Cara Menambah Kosakata Bahasa Mandarin dengan Cepat

Jessica,
0
Belajar Kata-Kata yang Satu Tema

Ada dua tantangan yang harus dihadapi anak dalam mempelajari Bahasa Mandarin. Tantangan pertama adalah bagaimana menulis dan menghafalkan hanzi yang jumlah ribuan. Untuk mampu menguasai semua hal itu, anak harus mempelajarinya sejak dini. Secara bertahap mereka akan diajarkan bagaimana menghafal, menulis, dan memahami setiap guratan yang dilakukan.

Tantangan keduanya adalah menghafalkan kosakata yang sering digunakan. Dengan jumlah ribuan, kata-kata Bahasa Mandarin tidak bisa dihafalkan begitu saja dengan mudah. Butuh teknik-teknik tertentu  agar kosakata bisa bertambah dengan cepat tanpa membuat anak jadi kesulitan dan bosan. Berikut beberapa cara yang bisa diterapkan untuk menambah kosakata Bahasa Mandarin pada anak.

  1. Menggunakan Flashcard

    Menggunakan Flashcard

    Menggunakan Flashcard

Flashcard adalah kartu yang dibuat untuk membantu anak menghafal tanpa membebani mereka. Bentuknya mirip sekali dengan kartu remi dengan masing-masing sisi memiliki isi yang berbeda. Flashcard Bahasa Mandarin yang sering digunakan biasanya berisi gambar dari sebuah objek dan di belakangnya ada nama objek itu dalam Bahasa Mandarin lengkap dengan hanzinya.

Untuk menambah kosakata baru, anak bisa diajak bermain dengan kartu ini. Mereka dipersilakan mempelajari kartu dengan gambar-gambarnya dahulu. Misal kali ini mereka belajar 5 kartu saja. Setelah 15-30 menit belajar, anak akan mulai diajak bermain. Orang tua atau guru bisa menunjukkan gambar kepada anak. Setelah beberapa detik, minta anak untuk menyebutkan nama gambar itu dalam Bahasa Mandarin. Jika anak mampu mempelajari 5 kartu dengan mudah, tambah banyaknya kartu secara bertahap.

  1. Belajar Kata-Kata yang Satu Tema

    Belajar Kata-Kata yang Satu Tema

    Belajar Kata-Kata yang Satu Tema

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk menambah kosakata Bahasa Mandarin adalah dengan mempelajari kata-kata yang masih satu tema. Misal kata yang akan dipelajari bertema buah-buahan. Orang tua atau guru bisa memberikan daftar kata-kata dalam Bahasa Mandarin dalam tema itu. Teknik belajarnya bisa dengan menghafal langsung atau menggunakan cara flashcard.

Mempelajari kata-kata yang satu tema akan memudahkan anak belajar banyak hal. Dengan lingkup yang kecil, mereka akan lebih mudah berkonsentrasi. Jika anak sudah menguasai kata-kata bertema buah, ajak mereka mempelajari kata-kata dengan tema anggota tubuh, transportasi, hingga nama benda yang ada di dalam rumah dan kelas. Seiring dengan berjalannya waktu, kosakata Bahasa Mandarin yang dimiliki oleh anak bisa meningkat signifikan.

  1. Mendengar Lagu Bahasa Mandarin

    Mendengar Lagu Bahasa Mandarin

    Mendengar Lagu Bahasa Mandarin

Tidak bisa dimungkiri kalau lagu memiliki peran besar dalam memperkaya kosakata Bahasa Mandarin pada anak. Orang tua atau guru bisa mencarikan lagu berBahasa Mandarin anak-anak atau yang temanya cukup mudah. Mintalah anak untuk mendengarkannya selama beberapa hari lalu bedah kata-kata yang ada di dalamnya.

Kata-kata dalam lagu kadang lebih mudah dipahami. Dengan alunan musik yang indah, anak jadi lebih mudah menghafalnya sedikit demi sedikit. Selain memperbanyak kosakata, mendengarkan lagu juga membuat mereka terbiasa dengan pengucapan kosakata Bahasa Mandarin yang sedikit rumit.

  1. Membaca Buku Anak

    Membaca Buku Anak

    Membaca Buku Anak

Membaca buku adalah cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk menambah kosakata Bahasa Mandarin. Persilakan anak untuk membaca buku berBahasa Mandarin dengan cerita yang sederhana. Setelah membaca, minta menceritakan maksud dari cerita. Jika mereka kebingungan, orang tua atau guru bisa membedah satu per satu kata yang ada di sana.

Setelah ceritanya dibedah, minta anak untuk mempelajari cerita dan memahaminya. Esok hari, minta dia menceritakan lagi sambil diberi tebakan kata-kata yang tidak dia mengerti dan pahami sebelumnya. Lakukan metode yang sama untuk cerita selanjutnya.

Inilah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menambah kosakata Bahasa Mandarin dengan cepat. Terpenting dari semua, orang tua atau guru harus mengajarkan anak untuk bersabar dan bekerja keras.

Be the first to write a comment.

Your feedback