Tips Manajemen Waktu untuk Mahasiswa Tingkat Akhir agar Cepat Lulus

Jessica,
0
Source - pixabay

Menjadi mahasiswa tingkat akhir, tentu menjadi hal yang membanggakan. Namun, jika tidak hati-hati posisi ini justru mengancam dan mencemaskan. Tantangan skripsi yang harus diselesaikan tepat waktu dan nilai yang harus bersih dari angka “mati” saat lulus merupakan tantangan tersendiri bagi mahasiswa tingkat akhir. Oleh karena itu perlu manajemen waktu yang baik untuk mengatasinya.

Bagi mahasiswa mana pun, baik yang kuliah di dalam maupun di luar negeri, skripsi atau tugas akhir sering menjadi momok tersendiri. Jika tidak pandai mengatur waktu dan mengerjakannya secara konsisten, bisa jadi gelar mahasiswa akhirmu bisa berubah menjadi mahasiswa abadi. Agar hal ini tidak terjadi, kamu perlu memanajemen waktu dengan baik. Berikut tips manajemen waktu untuk mahasiswa tingkat akhir yang sedang menghadapi skripsi:

 

1. Buat Perencanaan Tugas Akhir

Source - pixabay

Source – pixabay

 

Agar penyelesaian tugas akhirmu berjalan lancar, buatlah perencanaan atau running sheets yang berisi target waktu pencapaian proses tugas akhirmu. Berusahalah sekuat mungkin untuk menaati rencana yang telah kamu susun tersebut.

Daftar rencana ini akan membantumu mencapai target dengan cepat dan mengurangi risiko molor. Jika kamu mematuhinya, tugas akhirmu akan terselesaikan tanpa terasa langkah demi langkah.

 

 

2. Buat Skala Prioritas

 

Saat berada di semester akhir, tentu banyak kegiatan lain selain tugas akhir yang menyita waktumu. Nah, di sinilah pentingnya manajemen waktu untuk mahasiswa dilakukan secara baik. Buatlah skala prioritas terhadap seluruh kegiatan yang harus kamu selesaikan.

Susun berbagai kegiatan tersebut ke dalam skala penting-mendesak, penting-tidak mendesak, tidak penting-mendesak, dan tidak penting-tidak mendesak. Urutkan kegiatanmu sesuai skala prioritas dari yang terpenting hingga terakhir ke paling tidak penting. Hal ini dapat membantumu mengurangi kebingungan saat agenda kegiatanmu datang bertumpuk bersamaan.

 

3. Hati-hati dengan Distraksi

Source - pixabay

Source – pixabay

 

Distraksi atau relaksasi sejenak dari kepenatan beban mahasiswa tingkat akhir hukumnya boleh dan sah-sah saja, tetapi jangan kebablasan ya. Terkadang distraksi yang sejatinya ingin dilakukan sekali saja, misalnya pergi ke puncak gunung, bisa jadi keterusan. Hal ini bisa membuat tugas utama kuliah yang harus diselesaikan menjadi terabaikan.

 

4. Selalu Kontak dengan Dosen Pembimbing

 

Salah satu kunci keberhasilan menyelesaikan tugas akhir dengan mudah baik di universitas dalam negeri atau di luar negeri yaitu bimbingan yang konsisten dengan dosen pembimbing. Seandainya pun dosen pembimbingmu galak, jangan pernah lari darinya. Pahami kepribadiannya dan temukan sisi baiknya.

Rajinlah menghadap dan berkonsultasi. Jika dosenmu sering bepergian ke luar kota atau luar negeri, kamu bisa menyiasatinya dengan berkonsultasi via email atau teleconference. Intinya, usahakan selalu kontak dengan dosen pembimbing agar kamu bisa cepat menyelesaikan tugas akhirmu dan lulus tepat waktu.

 

5. Jangan Menunda

Source - pixabay

Source – pixabay

 

Salah satu “penyakit” yang banyak menjangkiti mahasiswa tingkat akhir yang sedang menghadapi skripsi adalah penyakit menunda atau “besok saja”. Hal ini jika dibiarkan dapat menyebabkan waktu demi waktu terbuang percuma. Meskipun kaki terasa sangat berat untuk melangkah ke kampus, usahakan tetap berangkat. Ingat, waktu tidak dapat terulang kembali. Jangan sampai kawan-kawanmu telah selesai skripsi, kamu masih berdiri saja di sini tanpa perkembangan yang berarti.

 

6. Lakukan Revisi Segera Mungkin

 

Jika kamu mendapatkan revisi dari dosen pembimbingmu, segera lakukan perbaikan dan kembalilah berkonsultasi dalam jangka waktu singkat. Terlalu lama menimbun revisi dapat memicu terjadinya kemalasan yang dapat berujung molornya tugas akhirmu.

 

7.  Kurangi Aktivitas Organisasi

 

Source - pixabay

Source – pixabay

Saat telah memasuki semester akhir, usahakan untuk mengurangi kegiatan organisasi atau aktivitas di luar kampus yang dapat menyita waktu dan tenagamu. Saatnya kamu fokus untuk menyelesaikan skripsi dan persyaratan lulus lainnya seperti nilai Bahasa Inggris dan IPK minimal yang harus dicapai.

Lulus dari bangku kuliah adalah perkara mudah, jika kamu mampu melakukan manajemen waktu dan diri dengan baik. Demikian tips manajemen waktu untuk mahasiswa tingkat akhir yang bisa kamu coba. Semoga berhasil.

Be the first to write a comment.

Your feedback