Coba 5 Cara Mengajar Anak SMA yang Menyenangkan

Jessica,
0
Cara Mengajar Anak SMA

Menjadi pengajar memang bukan profesi yang mudah. Meski siswa yang diajar berada di jenjang sekolah menengah atas (SMA), tetap saja banyak rintangan yang harus dihadapi. Salah satunya adalah cara penyampaian materi yang kadang tidak dapat diserap oleh semua siswa. Penggunaan cara mengajar anak SMA dengan teknik konvensional memang sudah terbukti memberikan hasil positif. Namun tidak sedikit pula yang merasa bosan karena metode yang digunakan kurang menarik.

Sebagai seorang guru, pasti Anda ingin melakukan hal terbaik bagi siswa agar mereka bisa menjadi pribadi yang lebih cerdas. Jika Anda mengalami kesulitan selama mengajar di kelas, berikut ini ada 5 cara mengajar anak SMA yang sangat menyenangkan dan inovatif agar siswa bisa lebih semangat mengikuti pelajaran.

Menyiapkan materi dalam bentuk animasi

Cara Mengajar Anak SMA

pixabay.com

Agar penyampaian materi ajar ke siswa jauh lebih menarik, ubah formatnya menjadi animasi. Cara mengajar anak SMA seperti ini akan membuat murid Anda menjadi lebih bersemangat dalam memahami materi. Saat ini banyak program komputer yang bisa Anda gunakan untuk membuat presentasi materi menjadi lebih menarik misalnya seperti Power Point. Ambil poin pentingnya saja agar penyampaian materi lebih padat dan jelas.

Berkeliling untuk menjawab pertanyaan siswa

Cara Mengajar Anak SMA

pixabay.com

Banyak guru yang bersikap pasif dan hanya menyampaikan materi secara satu arah. Hal inilah yang membuat murid cepat bosan bahkan tidak memahami materi sama sekali. Berbeda jika Anda menggunakan cara mengajar anak SMA dengan berkeliling dan memberi kesempatan murid untuk bertanya. Pasti suasana belajar mengajar menjadi lebih cair. Sesekali berkelilinglah untuk mengecek kondisi siswa dan menjawab pertanyaan yang diajukan. Komunikasi yang berjalan dua arah akan membuat siswa mudah memahami materi yang Anda ajarkan.

Menggunakan mind map

Cara Mengajar Anak SMA

pixabay.com

Ada banyak tipe metode mengajar yang bisa Anda terapkan untuk menyampaikan materi ke siswa, diantaranya adalah dengan menggunakan mind map. Melalui metode ini siswa diajarkan untuk memahami konsep materi yang diajarkan serta keterkaitan antara bab yang satu dengan yang lain. Karena disajikan secara visual, jadi materi lebih mudah dipahami dan tidak membosankan. Metode mind map tidak hanya membantu murid supaya bisa menyerap materi lebih cepat, tetapi juga membantu guru untuk memetakan bahan ajar. Materi yang dianggap sulit bisa dipecahkan menjadi bentuk yang lebih sederhana.

Memaksimalkan penggunaan internet

Cara Mengajar Anak SMA

pixabay.com

Cara mengajar anak SMA yang bisa diterapkan di semua sekolah saat ini adalah dengan memanfaatkan internet. Ajak murid untuk mencari sumber materi sebanyak-banyaknya dari internet. Peran aktif siswa akan membuat suasana belajar mengajar menjadi lebih bersemangat. Agar siswa tidak mudah bosan, ubah materi teks menjadi bentuk video ataupun audio. Jadi murid tidak hanya belajar dari buku saja, melainkan bisa dari sumber lainnya.

Menerapkan metode interaktif

Cara Mengajar Anak SMA

pixabay.com

Salah satu cara mengajar anak SMA yang bisa membuat siswa menjadi lebih aktif adalah dengan menerapkan sistem diskusi kelompok. Disini siswa tidak hanya mendapatkan materi yang diajarkan di sekolah, tetapi juga penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Metode ini juga memancing rasa ingin tahu siswa sehingga suasana diskusi menjadi lebih seru dan siswa tidak merasa bosan.

Selain kelima cara mengajar anak SMA yang disebutkan diatas, masih banyak metode lain yang bisa Anda terapkan. Sesuaikan saja dengan jenis materi yang diajarkan. Agar suasana belajar mengajar tidak membosankan, Anda harus mau berinovasi menciptakan metode ajar yang lebih menarik termasuk dengan memanfaatkan teknologi terkini.

Be the first to write a comment.

Your feedback