Latih Kemampuan Berbahasa Asing dengan 4 Aplikasi Belajar Bahasa Ini

Jessica,
0
Duolingo

Ingin belajar bahasa asing tetapi terkendala waktu atau biaya untuk mengikuti kursus? Jangan khawatir. Di era teknologi dan informasi seperti saat ini, Anda bisa menjadikan aplikasi belajar bahasa untuk mengasah kemampuan berbahasa Anda.

Selain aplikasi untuk belajar bahasa Inggris dan bahasa Mandarin yang cukup banyak diminati, di bawah ini adalah empat aplikasi belajar bahasa asing lainnya yang patut Anda coba.

Babbel

Babbel

Babbel

Ada 14 bahasa asing yang dapat dipelajari di Babbel. Selain bahasa Inggris dan Indonesia, aplikasi belajar bahasa ini juga menawarkan bahasa Spanyol, Prancis, Italia, Jerman, Rusia, Belanda, serta sejumlah bahasa asing lain.

Dikembangkan oleh tim yang terdiri dari para ahli bahasa, Babbel menyediakan pembelajaran bahasa modern yang memiliki cakupan topik beragam. Dari topik-topik ringan untuk traveling atau berbelanja, hingga topik yang lebih menantang, seperti topik tentang bisnis dan agenda sosial.

Sesi pembelajaran dalam aplikasi ini melingkupi materi pengenalan kosakata, latihan pelafalan, dan penerjemahan frase-frase yang relevan dengan bahasa asli pengguna. Pembelajaran disediakan berdasarkan tingkatan, dari tingkat pemula hingga tingkat mahir. Babbel dapat diunduh secara gratis. Tetapi ada beberapa fitur tambahan yang hanya bisa diakses jika Anda membayar biaya berlangganan

busuu

busuu

busuu

Aplikasi belajar bahasa yang termasuk ke dalam salah satu Google Play Best Apps di tahun 2015 ini menawarkan kemudahan saat mempelajari bahasa asing. Sebelas bahasa dapat Anda pelajari dengan aplikasi busuu. Di antaranya adalah bahasa Arab, Mandarin, Jepang, dan Turki.

Fitur pembelajaran di aplikasi ini terbilang lengkap. Selain pengenalan kosakata, disajikan pula berbagai latihan pelafalan dan percakapan yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara, materi tata bahasa untuk mengasah kemampuan menulis, serta sampel audio untuk melatih kemampuan menyimak.

Kebanyakan aplikasi belajar bahasa sejenis hanya dapat digunakan jika Anda terhubung dengan jaringan internet. Namun, busuu memiliki mode luring yang bisa Anda manfaatkan untuk mempelajari bahasa asing pilihan di mana pun dan kapanpun.

Duolingo

Duolingo

Duolingo

Duolingo merupakan aplikasi belajar bahasa yang baru saja menambahkan bahasa Jepang sebagai pilihan bahasa dalam versi terbarunya. Versi lama dari aplikasi ini sebenarnya telah berisi 25 bahasa asing, termasuk bahasa Vietnam, Swedia, Yunani, dan Swahili. Hal ini membuat Duolingo menjadi aplikasi belajar bahasa dengan pilihan bahasa asing terbanyak.

Pilihan bahasa dalam Duolingo diklasifikasikan berdasarkan bahasa asli penggunanya. Jika Anda menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar, Anda bisa memilih lebih banyak bahasa asing untuk dipelajari. Namun, jika Anda menggunakan bahasa Indonesia, Anda hanya bisa berlatih bahasa Inggris saja.

Empat kemampuan berbahasa, yakni berbicara, membaca, menulis, dan menyimak, serta materi kosakata dan tata bahasa disajikan melalui rangkaian latihan yang mudah dan menyenangkan. Duolingo juga dilengkapi dengan sistem target harian dan reward untuk menambah semangat dan kedisiplinan Anda dalam mempelajari bahasa asing setiap harinya.

Memrise

Memrise

Memrise

Dilengkapi dengan dua juta kata dan frase bahasa asing, serta 30.000 lebih video pembelajaran yang dibuat oleh penutur asli setiap bahasa, Memrise menjadi aplikasi belajar bahasa yang menjadi salah satu Google Play Best Apps tahun ini. Belasan bahasa asing, termasuk bahasa Korea, Denmark, dan Norwegia, dapat dipelajari dengan Memrise.

Fitur paling diunggulkan dalam aplikasi ini adalah Chatbots, yakni robot visual yang akan membantu Anda mengasah kefasihan berbicara. Memrise juga dilengkapi dengan sejumlah permainan bahasa yang menyenangkan, seperti Speed Review, Difficult Words, dan Classic Review.

Mempelajari bahasa asing akan memberikan banyak manfaat, baik untuk kehidupan sosial maupun kecerdasan otak. Jadi, jangan ragu untuk terus belajar dan mengembangkan kemampuan berbahasa Anda dengan memanfaatkan keempat aplikasi di atas.

Be the first to write a comment.

Your feedback