6 Kunci Sukses Membangun Jaringan di Kampus

Jessica,
0
Membangun Jaringan di Kampus

Kuliah tidak melulu tentang kegiatan akademis. Mahasiswa juga harus aktif dalam pengembangan diri, terutama yang berkaitan dengan aspek profesional. Pasalnya, hal itu nantinya akan berguna ketika Anda ingin melamar kerja. Dalam hal ini, membangun jaringan di kampus sangat penting untuk karier Anda di masa depan. Karena semakin luas jaringan yang Anda miliki, maka semakin besar pula peluang Anda mendapatkan suatu pekerjaan. Simak beberapa tips di bawah ini agar Anda lebih mudah melakukannya.

Rajin mendatangi pusat layanan karier di kampus

Membangun Jaringan di Kampus

widyatama.ac.id

 

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah rajin mendatangi pusat layanan karier di kampus. Kini banyak perguruan tinggi yang menyediakan fasilitas layanan karier bagi mahasiswa mereka guna mendorong lulusan baru untuk mendapatkan kerja. Fasilitas tersebut umumnya juga menyediakan layanan konsultasi dan memiliki  banyak informasi terkait lowongan kerja dan jaringan alumni yang telah sukses. Semua wawasan itu tentu sangat berguna untuk membangun jaringan di kampus. Pun, Anda jadi lebih siap dalam menyambut persaingan di dunia kerja.

Aktif di kelas

Membangun Jaringan di Kampus

idntimes.com

 

Bagaimana Anda bisa punya banyak teman, jika Anda tidak aktif di kelas. Hal itu juga membuat Anda tidak begitu dikenal oleh dosen atau staf kampus lainnya karena jarang terlibat di kegiatan perkuliahan. Jadi bila Anda ingin membangun jaringan di kampus, pastikan untuk lebih aktif dalam bersosialisasi. Luangkanlah waktu untuk mengenal teman-teman Anda di kelas atau menjalin persahabatan dengan rekan lain di luar jurusan Anda.

Aktif berorganisasi

Membangun Jaringan di Kampus

EduCenter.id

 

Anda juga perlu mengasah kemampuan berorganisasi sebagai bekal untuk menapaki dunia kerja. Hal ini tidak hanya membantu meningkatkan kemampuan berkomunikasi Anda, tetapi juga bisa memupuk mental kepemimpinan dalam diri. Melalui kegiatan berorganisasi, Anda juga dapat mencari tahu apa kelebihan dan kekurangan Anda. Itulah kenapa Anda sangat dianjurkan untuk berpartisipasi dalam organisasi kemahasiswaan.

Membangun koneksi dengan alumni atau senior di kampus

Membangun Jaringan di Kampus

bekantantangguh.blogspot.com

 

Cobalah bangun koneksi yang baik dengan alumni atau senior Anda di kampus. Meski tampaknya sepele, ini sebetulnya penting untuk karier Anda di masa depan. Dari mereka Anda dapat menggali wawasan baru, terutama tentang aspek-aspek apa saja yang perlu ditingkatkan supaya Anda bisa melewati tantangan di dunia kerja. Selain itu, Anda juga bisa mencari informasi tentang lowongan kerja yang diminati.

Membantu kegiatan yang diselenggarakan kampus

Membangun Jaringan di Kampus

asimn.org

 

Jangan ragu untuk ikut berpartisipasi dalam acara-acara yang diselenggarakan kampus Anda. Tentunya, dari situ Anda bisa membangun jaringan yang luas. Dengan menjadi panitia di acara semacam itu, Anda bisa menambah kenalan baru, baik itu dari kalangan teman kuliah ataupun staf kampus sendiri. Bahkan, acara itu bisa saja mempertemukan Anda dengan jajaran alumni yang sudah sukses atau tokoh inspiratif lainnya.

Menjadi asisten dosen

Membangun Jaringan di Kampus

infopeluangusaharumahan.com

 

Sudah coba jadi asisten dosen? Cara ini cukup efektif untuk membangun jaringan di kampus, khususnya di kalangan pengajar Anda. Selain itu, sosok Anda akan lebih dikenal dan mendapat nilai baik di mata para dosen. Namun menjadi asisten dosen tentu bukan hal mudah, maka pastikan bahwa Anda benar-benar siap saat mengemban tugas tersebut.

Itulah enam kunci sukses untuk membangun jaringan di kampus. Karena jaringan adalah aset berharga untuk karier Anda di masa depan, pastikan bahwa Anda tetap terhubung dengan mereka. Sesekali kirimkan pesan singkat untuk sekadar menanyakan kabar atau mendiskusikan hal ringan. Dengan begitu, Anda tidak akan kehilangan jaringan tersebut.

Be the first to write a comment.

Your feedback