Selain Belajar, 10 Permainan Ini Bisa Mengasah Kecerdasan Anak

Jessica,
0
ae01.alicdn.com

Siapa bilang mengasah kecerdasan anak hanya bisa dilakukan melalui bangku sekolah? Tidak melulu harus belajar bersama tumpukan buku tebal, kemampuan otak juga bisa dilatih melalui permainan, lho.

Beberapa permainan memang dirancang dengan muatan ilmu untuk meningkatkan kecerdasan buah hati. Sembari bermain, tentunya mereka juga belajar untuk memecahkan masalah-masalah dengan menggunakan logika, ketelitian, dan daya ingat. Inilah 10 daftar permainan tradisional dan modern yang dapat digunakan sebagai referensi permainan anak yang mendidik.

Rubik

Rubik - upload.wikimedia.org

Rubik – upload.wikimedia.org

Selain seru, permainan otak yang satu ini seringkali membuat para pemainnya merasa kebingungan untuk menyelesaikannya. Menyamakan warna di setiap sisinya merupakan misi yang harus diselesaikan. Butuh kemampuan logika dan konsentrasi yang tinggi untuk memecahkan tantangan ini.

Halma

Halma - c1.staticflickr.com

Halma – c1.staticflickr.com

Halma merupakan permainan sejenis catur yang menggunakan taktik dan strategi untuk memainkannya. Permainan ini membantu anak untuk lebih jeli dalam mengambil keputusan agar bidaknya tetap bisa melangkah. Lebih dari itu, permainan ini juga menuntut pemainnya untuk menyelesaikan masalah dengan cepat.

2048

2048 - www.reality-gaming.com

2048 – www.reality-gaming.com

Kunci utama dari permainan digital yang satu ini ialah kecermatan dan ketelitian. Meski cara bermainnya tampak mudah, akan ada saat di mana pemain akan kesulitan untuk menggabungkan dua angka hingga menghasilkan nilai 2048.

Flow free

Flow free - www.bestappsite.com

Flow free – www.bestappsite.com

Nah, permainan yang mampu mengasah kecerdasan anak selanjutnya yaitu flow free. Permainan ini dimainkan dalam sebuah bidang yang memiliki banyak kotak didalamnya. Inti dari permainan ini ialah mengajarkan anak Anda untuk cermat dan jeli dalam membuat alur yang baik agar seluruh titik yang berwarna senada bisa terhubung dan semua kotak terpenuhi.

Brain wars

Brain wars - i1.wp.com

Brain wars – i1.wp.com

Brain wars adalah jenis permainan yang bisa dimainkan oleh banyak pemain. Aplikasi yang bisa diunduh di Google Play secara gratis ini, menyediakan beberapa jenis permainan di dalamnya. Salah satu contohnya yaitu permainan simplicity yang menguji kemampuan berhitung si kecil. Selain menghibur, permainan ini memiliki nilai edukasi. Anak diajarkan untuk lebih peka serta meningkatkan konsentrasi mereka.

Congklak

Congklak - 2.bp.blogspot.com

Congklak – 2.bp.blogspot.com

Coklak merupakan permainan tradisional yang memiliki manfaat guna mengasah kecerdasan anak. Tak butuh tenaga ekstra untuk memainkan coklak. Cukup duduk di depan papan yang memiliki cekungan dengan 7 biji kerang di dalamnya.

Kalau Anda tahu, congklak ternyata berhubungan dengan kecerdasan logika, lo. Karena pemain harus membuat strategi agar biji kerang yang berada di ujung papan lebih banyak daripada biji kerang milik lawan.

Lego

Lego - i.kinja-img.com

Lego – i.kinja-img.com

Bila ingin melatih kreativitas anak, ajak mereka untuk bermain lego. Permainan berupa potongan balok berwarna-warni ini, melatih mereka untuk berimajinasi dan berkreasi untuk menciptakan sesuatu. Terlebih, warna lego bisa Anda gunakan sebagai media pengenalan warna untuk anak-anak usia dini.

Tic tac toe

Tic tac toe - getpositive.today

Tic tac toe – getpositive.today

Tic tac toe merupakan jenis permainan menggunakan tanda O dan X yang dimainkan di atas sebuah papan dengan sembilan kotak. Tujuan permainan ini ialah membuat tiga tanda yang sama dalam satu barisan.  Belajar merancang strategi adalah manfaat utama bermain tic tac toe. Si kecil akan belajar bagaimana caranya lolos dari serang lawan dan akhirnya membuat tiga tanda tersebut bersanding.

Puzzle

Puzzle - www.etfile.com

Puzzle – www.etfile.com

Bila ingin mengasah kecerdasan anak, khususnya kemampuan memecahkan masalah, Anda bisa mengajak mereka bermain puzzle, dimulai dengan tingkatan yang paling mudah. Lalu, secara perlahan tingkatkan level kerumitannya agar otak si kecil semakin terasah. Puzzle terbukti menjadi cara yang ampuh untuk melatih daya nalar serta kreativitas anak.

Catur

Catur - 1.bp.blogspot.com

Catur – 1.bp.blogspot.com

Siapa yang tak kenal jenis permainan yang satu ini? Catur adalah olahraga mengasah otak yang bisa dimainkan oleh seluruh kalangan. Bermain strategi dan logika menjadi salah satu kunci bermain catur. Terlebih, bermain catur juga mengajak anak untuk melatih kesabaran.

Nah, bila Anda dan si kecil memiliki banyak waktu luang, tak ada salahnya mencoba beberapa permainan di atas guna mengasah kecerdasan anak. Sambil bersenang-senang, anak juga bisa mendapatkan manfaat dari permainan-permainan tersebut.

Be the first to write a comment.

Your feedback