9 Cara Menjadi Mahasiswa Berprestasi di Indonesia

Jessica,
0
Menjadi Mahasiswa Berprestasi

Ingin menjadi mahasiswa berprestasi? Tentu saja perlu perjuangan keras untuk mencapainya. Namun tidak ada yang tidak mungkin jika Anda mau mencobanya. Berikut ini sembilan cara menjadi mahasiswa berprestasi di Indonesia.

Proaktif

Menjadi Mahasiswa Berprestasi

Sumber : kaskus.co.id

 

Untuk menjadi mahasiswa berprestasi itu kita dituntut untuk selalu aktif. Kita bisa proaktif dengan selalu mengajukan pertanyaan, aktif berdiskusi dengan rekan mahasiswa lainnya, maupun aktif berkegiatan.

Singkatnya, kita selalu berusaha untuk bersikap lebih aktif. Kita enggan hanya menunggu atau bersikap pasif.

Keinginan untuk Berprestasi

Kita juga perlu memiliki keinginan kuat untuk berprestasi, baik dalam prestasi akademik maupun non-akademik. Keinginan kuat untuk berprestasi itu terpancar kuat dari niat kita bersungguh-sungguh mengerjakan apa yang  kita lakukan. Begitulah cara menjadi mahasiswa berprestasi yang banyak dipraktikkan oleh para mahasiswa selama ini.

Umumnya mahasiswa berprestasi itu tak ingin hanya menjadi mahasiswa kelas medioker saja. Namun ingin memaksimalkan potensi yang dimilikinya agar bisa mencapai prestasi yang lebih tinggi. Mahasiswa jenis ini juga rajin membaca karena kebiasaan baik ini berguna untuk memperluas cakrawala ilmu dan pengetahuan

Rajin Bergaul

Menjadi Mahasiswa Berprestasi

Sumber : gorganews.com

 

Mahasiswa berprestasi itu pandai bergaul, baik dengan dosen, rekan mahasiswa satu angkatan, adik kelas, maupun kakak kelas. Kemampuan bergaul ini membuat jaringan yang Anda miliki menjadi lebih luas.

Banyak peluang yang terbuka dengan memiliki jaringan yang luas. Mungkin saja Anda akan mendapatkan tawaran beasiswa, tawaran untuk mendapatkan pekerjaan, dan banyak lagi peluang lainnya. Untuk itulah bagi Anda yang memang ingin berprestasi semasa kuliah, perlu memperluas jaringan pergaulan.

Pandai Berorganisasi

Kemampuan berorganisasi amat penting bagi Anda yang ingin menjadi mahasiswa berprestasi . Sebab, berorganisasi melatih Anda untuk mengatur sebuah rencana berjalan dengan baik. Anda bisa memastikan roda organisasi berjalan sesuai tujuannya.

Suka Mendengar dan Menerima Masukan

Menjadi Mahasiswa Berprestasi

Sumber : inovasee.com

 

Sebagai mahasiswa, kita juga dituntut untuk aktif mendengar dan mau menerima masukan dari pihak lain. Kritikan dan masukan itu bisa menjadi bahan untuk perbaikan diri kita.

Pintar Mengatur Waktu

Manajemen waktu yang baik penting dimiliki mahasiswa yang ingin hebat berprestasi. Kita dituntut untuk bisa mengatur waktu sebagai cara menjadi mahasiswa berprestasi. Sebab, kita akan ikut banyak kegiatan, di samping juga menjalankan tugas utama untuk kuliah. Prestasi akademik dan non-akademik harus sama baiknya. Tidak ada ceritanya kuliah berantakan bagi mahasiswa berprestasi.

Nah, karena itulah, kita perlu membuat jadwal harian dan mematuhinya dengan baik. Dengan demikian, diharapkan setiap tugas yang harus kita selesaikan setiap hari bisa selesai dengan sempurna.

Memiliki Target

Menjadi Mahasiswa Berprestasi

Sumber : uprint.id

 

Tujuan atau target yang jelas penting dimiliki. Sebab, hal ini dapat memacu semangat kita untuk mencapainya. Sebagai contoh, misalnya ketika mengikuti sebuah mata kuliah, kita bisa menargetkan untuk memperoleh nilai A.

Begitupun saat ikut serta dalam kegiatan mahasiswa, kita punya keinginan untuk membawa organisasi tersebut menjadi yang terbaik.

Itulah cara menjadi mahasiswa berprestasi. Penting bagi kita selalu memiliki keinginan mencapai target yang bagus.

Memiliki Mentor

Kita perlu belajar dari orang lain. Itu sebabnya penting memiliki mentor. Kalau kita ingin menjadi mahasiswa beprestasi di tingkat universitas, kita bisa belajar dari mahasiswa yang sebelumnya pernah menyandang gelar tersebut. Kita bisa jadikan kakak tingkat itu sebagai mentor kita.

Begitupun ketika kita ingin berprestasi pada suatu bidang, kita bisa belajar dari orang terbaik di bidang tersebut. Kita bisa aktif menjalin hubungan dengan mereka, sembari meminta nasihat apa yang harus dilakukan.

Manfaatkan Teknologi

Menjadi Mahasiswa Berprestasi

Sumber : banananina.co.id

 

Kemampuan menguasai teknologi penting sebagai cara menjadi mahasiswa berprestasi. Sebab, di era seperti sekarang, kita bisa mudah mendapatkan informasi yang berguna untuk masa depan kita. Seperti misalnya dengan mencari info beasiswa, mencari peluang bisnis, maupun ikut bergabung dalam organisasi yang berkontribusi positif.

Demikianlah beberapa cara menjadi mahasiswa berprestasi yang bisa Anda ikuti. Yang terpenting adalah Anda tidak boleh menyerah ketika menemui sebuah kegagalan. Sebab mahasiswa penuh prestasi itu selalu bermental pantang menyerah!

Be the first to write a comment.

Your feedback