4 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Jurusan Kuliah

Jessica,
0
Memilih Jurusan Kuliah

Sebagian orang kerap menyepelekan jurusan kuliah yang diambil di perguruan tinggi. Padahal, memilih jurusan kuliah sebenarnya adalah hal yang patut dipertimbangkan secara serius karena berkaitan langsung dengan bidang profesi yang akan mereka geluti di masa depan.

Selain memberikan Anda gelar formal, pendidikan di perguruan tinggi juga akan membekali Anda dengan pengetahuan dan kompetensi untuk berkecimpung di bidang profesi tertentu. Memilih jurusan secara asal tentu hanya akan membuang waktu dan biaya yang tidak sedikit.

Bagi Anda yang hendak meneruskan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi dalam waktu dekat, ada 4 hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih jurusan kuliah. Hal-hal tersebut adalah:

  1. Pastikan Jurusan yang Anda Ambil Benar

 Memilih Jurusan Kuliah

google.com

Saat ini ada banyak sekali jurusan dan program studi yang bisa Anda ambil di perguruan tinggi. Saking banyaknya, terkadang ada beberapa nama jurusan yang terdengar mirip meskipun sejatinya sangat berbeda.

Contoh yang paling jelas adalah jurusan manajemen. Jurusan tersebut memiliki banyak cabang yang berbeda, seperti manajemen perkantoran, manajemen bisnis, manajemen, sumber daya manusia, dan manajemen keuangan.

Masing-masing jurusan manajemen yang disebutkan di atas memiliki kurikulum pembelajaran yang berbeda. Jangan sampai Anda salah memilih jurusan kuliah hanya karena namanya mirip satu sama lain.

  1. Idealis atau Realistis?

Memilih Jurusan Kuliah

linked2leadership.wordpress.com

Sebagian orang memilih jurusan kuliah tertentu untuk mendapatkan pekerjaan yang laik dan terjamin sementara sebagian lainnya hanya ingin mengembangkan minat dan hobi. Jika Anda hendak memilih jurusan, pastikan apakah Anda hendak menjadi seorang idealis atau hendak bersikap realistis.

Hal ini penting untuk menghindarkan Anda dari penyesalan di masa depan. Sebab bangku perkuliahan bukanlah sekadar tempat untuk memperoleh gelar, tapi juga menjadi jembatan bagi masa depan Anda.

  1. Mempertimbangkan Pilihan Karir dalam Menentukan Jurusan Kuliah

Memilih Jurusan Kuliah

italoeuropeo.co.uk

Sebelum memilih jurusan, sebaiknya Anda telah mengetahui karier seperti apa yang hendak Anda tekuni di masa depan. Hal ini akan membuat Anda memiliki tujuan kuliah yang jelas dan terukur. Buatlah gambaran yang jelas dalam benak Anda mengenai masa depan. Dengan demikian Anda akan merasa yakin untuk memilih jurusan tertentu.

Jika Anda masih bingung, cobalah untuk meminta bantuan jurusan kuliah konseling pada guru atau orang tua untuk menentukan hal ini. Selagi masih ada waktu Anda harus mempertimbangkan secara serius persoalan karier di masa depan agar hidup Anda memiliki arah yang jelas. Jangan menganggap remeh persoalan karier karena masa kuliah adalah tempat untuk mempersiapkan bagaimana karir Anda setelah lulus nantinya.

  1. Mengintip Peluang Kerja Jurusan yang Anda Pilih

Memilih Jurusan Kuliah

pure-jobs.co.uk

Terlepas dari minat dan passion Anda, peluang kerja dari jurusan yang Anda pilih tetap harus masuk ke dalam hitungan. Jurusan dengan peluang kerja yang besar akan memberikan Anda kesempatan yang lebih luas untuk mengembangkan karir.

Sebagai saran, untuk mencari tahu seberapa besar peluang kerja yang ada di jurusan pilihan Anda, cobalah mengecek beberapa situs pencarian kerja online yang dapat digunakan secara gratis. Anda dapat melihat sebanyak apa kebutuhan industri saat ini terhadap lulusan dari jurusan yang Anda pilih.

Demikianlah 4 hal yang wajib diperhatikan sebelum memilih jurusan kuliah. Sebagai penutup, masa-masa kuliah merupakan fase yang krusial karena berkaitan langsung dengan peluang kerja dan karir Anda di masa depan. Oleh sebab itu jalanilah masa kuliah dengan penuh keseriusan dan niat untuk berkembang.

 

 

Be the first to write a comment.

Your feedback