Daftar Dokumen Syarat Kuliah ke Luar Negeri

2
1061
motivation-lette
motivation-lette

Menuntut ilmu memang tidak harus hingga ke negeri Cina. Namun jika memang ingin menimba ilmu hingga ke sana, apa yang salah? Ya, ilmu dan pengetahuan bisa didapatkan dari banyak tempat, salah satunya adalah di luar negeri. Tingkat kebutuhan akan pendidikan bahkan membuat orang merasa perlu untuk mendapatkan ilmu dengan kuliah ke luar negeri.

Sekilas, kuliah ke luar negeri tampak menyenangkan. Konon, ilmu yang diperoleh dari belajar di luar negeri dianggap lebih ‘sakti’ dan berharga di mata penyedia lowongan pekerjaan dalam negeri.

Kuliah ke luar negeri tidak selamanya menyenangkan, terutama ketika calon mahasiswa harus menyiapkan berbagai persyaratan untuk bisa diterima di universitas tujuan. Tak hanya satu atau dua syarat, calon siswa bahkan harus menyiapkan hingga lebih dari sepuluh jenis persyaratan.

Persyaratan tersebut biasanya berupa dokumen sebagai bukti keseriusan calon siswa untuk meneruskan pendidikan di negara tujuan. Meskipun calon mahasiswa menerima beasiswa ataupun menggunakan dana pribadi, mereka harus siap direpotkan dengan persiapan dokumen syarat.

Kira-kira, dokumen apa saja yang perlu dipersiapkan? Yuk, simak ulasan di bawah ini.

  1. Paspor

    paspor
    paspor

Jangan pergi ke luar negeri dengan masa berlaku paspor yang hampir habis (maksimal 6 bulan), apalagi jika harus menetap hingga bertahun-tahun lamanya. Pastikan paspor yang Anda gunakan adalah paspor dengan jangka waktu yang panjang.

  1. Ijazah & Transkrip Nilai Bahasa Inggris

    Ijazah & Transkrip Nilai Bahasa Inggris
    Ijazah & Transkrip Nilai Bahasa Inggris

Pastikan Anda membawa ijazah dan transkrip nilai dalam negeri yang sudah diketik dalam bahasa Inggris. Anda bisa meminta pihak sekolah atau universitas untuk membuat terjemahannya. Bawalah dokumen dalam bentuk soft copy dan asli.

  1. Motivation Letter

    motivation-lette
    motivation letter

Jika Anda merupakan calon mahasiswa yang ingin mendapatkan beasiswa, maka Anda perlu menyiapkan dokumen ini. Dokumen tersebut ditujukan kepada pihak sponsor yang akan menerima beasiswa Anda. Mereka akan melihat sejauh mana niat dan tujuan Anda untuk kuliah di universitas tujuan.

  1. Sertifikat Tes Bahasa Inggris

    sertifikat-tes-bahasa-inggris
    sertifikat tes bahasa inggris

Bukti sertifikat tes bahasa inggris seperti TOEFL/IELTS sangat dibutuhkan jika Anda ingin kuliah ke luar negeri. Biasanya dokumen ini wajib diberikan saat Anda ingin mengambil pendidikan Strata 2 (S2) ataupun Strata 3 (S3). Pihak universitas tujuan, umumnya akan memberikan batas maksimal masa berlaku sertifikat hingga 2 tahun pasca tes dilakukan.

Jika nilai yang Anda peroleh masih di bawah standar syarat, maka sebaiknya lakukan tes ulang. Meski begitu, tidak jarang juga universitas yang tidak mempersoalkan hal tersebut. Oiya, jangan lupa juga untuk membawa sertifikat aslinya ya!

  1. Asuransi

    asuransi
    asuransi

Pastikan Anda memiliki asuransi kesehatan sebelum berangkat kuliah ke luar negeri. Anda  wajib membawa bukti kepesertaan Anda dan asuransi sudah bisa digunakan saat Anda tiba di negara tujuan.

  1. Visa

    visa
    visa

Setelah Anda dipastikan mendapatkan izin untuk berkuliah di universitas tujuan, maka jangan lupakan dokumen ini. Visa dibuat setelah seluruh aplikasi Anda diterima. Kini visa juga sudah tersedia dalam bentuk digital. Itu berarti, pada negara tertentu, Anda hanya perlu menunjukkan paspor dan Anda sudah terbukti memiliki visa pelajar.

  1. Lain-lain

     Lain-lain
    Lain-lain

Tak hanya hal tersebut di atas, Anda juga perlu mempersiapkan dokumen-dokumen tambah an lainnya. Fotokopi KTP, pasfoto (persiapkan ukuran 2×3 cm, 3×4 cm dan 4×6 cm), Surat Izin Mengemudi internasional hanya jika Anda ingin menggunakan kendaraan di luar negeri, proposal riset (khusus mahasiswa S2 dan S3), surat rekomendasi pendidik, surat rekomendasi perusahaan (khusus yang sudah bekerja), dll.

Demikian tadi informasi mengenai dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk kuliah ke luar negeri. Semoga bermanfaat.

Sumber:
http://www.tikus.net/2015/08/mau-kuliah-ke-luar-negeri-ini-dokumen.html
http://www.beasiswapascasarjana.com/2014/02/10-dokumen-beasiswa-yang-perlu-anda-tahu.html
https://helmisuryani.wordpress.com/2011/05/30/dokumen-yang-perlu-disiapakn-untuk-kuliah-ke-luar-negeri/

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here