Bingung Memilih Perguruan Tinggi Negeri Atau Swasta? Berikut Ini Tipsnya

Jessica,
0
Sesuaikan dengan Minat dan Kemampuan - i2.wp.com

Memilih perguruan tinggi sering kali membuat orang kebingungan dan sulit untuk mengambil keputusan. Ini dianggap sangat wajar mengingat banyaknya perguruan tinggi yang ada. Selain itu, universitas yang akan dipilih nantinya juga berpengaruh dalam menentukan arah di masa mendatang. Tidak hanya jurusan serta keahlian yang kamu miliki setelah kuliah, tapi nama serta status kampus yang dipilih juga membuka peluang kerja yang besar nantinya.

Ada banyak pertimbangan yang akan diperhatikan saat memilih suatu universitas. Meskipun demikian, biasanya sebagian orang kerap menjadikan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sebagai tujuan setelah tamat SMA. Salah satu alasannya adalah status dan biaya yang relatif lebih murah ketimbang Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Sebenarnya, baik PTN atau PTS memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika kamu merasa bingung dalam memilih antara PTN dan PTS, berikut ini ada beberapa tips yang bisa dicoba.

Status Perguruan Tinggi

Status Perguruan Tinggi - sevima.com

Status Perguruan Tinggi – sevima.com

Ini adalah salah satu pertimbangan utama dalam memilih perguruan tinggi. Status sebuah perguruan tinggi dijadikan sebagai tolok ukur sebelum mengambil keputusan. Padahal, ada banyak sekali universitas yang memiliki keunggulan akreditasi di sejumlah  jurusan yang ditawarkan. Oleh karena itu, perlu diingat bahwa status sebuah perguruan tinggi tidak bisa dijadikan acuan utama dalam menilai baik atau tidaknya suatu universitas. Namun, kamu bisa mempertimbangkan status tersebut dalam membantu memilih jurusan kuliah.

Biaya Pendidikan

Biaya Pendidikan - uangteman.com

Biaya Pendidikan – uangteman.com

Alasan kebanyakan orang lebih memilih perguruan tinggi negeri adalah biaya pendidikan yang murah. Sebenarnya, baik antara universitas negeri maupun swasta sama-sama menetapkan biaya yang relatif besar bagi mahasiswanya. Dengan demikian, kamu perlu mempertimbangkan anggaran pendidikan secara matang sebelum menentukan manakah universitas yang akan dipilih.

Fasilitas Pendidikan

Fasilitas Pendidikan - Fasilitas Pendidikan.com

Fasilitas Pendidikan – Fasilitas Pendidikan.com

Kebanyakan orang lebih tertarik untuk melanjutkan kuliah di PTS karena tersedianya fasilitas yang memadai dan mampu menunjang seluruh proses pendidikan. Tidak mengherankan jika jumlah biaya pendidikan yang dibebankan oleh PTS kepada mahasiswa dinilai berbanding lurus dengan fasilitas pendukung yang ditawarkan. Bahkan, bisa dikatakan bahwa banyak PTS memiliki fasilitas yang lebih baik dibandingkan dengan PTN.

Daya Serap Lapangan Kerja

Daya Serap Lapangan Kerja - slideplayer.info.com

Daya Serap Lapangan Kerja – slideplayer.info.com

Saat membicarakan perguruan tinggi serta berbagai jurusan yang ada di dalamnya, secara otomatis kita akan mempertimbangkan peluang karier setelah lulus. Setiap mahasiswa pastinya menginginkan pekerjaan yang baik setelah menamatkan pendidikan mereka. Sebagian besar orang berpikir bahwa seorang lulusan universitas negeri akan mudah mendapatkan pekerjaan setelah lulus. Faktanya, hal tersebut tidaklah benar karena pada akhirnya suatu pekerjaan membutuhkan keahlian dan potensi yang dimiliki seseorang, bukan berdasarkan pada di mana tempat dia menggali ilmu.

Sesuaikan dengan Minat dan Kemampuan

Sesuaikan dengan Minat dan Kemampuan - i2.wp.com

Sesuaikan dengan Minat dan Kemampuan – i2.wp.com

Memilih perguruan tinggi memang bukan pekerjan mudah. Ada banyak pertimbangan sebelum menentukan keputusan. Baik PTN atau PTS, keduanya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Oleh karena itu, kamu perlu memilih perguruan tinggi yang sesuai dengan minat dan kemampuan yang dimiliki. Jika kamu telah mengetahui jurusan yang sesuai, memilih antara universitas negeri atau swasta bukanlah perkara yang sulit.

Nah, itu dia tips-tips yang bisa kamu coba saat bingung memilih perguruan tinggi negeri atau swasta. Perlu diingat bahwa keduanya memiliki peran besar bagi kehidupan kamu pada masa mendatang. Sebelum menentukan keputusan, sebaiknya cari informasi sebanyak-banyaknya untuk mempermudah kamu dalam memilih perguruan tinggi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian ya!

Be the first to write a comment.

Your feedback