Anak Demam? Perhatikan Hal Ini

Charles,
0
Anak Demam

Sebagai orang tua, kita harus mengerti mengenai penyakit yang di-alami oleh anak kita, terutama ketika sang anak mulai merasa sakit, setiap anak sakit akan menjadi kekhawatiran bagi orang tua, orang tua sendiri akan panik, meski begitu, kita tidak boleh panik ketika anak sedang sakit dan tetap tenang, kita harus bisa tetap tenang untuk mengatasi hal tersebut, karena jika kita panik juga, maka yang terjadi adalah ketidak tenangan dalam mengatasi masalah, terutama ketika anak sedang sakit dan kita tidak tahu apa yang kita perbuat, terutama jika anak demam.

Penyakit demam biasanya menjadi penyakit yang paling sering di-alami oleh anak kecil, suhu tubuh anak biasanya lebih hangat dari biasa-nya, dan tentu saja itu bisa membuat sang anak tergolong demam, badan-nya sendiri jika sudah mencapai 38 derajat celcius sudah bisa disebut terkena demam, dan tentu saja anda harus waspada jika anak anda sudah mengalami demam.

Suhu tersebut berdasarkan suhu yang di ukur di dubur sang anak, biasanya jika diperiksa di bagian lain, maka suhu-nya akan lebih rendah, dan untuk itu sangat penting untuk menyiapkan thermometer di rumah, memantau suhu tubuh anak saat sang anak merasa suhu badannya lebih tinggi memang sangat merepotkan, bahkan ketika sang anak sudah mencapai 40 hingga 41 derajat celcius, maka kita harus membawa sang anak ke dokter, jangan sampai sang anak memiliki riwayat kejang saat demam, selain itu, orang tua harus memperhatikan hal ini apabila anak sedang demam.

Anda harus memiliki beberapa obat maupun alat medis dasar untuk dapat membantu memeriksa anak anda apabila mengalami sakit, sakit seperti demam tentu saja anda sudah harus memiliki thermometer untuk memeriksa suhu tubuh anak anda agar anak anda dapat diketahui suhu tubuh-nya, jika memang sudah panas atau baikan, maka tentu saja hal tersebut bisa mempengaruhi kesehatan sang anak dan tentu juga bisa membantu anak anda untuk cepat sembuh.

Berikanlah makanan dan jangan biarkan anak terlalu capai karena hal tersebut bisa mengurangi sistim kekebalan tubuh sang anak dan membuat sang anak menjadi rentan dengan penyakit.

 

  • Tetap Membuat Sang Anak Merasa Nyaman

Ketika demam sang anak sudah mencapai 38 derajat, maka sang anak akan merasa tidak nyaman, saat tidur pun sang anak akan merasa gelisah, minta di gendong, menangis, rewel, dan tidak bisa tenang, hal ini wajar karena tubuh sang anak tidak merasa nyaman.

Anda bisa melakukan hal yang nyaman dan aman untuk anak anda dengan memakaikan baju yang berbahan lembut, anak biasanya juga akan merasa lengket, gerah, dan juga membuat badan mereka penuh dengan keringat, anda bisa memandikan sang anak dengan air hangat atau juga di lap, tetapi anda harus ingat, jangan terlalu lama, anda juga bisa mengompres sang anak dengan air biasa.

Jika demam sang anak naik turun dan tetap tidak bisa tenang, maka anda bisa memberikan obat pereda demam seperti parasetamol dan berikan dosis yang tepat agar sang anak dapat sembuh dengan efektif.

 

  • Berikan Banyak Minum

Ketika anak demam, jangan sampai anak dehidrasi, rasa panas di tubuh tentu saja akan menghabiskan cairan di tubuh ketika demam, anda bisa memberikan anak anda air putih, jus, atau susu, dan pastikan anda juga terus menerus memberikan air kepada anak anda agar anak tidak dehidrasi, anda juga bisa memberikan sang anak buah melon dan semangka yang memiliki sumber air yang banyak dibandingkan buah lain-nya.

Ketika anak demam, pastikan sang anak terus berbicara kepada anda apabila dirinya merasa haus, demam sendiri memang selalu membuat badan kehilangan cairan yang tentu saja sangat berakibat fatal jika hal tersebut dibiarkan begitu saja tanpa diberikan pengobatan atau cairan yang cukup.

 

  • Perhatikan Gejala-nya

Perhatikan perubahan yang dialami oleh sang anak ketika sang anak tidak tidur atau tertidur, perhatikan apakah sang anak tetap dalam masa sadar atau kehilangan kesadaran, dan hati-hati juga ketika sang anak mengalami kenaikan suhu badan, karena tentu saja ada resiko kejang yang bisa terjadi, anda harus selalu memantau suhu dan gejala yang muncul kepada anak anda.

Pastikan anda mencoba mengompres sang anak secepatnya ketika anak sudah mulai demam, dan pastikan anda juga mengukur suhu tubuh sang anak secara berkala.

 

Tentu saja memiliki anak yang sakit demam akan menjadi beban bagi anda, anda harus selalu menyiapkan daftar rumah sakit paling dekat dari anda maupun nomor telepon dokter anak yang anda bisa hubungi, sehingga jika anda memiliki masalah dengan anak anda ketika anak anda sakit, anda tidak perlu panic dan tetap tenang, sediakan juga obat-obatan agar sang anak tetap terjaga karena ketika anak sakit anda harus langsung menyiapkan obat untuk sang anak, apabila anda telat atau tidak ada obat, maka itu akan menjadi hal yang bisa membahayakan sang anak.

Jaga juga sang anak dari penyakit, anda bisa memberikan sang anak vitamin agar sang anak tetap memiliki kekebalan tubuh yang cukup kuat agar tidak terkena sakit penyakit yang tentu saja anda tidak inginkan, dan apabila anak anda tidak kunjung sembuh, anda bisa memberikan info atau menelepon dokter anda agar segera melakukan diagnosa kepada anak anda agar jika memang penyakitnya sudah parah, anda bisa langsung membawa anak anda ke rumah sakit terdekat untuk ditindak lanjuti.

Be the first to write a comment.

Your feedback