke beberapa PTN favorit, seperti yang dijanjikan pada saat pendaftaran. Caranya mudah saja, Anda dapat melihat ke website lembaga bimbingan belajar tersebut, dan mengecek berapa persen total jumlah siswanya, yang lulus ke universitas negeri tersebut.
Universitas Negeri Favorit
Source: Wikipedia Commons
  • Belajar dengan kakak kelas, atau lulusan SMA Anda yang telah masuk dan menuntut ilmu di universitas favorit incaran tersebut. Mereka pasti senang berbagi ilmu dengan adik-adik kelasnya, apalagi yang rajin seperti Anda.
Universitas Negeri Favorit
Source: Flickr
  • Pelajari dengan teliti nilai-nilai dari semua mata pelajaran yang diujikan, pada saat ujian masuk ke universitas belum dilaksanakan. Anda perlu melakukan riset mendalam. Terutama jika fakultas, atau program studi di universitas tersebut banyak peminatnya. Anda tentu harus mempersiapkan taktik yang cerdik, agar berhasil ya.
Universitas Negeri Favorit
Source: Wikipedia Commons
  • Jika minat Anda tidak fokus pada satu bidang, mengapa tidak mencoba belajar di fakultas dengan jumlah peminat yang lebih sedikit. Contohnya program studi sejarah di Fakultas Ilmu Budaya, seperti di Universitas Padjajaran. Anda bisa dengan mudah menembus PTN favorit tersebut, meski jurusan atau program studinya kurang terkenal.
Universitas Negeri Favorit
Source: Wikipedia
  • Banyak yang bilang kalau tips sukses masuk ujian masuk PTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) itu, sebenarnya faktor keberuntungan juga. Namun, Anda jangan mudah percaya begitu saja. Anda tetap harus optimis dan mempersiapkan diri sebaik-baiknya, agar berhasil lulus SBMPTN. Dan satu lagi, jangan lupa berdoa kepada Tuhan YME.
Universitas Negeri Favorit
Source: glenn packiam’s blog – Typepad

Bagaimana? Tidak sulit bukan untuk menerapkan kelima tips keren di atas ini. Anda tentu bisa mengusahakan yang terbaik, dan terpilih dari sekian banyak peserta tes. Anda hanya perlu berusaha, sedangkan hasil serahkan saja kepada Tuhan YME.

Baca juga:
Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Itulah 5 tips keren sebagai upaya Anda agar dapat menembus masuk ke universitas negeri favorit. Ingat, semua kesuksesan dimulai dari satu langkah kecil. Jadi, Anda harus pantang menyerah, terus belajar dengan rajin, dan gantungkan cita-cita setinggi langit di angkasa. Tuhan YME akan selalu mengabulkan doa hamba-Nya, jika Anda terus berusaha tak kenal putus asa. Selamat menembus ujian masuk ke PTN pilihan. Anda pasti bisa!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here