Ingin Kuliah tapi Bingung? 4 Daftar Jurusan Sepi Peminat ini Mungkin Bisa Jadi Opsi

Jessica,
0
Jurusan Sepi Peminat

Sudah lulus SMA/SMK tapi masih bingung menentukan kuliah jurusan apa? Ada baiknya Anda cari tahu terlebih dahulu beberapajurusansepipeminatyang memiliki prospek kerja cukup cerah. Namun yang terpenting dari semua itu adalah apakah jurusan itu sesuai dengan passion Anda?

Nah, berikut ini 4jurusansepipeminat yang mungkin sesuai dengan passion Anda.

Sastra Jawa

Jurusan Sepi Peminat

infokampus.new

 

Kalau Sastra Indonesia mungkin sudah lumrah didengar, tapi bagaimana dengan Sastra Jawa? Ini adalah salah satu jurusan di Universitas Gajah Mada yang masih sepi peminat. Anda orang Jawa dan tertarik mempelajari sastra Jawa lebih dalam? Jurusan ini cocok Anda pilih. Bahkan bagi yang bukan orang Jawa dan ingin mempelajari bahasa ini juga sangat bisa.

Bukan hanya bahasanya saja, tapi linguistik, budaya, kearifan lokal dan pelaku budaya hingga sejarah bahasa Jawa dipelajari di sini. Nantinya, lulusan Sastra Jawa akan menjadi peneliti budaya Jawa.

Sejarah

Jurusan Sepi Peminat

unpeudailleurs.fr

 

Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah atau “jasmerah adalah semboyan yang pernah diucapkan oleh presiden pertama Indonesia, Soekarno. Itu ia sampaikan saat pidato Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Tanggal 17 Agustus 1966.

Memang benar, meskipun masa depan sangat penting, tapi tanpa adanya sejarah tidak akan tercipta hari ini. Umumnya Jurusan Ilmu Sejarah mempelajari tentang sejarah, bukan hanya Indonesia tapi juga dunia. Kalau Anda tertarik melihat perubahan yang terjadi dari waktu ke waktu dan setiap sejarah yang tercipta, jurusan ini tepat untuk Anda.

Nantinya, peluang kerja jurusan ini cukup beragam, Anda bisa menjadi jurnalis yang mengangkat peristiwa-peristiwa sejarah, pemandu wisata bersejarah, peneliti sejarah atau bekerja di instansi pemerintah.

Sistem Informasi Geografi

Jurusan Sepi Peminat

falevireza.blogspot.com

 

Selain sepi peminat, jurusan ini juga punya prospek yang cukup cerah. Mungkin banyak orang yang belum mengetahui jurusan ini, tapi meski begitu banyak instansi dan perusahaan yang membuka lowongan untuk lulusan ini.

Di jurusan ini akan mempelajari Sistem Informasi Geografi (SIG) seperti pemetaan. Jurusan sepi peminat ini juga sangat cocok untuk Anda yang hobi traveling, karena setiap semester pasti ada tugas besar yang mengharuskan survei lapangan ke berbagai tempat hingga ke luar negeri.

Prospek kerjanya pun tidak main-main, Anda bisa jadi ahli pemetaan, ahli geospasial, GIS Specialist  atau surveyor. Selain itu, pendapatan yang didapat dari pekerjaan ini sangat besar, tentu dengan risiko yang besar juga. Tertarik?

Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian

jurusan sepi peminat

idmtimes.com

 

Indonesia adalah negara agraris dengan lahan pertanian yang melimpah. Tapi kebanyakan masih menerapkan sistem pertanian konvensional yang ketinggalan zaman. Salah satu penyebabnya adalah kebanyakan petani adalah golongan berpendidikan rendah, sangat jarang dari golongan berpendidikan tinggi seperti sarjana.

Anda ingin membangun Indonesia menjadi swasembada pangan? Masukjurusansepipeminat ini bisa jadi salah satu caranya. Di sini, Anda belajar banyak hal tentang pertanian, di antaranya adalah permasalahan sosial dan ekonomi pertanian desa, ilmu tentang tanah, tanaman, ternak dan gizi.

Nah, dari sederet jurusan sepi peminat di atas, manakah yang ingin Anda pilih. Tapi jangan asal pilih, pilihlah jurusan yang sesuai dengan passion Anda. Yang membuat Anda nyaman dan betah. Jangan hanya karena peluang kerja yang lebih besar, Anda harus rela bekerja tidak dengan hati.

Be the first to write a comment.

Your feedback