Kuliah di Luar Negeri? 3 Negara Skandinavia Ini Bisa Jadi Alternatif

Jessica,
1

[vc_row][vc_column][vc_column_text]Melanjutkan kuliah di luar negeri tentu menjadi impian setiap orang yang dalam hidupnya sangat memprioritaskan pendidikan. Namun  demi mewujudkan impian tersebut, selalu dibutuhkan perencanaan matang serta persiapan yang tidak gampang. Biaya masuk perguruan tinggi yang tak murah pun masih menjadi alasan orang untuk bersusah payah mendapatkan beasiswa.

Beberapa perguruan tinggi ternama di negara-negara Amerika dan Eropa kerap menjadi rujukan mahasiswa untuk memperoleh beasiswa penuh selama mengenyam pendidikan di negeri orang. Namun tahukah Anda? Melanjutkan kuliah di luar negeri sebenarnya tidak hanya bisa dilakukan di negara-negara maju seperti di Amerika dan Eropa. Sebagian orang mungkin masih asing mendengar negara Skandinavia yang juga banyak menawarkan beasiswa pendidikan di bangku kuliah.

Norwegia, Swedia, dan Denmark merupakan negara-negara di Tanjung Skandinavia yang pendidikannya termasuk paling maju di dunia. Hal ini membuktikan bahwa sistem pendidikan terbaik di dunia tidak hanya disematkan pada negara-negara mainstream seperti Amerika, Inggris,  Jerman, Perancis, dan Belanda. Mari kita bahas satu per satu keunggulan tiga negara Skandinavia di bidang pendidikan. Setelah menyimak informasi ini, Anda patut mempertimbangkan Norwegia, Swedia, dan Denmark sebagai alternatif destinasi melanjutkan kuliah di luar negeri.

 

 

  • Norwegia

Newegia – Berkuliah.com

 

Berdasarkan Human Development Index (HDI) atau Indeks Pembangunan Manusia, Norwegia pernah menempati peringkat pertama sebagai negara paling makmur di dunia pada tahun 2014 silam. Selain tingkat kesejahteraan masyarakatnya yang tinggi serta fasilitas kesehatan yang memadai, biaya pendidikan
di negara dengan ibu kota Oslo ini pun menjadi tanggungan pemerintah. Sistem pendidikan di Norwegia juga sangat mengutamakan kenyamanan sehingga proses belajar menjadi efektif. 

 

Tabungan – kompasiana.com

Meski belum familier sebagai negara tujuan studi mahasiswa internasional, Norwegia yang termasuk negara Skandinavia ini memiliki kualitas perguruan tinggi yang bisa disetarakan dengan universitas bergengsi di negara-negara Eropa. Jika Anda yang sudah memiliki pengalaman melanjutkan studi master di luar negeri, tidak ada salahnya untuk mengambil program S3 dengan memanfaatkan beasiswa doktoral dari Univerity of Oslo sebagai universitas terkemuka di Norwegia.

 

 

  • Swedia

 

University CHALMERS – chalmers.se

Hogskolan – id.cibeslift.asia

Berbeda dengan Norwegia, Swedia justru menjadi salah satu negara Skandinavia yang setiap tahunnya semakin populer sebagai tempat tujuan kuliah di luar negeri. Negara dengan sistem monarki ini dikenal indah dengan sumber daya alamnya yang juga berlimpah. Untuk urusan pendidikan, Swedia punya standar yang cukup tinggi. Terbukti, lima universitas di negara pengekspor kayu tersebut masuk dalam jajaran QS World University Rankings Top 200 di tahun 2010. Universitas-universitas tersebut di antaranya University of Gothenburg, Lund University, Uppsala University, KTH Royal Institute of Technology dan Stockholm University.

Swedia menjadi surga bagi para mahasiswa internasional yang ingin mengembangkan pengetahuan mereka melalui riset dan program kuliah perseorangan. Program master di Swedia yang berbasis praktik industri juga memberikan keuntungan tersendiri bagi para mahasiswa pasca mereka lulus.

Bagaimana tidak, bekal ilmu yang didapatkan selama mengikuti proses perkuliahan memberikan jaminan para mahasiswa mampu bersaing dalam pasar tenaga kerja. Pemerintah Swedia melalui Swedish Institute Study Scholarships (SISS) juga membuka peluang bagi peminat beasiswa master yang ingin  melanjutkan pendidikan dengan beasiswa penuh yang didanai oleh Kementerian Luar Negeri.

 

  • Denmark

University in Denmark – travelling-knowledge.eu

 

Komitmen Pemerintah Denmark yang terus mengembangkan sumber daya manusia berkualitas di bidang pendidikan terbilang sangat serius. Hal ini kemudian menjadikan Denmark sebagai salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia.  Di jenjang perguruan tinggi, pendidikan di negara berpopulasi 5,6 juta penduduk ini bisa disamakan dengan yang ada di Jepang atau Amerika.

Meski belum familier sebagai negara tujuan studi mahasiswa internasional, Norwegia yang termasuk negara Skandinavia ini memiliki kualitas perguruan tinggi yang bisa disetarakan dengan universitas bergengsi di negara-negara Eropa. Jika Anda yang sudah memiliki pengalaman melanjutkan studi master di luar negeri, tidak ada salahnya untuk mengambil program S3 dengan memanfaatkan beasiswa doktoral dari Univerity of Oslo sebagai universitas terkemuka di Norwegia.

Lima universitas di Denmark bahkan termasuk dalam 400 peringkat atas dunia. Universitas Copenhagen sebagai universitas terbaik, menempati posisi 68 dari seluruh universitas di dunia pada tahun 2016/2017. Bagi Anda yang tertarik menjadikan Denmark sebagai tujuan studi pascasarjana,  program beasiswa Erasmus Mundus bisa menjadi solusinya.

 

Apa Anda juga tertarik menjadikan tiga negara Skandinavia ini menjadi tujuan studi alternatif di luar negeri?

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

Feedback

Your feedback