Memahami Jurusan IPA, IPS, dan Bahasa di Sekolah

Jessica,
0
Fakultas Budaya

Apakah saat ini kamu sedang bingung menghadapi peminatan di sekolah? Ada jurusan IPA, IPS, dan Bahasa. Mana yang harus dipilih?

Penjurusan atau peminatan adalah cara yang dilakukan oleh sistem pendidikan di Indonesia untuk membantu siswa semakin fokus pada suatu bidang keilmuan. Hal ini bertujuan untuk membantu. Namun, tak jarang siswa yang malah kebingungan dalam menghadapi momen ini.

Salah satu cara untuk mengetahui bidang apa yang menjadi minatmu adalah dengan menelusuri riwayat nilai mata pelajaran yang telah lalu. Namun, itu pun tidak mutlak. Bagaimana jika nilai mata pelajaran IPA, IPS, dan bahasamu sama-sama baik? Bagaimana jika kamu suka IPS, tapi entah mengapa nilainya kurang memuaskan?

Di bawah ini akan dijelaskan apa saja yang akan kamu temui di ketiga bidang peminatan tersebut. Akhirnya, keputusan tetap ada di tanganmu.

Jurusan IPA

Ilmu Pengetahuan Alam

Ilmu Pengetahuan Alam

Di antara jurusan IPA, IPS, dan Bahasa, jurusan IPA terkesan sebagai kelas bergengsi yang dipenuhi oleh siswa dengan kecerdasan di atas rata-rata, padahal hal tersebut tidak sepenuhnya tepat. Melihat dari materi yang dipelajari, peminatan ini menekankan pada pemahaman ilmu pasti, siswa dituntut untuk mampu berpikir analitis.

Matematika

Matematika

Matematika

Matematika merupakan ilmu yang mempelajari tentang besaran, struktur, ruang, dan perubahan. Mata pelajaran ini adalah ilmu murni dan sudah diperkenalkan sejak Sekolah Dasar. Sangat terkenal dengan angka dan hitungan. Mereka yang tidak “alergi” dengan hitungan, seharusnya tidak masalah jika masuk jurusan IPA.

Sains

 

Percobaan Sains

Percobaan Sains

Sains merupakan ilmu pengetahuan yang muncul dan bersumber dari alam. Mata pelajaran yang masuk ke dalam rumpun sains adalah Fisika (mempelajari unsur dasar pembentuk alam, gaya, dan akibatnya), Kimia (mempelajari susunan, struktur, sifat, dan perubahan materi), dan Biologi (mempelajari organisme hidup).

Jurusan IPS

Ilmu Pengetahuan Sosial

Ilmu Pengetahuan Sosial

Di antara  jurusan IPA, IPS, dan Bahasa, jurusan IPS sangat terkenal dengan mata pelajaran yang penuh dengan teori dan hafalan. Hal itu tidak sepenuhnya tepat. Justru jika siswa bisa memahami materi dengan baik, mereka tidak perlu menghafal karena semuanya terpampang dalam kehidupan bermasyarakat sehari-hari.

Ekonomi

Fakultas Ekonomi

Fakultas Ekonomi

Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku masyarakat dalam usaha memenuhi kebutuhan hidupnya. Hal-hal yang mencakup produksi, distribusi, dan konsumsi juga dipelajari dalam mata pelajaran ini. Ada beberapa bab yang mengandung rumus dan hitungan di dalamnya.

Sosial

Sosial

Sosial

Di sini dipelajari berbagai aspek pada manusia dan lingkungan sosialnya. Beberapa mata pelajaran yang tercakup dalam ilmu sosial adalah Sosiologi (mempelajari perilaku sosial individu dan kelompok) dan Geografi (mempelajari permukaan bumi dan interaksi manusia dengan lingkungannya).

Jurusan Bahasa

Jurusan Bahasa

Jurusan Bahasa

Ini adalah peminatan ketiga yang menjadi pilihan dalam jurusan IPA, IPS, dan Bahasa. Dalam peminatan ini, siswa ditekankan untuk mendalami sastra dan budaya yang terbentuk di dalam masyarakat. Tidak semua orang memiliki keterampilan di peminatan ini. Namun, prospek ke depannya cukup bagus, terlebih untuk perusahaan internasional.

Sastra

Sastra

Sastra

Lebih tepatnya sastra Indonesia. Siswa akan mempelajari berbagai karya sastra yang berada di Asia Tenggara, yang sejatinya berakar dari Bahasa Melayu.  Di sini kamu tidak hanya mengerti apa saja, tetapi juga memahami isi dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Budaya

Fakultas Budaya

Fakultas Budaya

Siswa juga memiliki kesempatan mengenal berbagai budaya. Melalui pelajaran Antropologi, siswa mempelajari keanekaragaman manusia, termasuk budaya dan perilaku. Sehubungan dengan bahasa, siswa juga mempelajari Bahasa Asing. Kamu yang berniat untuk belajar tentang banyak hal di luar Indonesia, sepatutnya masuk peminatan ini.

Peminatan ini dibagi menjadi jurusan IPA, IPS, dan Bahasa adalah semata-mata untuk memudahkan fokus belajar. Pada hakikatnya, semua ilmu saling terhubung dan saling melengkapi satu sama lain.

Be the first to write a comment.

Your feedback