Mau Menjadi Mahasiswa Berpenghasilan? Bisa! Simak 5 Cara Ini

Jessica,
0
Menjadi Mahasiswa Berpenghasilan

Menjadi mahasiswa adalah masa yang tepat untuk mencoba berbagai pengalaman. Tidak hanya belajar di bangku perkuliahan, tetapi juga berorganisasi, dan bahkan menghasilkan uang sendiri. Meski memang, banyak orang yang belum percaya sekaligus ragu bahwa mereka bisa menjadi mahasiswa berpenghasilan tanpa mengandalkan kiriman orang tua.

Nah, bagi kamu yang ingin mandiri sejak kuliah, berikut beberapa pekerjaan yang bisa dijalani.

Asisten Dosen

Menjadi Mahasiswa Berpenghasilan

pixabay.com

Bagi kamu yang tidak ingin kuliahnya terganggu, pekerjaan ini sangat cocok untuk dicoba. Kamu akan bekerja sekaligus belajar, dan bukan untuk tujuan uang semata. Memang, menjadi asisten dosen akan membuatmu mendapatkan uang tambahan, tapi lebih dari itu pengetahuan yang dimiliki juga akan semakin berkembang.

Tak hanya itu, bukan tidak mungkin jika nantinya akan banyak kesempatan bagus yang menghampiri. Misalnya, tawaran studi lanjut S2 atau bahkan tawaran mengajar di kampus almamater. Agar bisa terpilih jadi asdos ini, tentunya kamu harus menjadi mahasiswa yang rajin, pintar, dan menonjol, ya.

Guru Les Privat

Menjadi Mahasiswa Berpenghasilan

pixabay.com

Tak usah kecil hati jika tidak ada kesempatan untuk menjadi asdos (asisten dosen), karena kamu juga bisa menjadi guru les privat. Keduanya tak jauh berbeda, sama-sama bisa mengembangkan pengetahuan dan mendapatkan penghasilan. Waktunya pun sangat fleksibel, jadi tidak akan mengganggu aktivitas kuliah.

Kamu bisa menjadi guru les sesuai dengan jurusan kuliah yang ditempuh. Sedangkan cara untuk mendapatkan anak didik, bisa dengan bergabung menjadi tutor di lembaga kursus atau menawarkan les secara pribadi. Misalnya, dengan membuat pamflet berisi iklan kursus. Umumnya, di kampus-kampus juga bertebaran lowongan menjadi tutor les privat ini, kok. Jadi, jangan ragu untuk mencoba dan jadilah mahasiswa berpenghasilan!

Dropshipper atau Reseller Produk Tertentu

Menjadi Mahasiswa Berpenghasilan

pixabay.com

Cara lain yang bisa dicoba untuk menjadi mahasiswa berpenghasilan adalah dengan berbisnis online. Kamu bisa berjualan apapun, mulai dari fesyen, kecantikan, makanan, buku, hingga barang-barang yang mungkin dibutuhkan oleh anak muda seusiamu. Soal modal, tak perlu bingung karena kamu bisa memulainya dengan menjadi reseller atau dropshipper.

Banyak kemudahan yang ditawarkan oleh dua profesi bisnis tersebut, termasuk salah satunya keringanan dalam hal modal. Bahkan, kamu pun tak perlu repot menyetok barang karena akan dikirim langsung dari agen atau dropship. Tugasmu hanya melakukan promosi melalui media sosial atau langsung ke teman-temanmu. Gampang, bukan?

Pekerja Freelance

Menjadi Mahasiswa Berpenghasilan

pixabay.com

Bekerja paruh waktu (freelance) juga merupakan pekerjaan yang cocok bagi kamu yang ingin menjadi mahasiswa berpenghasilan. Apalagi, bagi yang memiliki keahlian di bidang-bidang tertentu, seperti menulis, desain grafis, fotografi, atau yang lainnya.

Kamu bisa mendaftarkan diri di perusahaan yang sesuai dengan bidang yang ingin digeluti. Atau, kini juga telah banyak situs-situs penyedia jasa freelance, seperti Ruang Freelance, Sribulancer, dan Projects.co.id. Selain pekerjaan tersebut, mahasiswa juga bisa ikut bergabung dalam acara, kegiatan, atau event tertentu yang umumnya membutuhkan tenaga harian.

Content Creator (Blogger, Vlogger)

Menjadi Mahasiswa Berpenghasilan

pixabay.com

Satu lagi pekerjaan yang sangat mungkin ditekuni oleh anak muda kekinian, yakni content creator. Kamu yang memiliki hobi dan keahlian di bidang tulis menulis, tak ada salahnya jika mulai saat ini merintis karir sebagai blogger. Buatlah blog atau website dan isilah dengan konten-konten yang kreatif dan bermanfaat. Bukan tidak mungkin jika nantinya blog yang dimiliki bisa menjadi sumber penghasilan. Bisa dari iklan atau bisa juga dari endorse dan review produk. Mengingat saat ini telah banyak perusahaan besar yang menggandeng blogger untuk mempromosikan produk atau jasanya.

Selain blogger, vlogger juga bisa menjadikanmu mahasiswa berpenghasilan. Kuncinya, isilah akun YouTube dengan konten-konten kreatif dan bermanfaat agar bisa menjadi aset yang menghasilkan.

Itulah beberapa cara yang bisa dicoba untuk menjadi mahasiswa berpenghasilan. Sesuaikan pilihan dengan kemampuan, ya.

Be the first to write a comment.

Your feedback