Ketahui Manfaat Bermain bagi Anak dalam Proses Pertumbuhannya

Jessica,
0
Meningkatkan kreativitas

Saat anak mulai memasuki usia aktif, mereka pasti akan senang bermain. Bermain adalah kebahagiaan bagi anak-anak karena mereka dapat mengekspresikan berbagai perasaannya. Selain itu, manfaat bermain lainnya juga dapat membantu si kecil untuk bersosialisasi dan beradaptasi dengan lingkungannya.

Namun ternyata, tak sedikit orang tua berpikir kalau aktivitas bermain tidak ada gunanya. Jangan terjebak dengan anggapan tersebut! Justru, bermain memiliki banyak manfaat untuk proses pertumbuhannya karena mereka dapat mempelajari banyak hal. Berikut ini manfaat bermain bagi anak yang perlu Anda ketahui.

  1. Memahami dan mengembangkan harga diri sendiri

Memahami dan mengembangkan harga diri sendiri

Memahami dan mengembangkan harga diri sendiri

Saat bermain, si kecil akan menentukan pilihan mengenai apa yang akan dimainkan, di mana, serta dengan siapa mereka akan bermain. Semua pilihan tersebut akan membentuk gambaran serrta membantu mereka untuk mengendalikan diri.

  1. Meningkatkan kepercayaan diri

Meningkatkan kepercayaan diri

Meningkatkan kepercayaan diri

Manfaat bermain bagi anak dalam proses pertumbuhannya lainnya adalah meningkatkan kepercayaan diri. Permainan akan mendorong keterampilan fisik, sosial, emosional, dan intelektual mereka. Misalnya, perkembangan keterampilan sosial dapat dilihat dari cara anak mendekati orang lain saat bermain. Jadi, bermain akan membantu anak-anak merasa percaya diri, terlebih jika anak Anda pemalu.

  1. Melatih mental

Melatih mental

Melatih mental

Saat bermain, anak akan secara otomatis berimajinasi dan mengeluarkan ide-ide yang tersimpan di dalam diri. Anak pun cenderung mengekspresikan pengetahuan yang dimilikinya sekaligus mendapatkan pengetahuan lain. Dengan bermain, orang tua akan lebih mengenal anak saat mengamatinya.

  1. Mengembangkan pola sosialisasi serta emosi

Mengembangkan pola sosialisasi serta emosi

Mengembangkan pola sosialisasi serta emosi

Saat bermain, anak dapat belajar bagaimana cara bersosialisasi dengan orang lain. Anak akan mempelajari nilai keberhasilan pribadi saat bermain dalam kelompok. Misalnya, saat anak harus memainkan peran, baik itu antagonis maupun protagonis, hal tersebut akan memperkaya emosi mereka. Si kecil juga dapat memahami perasaan dari penolakan dalam situasi yang dialaminya.

  1. Meningkatkan kreativitas

Meningkatkan kreativitas

Meningkatkan kreativitas

Manfaat bermain bagi anak lainnya adalah meningkatkan kreativitas. Ide-ide orisinal yang tersimpan di dalam pikiran akan mereka keluarkan dengan mudah meskipun terkadang terasa abstrak bagi para orang tua. Selain itu, bermain juga akan membantu anak terhindar dari stres akibat rutinitas harian yang membosankan.

  1. Melatih motorik dan mengasah daya analisis

Melatih motorik dan mengasah daya analisis

Melatih motorik dan mengasah daya analisis

Melalui permainan, anak akan mendapatkan banyak manfaat. Salah satunya adalah melatih kemampuan motoriknya. Hal tersebut tentunya akan membantu anak untuk menyeimbangkan antara motorik halus dan kasar yang berpengaruh pada perkembangan psikologis.

Proses bermain memberi kesempatan kepada si kecil untuk mempelajari cara menghadapi situasi kehidupan sekaligus mencari jalan keluar saat terjadi masalah. Anak-anak akan belajar memahami dan menganalisis persoalan yang mereka hadapi saat bermain.

  1. Mengembangkan otak kanan

Mengembangkan otak kanan

Mengembangkan otak kanan

Bermain adalah aktivitas bermanfaat yang memiliki aspek-aspek menyenangkan. Selain itu, bermain juga membantu mereka dalam menguji kemampuan diri saat berhadapan dengan teman sebayanya, yang artinya memberi kesempatan kepada anak untuk mengembangkan otak kanannya. Kemampuan tersebut mungkin kurang terasah dengan baik di rumah atau di sekolah.

Itu dia berbagai manfaat bermain bagi anak dalam proses pertumbuhannya. Ingat, sebagai orang tua Anda harus selalu menggunakan kalimat positif agar anak selalu bersemangat dalam melakukan sesuatu lebih baik lagi. Misalnya, saat anak berhasil dalam melakukan sesuatu, Anda bisa memujinya. Hal yang sama berlaku juga saat anak tidak dapat melakukan permainan dengan baik. Anda harus tetap memberikan semangat kepada si kecil untuk melakukannya lebih baik lagi.

Be the first to write a comment.

Your feedback