Seberapa Banyak Anak Boleh Makan Buah? 

Vana Vana,
0
Anak Makan Buah

Ketika Anda sebagai orang tua melihat anak Anda memakan buah, maka tentu saja Anda akan merasa senang dan bahagia karena anak Anda senang makan buah yang kaya vitamin dan mineral.

Buah sendiri memang memiliki usmber serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk si kecil, tetapi porsinya tidak boleh juga berlebihan, jadi berapa sih porsi buah yang harus anak makan dalam sehari-hari?

Menurut departemen kesehatan RI, anak anak berusia satu hingga Sembilan tahun butuh asupan serat sebesar 16-26 gram setiap hari, kebutuhan serat itu sendiri dapat didapatkan dari sayuran dan buah-buahan.

Dan supaya memenuhi kebutuhan serat tersebut, anak-anak dalam rentang usia itu dalam sehari disarankan untuk memakan buah dengan jumlah seperti berikut:

  • 2-3 tahun: 175 gram buah, atau setara dengan 1 potong besar pepaya.
  • 4-8 tahun: 175-260 gram buah, atau setara dengan 2 buah jeruk.
  • 9-13 tahun: 260 gram buah, atau setara dengan 4 buah stroberi berukuran besar.

Anda bisa memberikan anak Anda buah-buahan dengan warna, tekstur, bentuk yang berbeda-beda agar anak Anda menyukai hal tersebut, buah tersebut bisa berbentuk segar, beku, jus, atau dalam kaleng, tetapi tentu saja konsumsi buah ketika buah tersebut segar sangat disarankan.

Dan apakah anak boleh makan buah lebih dari yang di-anjurkan? Buah buahan kaya akan sejenis gula alami yang disebut fruktosa, gula tersebut akan membuat buah memiliki rasa manis, mengingat banyaknya kandungan tersebut pada gula, Anda tentu saja bingung apakah konsumsi buah berlebihan bisa membuat kesehatan anak Anda terganggu?

Tidak demikian ternyata, karena meski kaya akan fruktosa, buah lebih banyak mengandungan kandungan serat dan air dan akan membuat rasa kenyang, karena hal tersebut sangat mustahil bagi seseorang memakan buah secara berlebihan dalam satu hari.

Sebagai contoh, jika anak Anda merasa kenyang setelah makan satu buah apel yang berukuran besar, apel mengandung 23 gram gula dengan 13 gram berbentuk fruktosa, dan Anda bisa mencoba membandingkan hal tersebut dengan minuman bersoda.

Minuman bersoda mengandung 52 gram gula, 30 gram diantaranya adalah fruktosa yang tidak memiliki kandungan nutrisi lain di dalamnya, hal itu akan membuat anak tidak merasa kenyang dengan minum soda karena minuman soda tersebut tidak memiliki nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh mereka.

Asupan gula sendiri memang berbahaya bagi kesehatan jika kebanyakan, tetapi gula yang dimaksud adalah gula yang bernama sukrosa atau sirup fruktosa yang ada di pemanis tambahan.

Tips untuk makan buah agar kesehatan anak Anda optimal adalah Anda bisa memberikan berbagai jenis buah kepada anak Anda, dan selain itu ini adalah beberapa tips untuk hal tersebut.

  • Berikan si kecil buah-buahan dalam bentuk utuh, bukan jus. Jus buah memang praktis dan terasa lezat, tapi minuman ini mengandung gula tambahan yang tidak diperlukan.
  • Jika anak Anda ingin mengonsumsi jus buah, maka buatlah sendiri tanpa memberikan gula ataupun krimer kental manis.
  • Cucilah buah-buahan sebelum dikonsumsi untuk mencegah kontaminasi bakteri dan pestisida.
  • Awasi anak balita saat makan buah, terutama bila buah bertekstur keras karena dapat memicu tersedak.
  • Simpanlah berbagai macam buah di rumah agar anak Anda bisa menjadikannya sebagai camilan sehat.

Semua jenis buah akan mengandung nutrisi yang menyehatkan, maka tentu saja variasi sangatlah penting, kenalkan anak Anda berbagai macam buah agar dirinya tidak hanya makan satu jenis buah yang sama, dan Anda juga bisa menghemat biaya karena beberapa jenis buah memiliki harga yang cukup mahal jika sedang tidak musim

 

Be the first to write a comment.

Your feedback