Yuk, Lakukan Tips Ini agar Lulus Seleksi Sekolah Kedinasan

Jessica,
0

Bisa kuliah gratis, digaji, dan menjadi PNS setelah tamat SMA merupakan impian banyak siswa di Indonesia. Keuntungan-keuntungan ini akan Anda dapatkan jika lulus seleksi sekolah kedinasan, seperti PKN STAN (Politeknik Keuangan Negara), IPDN (Institut Pemerintah Dalam Negeri), STTD (Sekolah Tinggi Transportasi Darat), atau STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik). Jika Anda ingin lulus seleksi sekolah kedinasan, yuk lakukan tips ini.

Menyiapkan Semua Persyaratan Administrasi

YLulus Seleksi Sekolah Kedinasan

pixabay.com

Hal yang pertama yang harus Anda lakukan untuk lulus seleksi sekolah kedinasan adalah menyiapkan semua persyaratan administrasi. Ada banyak persyaratan yang harus disiapkan dan dilengkapi dari jauh-jauh hari.

Bahkan, ada beberapa persyaratan yang membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk menyiapkannya. Untuk lebih jelas mengenai kelengkapan persyaratan administrasi, Anda bisa membuka situs resmi sekolah kedinasan yang akan Anda ikuti.

Ikuti Seleksi Tes Kesehatan

YuLulus Seleksi Sekolah Kedinasan

pixabay.com

Tes kesehatan merupakan suatu kewajiban yang harus Anda ikuti agar bisa lulus seleksi sekolah kedinasan. Tes kesehatan ini dilakukan ketika mengikuti seleksi berbagai ujian di Indonesia. Agar Anda lulus tes kesehatan, Anda harus mulai menjaga kesehatan mulai dari sekarang. Hindari merokok dan narkoba.

Selain itu, makan-makanan yang bergizi dan tentunya olahraga yang rutin. Terapkan pola hidup sehat sehingga Anda dinyatakan lulus seleksi tes kesehatan. Hal lain yang perlu Anda persiapkan adalah berpuasa pada malam sebelum tes dilakukan. Hal ini berguna agar pemeriksaan berjalan lancar.

Latihan sebelum Seleksi Tes Kesamaptaan

Lulus Seleksi Sekolah Kedinasan

pixabay.com

Jika Anda lulus tes kesehatan, tes selanjutnya yang akan Anda hadapi adalah kesamaptaan. Tes ini bertujuan menguji ketahanan fisik Anda, salah satunya ketahanan lari. Untuk itu, sebelum mengikuti seleksi ini, Anda harus menyiapkan fisik terlebih dahulu.

Tes ketahanan lari biasanya membutuhkan waktu selama 12 menit. Agar bisa tahan berlari dalam rentang waktu tersebut, lakukanlah latihan fisik, yaitu lari pada siang hari secara rutin. Tambahkan latihan fisik Anda dengan sit up, push up, dan pull up, setiap hari minimal 10 kali setiap gerakan.

Selain itu, tambahkan latihan fisik Anda dengan latihan renang jarak 25 hingga 50 m. Dengan berlatih secara rutin, daya tahan fisik Anda akan bagus saat tes kesamaptaan. Napas Anda juga tidak akan tersengal-sengal.

Latihan Soal-Soal Kompetensi Dasar

Lulus Seleksi Sekolah Kedinasan

pixabay.com

Tips selanjutnya adalah tes kompetensi dasar yang terdiri dari Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Bahasa Inggris (TBI), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Sebelum Anda mengerjakan tes, ada baiknya Anda menyiapkan diri dengan berlatih soal-soal kompetensi dasar. Contoh-contoh soal kompetensi dasar bisa Anda unduh di internet. Latih kemampuan Anda dalam menjawab soal dengan cepat karena waktu tes sangatlah terbatas.

Persiapkan Diri saat Wawancara dan Penentuan Tahap Akhir

Yuk, Lulus Seleksi Sekolah Kedinasan

pixabay.com

Tips selanjutnya agar lulus seleksi sekolah kedinasan adalah mempersiapkan diri untuk wawancara. Pelajarilah sejarah, UUD 1945, dan mental ideologi. Minta bantuan teman Anda untuk membantu melakukan simulasi wawancara.

Setelah lulus wawancara, seleksi terakhir adalah tes penentuan akhir atau disingkat pantukhir. Tes ini berupa pengulangan dari tes-tes sebelumnya dan ditambah dengan tes kesehatan jiwa (keswa). Setelah sampai tahap ini, Anda sudah menyelesaikan seluruh rangkaian tes. Selangkah lagi Anda mendekati lulus seleksi sekolah kedinasan.

Berdoa

Lulus Seleksi Sekolah Kedinasan

pixabay.com

Tips terakhir adalah berdoa. Semua usaha dalam menyelesaikan rangkaian seleksi sudah dilalui. Jangan lupa berdoa agar semua usaha Anda berakhir dengan hasil yang menggembirakan, yaitu lulus tes kedinasan.

Nah, semoga tips-tips di atas dapat membantu Anda lulus seleksi sekolah kedinasan. Jangan lupa belajar dan berdoa, ya?

Be the first to write a comment.

Your feedback