Ini Dia Beberapa Tips Lolos SBMPTN ke Kampus Negeri

Jessica,
0
Tips Lolos SBMPTN

Selama memiliki akreditasi yang baik dengan kualitas yang telah teruji, kuliah baik di kampus swasta maupun di kampus negeri sama-sama baik. Namun tentunya masih ada banyak orang yang menjadikan kampus negeri sebagai tujuan utama mereka dan mencari tahu bagaimana tips lolos SBMPTN yang jitu. Hal ini terjadi lantaran biaya kampus negeri yang dianggap lebih ekonomis serta prestige yang akan mereka dapatkan di sana.

Nah, bila Anda adalah salah satu orang yang amat mendambakan kampus negeri, maka Anda harus fokus untuk bisa masuk ke sana. Salah satunya adalah dengan cara SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Lolos dari SBMPTN memang bukan hal yang mudah, bahkan Anda harus bersaing dengan ratusan ribu orang di Indonesia per tahunnya.

Namun, peluang untuk lolos SBMPTN bisa diperbesar asal Anda tahu tips dan trik-nya. Apa sajakah tips lolos SBMPTN yang bisa Anda coba? Ini dia:

 

Cerdas Memilih Kampus

Tips Lolos SBMPTN

articles.bplans.com

Siapa yang tidak ingin belajar di kampus negeri terbaik? Hal tersebut tentunya akan meningkatkan gengsi kita. Namun, ada banyak orang yang justru gagal lolos SBMPTN hanya karena terlalu berambisi mengejar gengsi dan tidak mengukur kemampuan diri.

Bila kemampuan Anda nampaknya tak cukup untuk masuk ke perguruan tinggi terbaik di Indonesia dan Anda tak punya waktu cukup untuk mempersiapkan diri bersaing secara ketat, cobalah untuk mendaftarkan diri ke perguruan tinggi negeri lainnya yang kira-kira tidak memiliki passing grade terlalu ketat. Konsultasikan pula pada guru atau tutor bimbingan belajar Anda tentang kampus mana yang sebaiknya Anda daftar.

Cari Tahu Materi SBMPTN

Tips Lolos SBMPTN

lifehack.org

Untuk bisa lolos tes SBMPTN, Anda tidak harus menguasai semua materi yang pernah dipelajari di SMA, tetapi menguasai jenis soal yang sering keluar dalam tes SBMPTN. Banyak-banyaklah mencari berbagai macam soal di internet dan di buku tips lolos SBMPTN, lalu pahami materi-materi tersebut.

Jangan lupa untuk membuat catatan mengenai materi-materi yang sering keluar di SBMPTN. Tidak sekadar di buku, kamu juga bisa lho menyimpan materi itu dalam sistem cloud seperti Google Drive, Evernote, atau Dropbox.

 

Siapkan Jurusan Cadangan

Tips Lolos SBMPTN

brits-indonesia.com

Saat mengikuti SBMPTN, Anda dapat memilih lebih dari satu hingga dua jurusan. Nah, jangan hanya isi formulir SBMPTN Anda dengan jurusan-jurusan yang memiliki passing grade tinggi saja, ya. Siapkan jurusan cadangan dengan passing grade yang sekiranya dapat dijangkau oleh kemampuan Anda dan sesuai minat tentunya.

Tidak masuk di pilihan pertama SBMPTN mungkin akan membuat Anda kecewa, tetapi hidup semestinya harus selalu memiliki rencana cadangan, karena tidak semuanya berjalan sesuai dengan keinginan kita.

Hindari Stres Berlebihan

Tips Lolos SBMPTN

Wareable.com

Anda memang harus belajar keras untuk bisa lolos SBMPTN. Namun terlalu memaksa diri untuk belajar tanpa istirahat bisa membuat tubuh Anda kelelahan dan pikiran menjadi stres. Jadi, sisipkan waktu untuk bersantai dan menyegarkan pikiran di antara waktu-waktu belajar.

Jangan terbiasa belajar terlalu malam. Usahakan memiliki waktu tidur teratur supaya pikiran Anda bisa lebih jernih.

Gunakan Metode Belajar yang Sesuai

Tips Lolos SBMPTN

forum.facmedicine.com

Dilihat dari kecocokannya, setiap orang memiliki metode belajar yang berbeda-beda. Ada yang suka belajar dengan metode mencatat, ada pula yang suka belajar dengan melihat video.

Gunakan metode belajar yang cocok dengan Anda. Hal ini penting supaya Anda menikmati proses belajar, dan hal itu secara tidak langsung membuat otak mudah untuk menghafalkan berbagai materi dan merupakan tips lolos SBMPTN yang efektif

Nah, itulah beberapa tips lolos SBMPTN yang mudah untuk Anda terapkan. Selalu optimistis dan jaga kesehatan menjelang tes SBMPTN ya.

Be the first to write a comment.

Your feedback