Yuk Ajarkan Anak Anda Hidup Hemat Sejak Kecil!

Vana Vana,
0
Anak Hemat

Dari kecil Anda mungkin sudah sering mendengar dengan kata-kata hemat pangkal kayak an, dan tentu saja pepatah tersebut mengajarkan kita bahwa kita harus hemat sejak kecil atau usia dini, dan karena itu bukan hal yang mudah yang dapat Anda lakukan dengan cepat atau instan, Anda juga sebaiknya bisa mengajari anak Anda untuk hidup hemat sejak dini, dan intiplah beberapa cara seperti yang akan kami berikan dibawah ini agar anak Anda tetap bisa menabung atau setidaknya sudah mengetahui cara menabung dan hidup hemat sejak mereka masih kecil. 

Setiap orang tua tentu saja ingin buah hati-nya menjadi anak yang sukses dan berhasil di masa depan ketika anak mereka sudah tumbuh dewasa, dan salah satu cara dasar adalah menanamkan perilaku yang baik pada anak sejak dini dimana salah satu-nya adalah berhemat. 

Hidup hemat menjauhkan anak dari sikap boros dan berlebihan yang bisa merugikan anak Anda, meski tidak mudah, Anda tidak perlu khawatir, ada beberapa cara yang Anda bisa gunakan sejak anak Anda masih kecil, Anda bisa melatih anak Anda dengan cara seperti berikut: 

  • Ajarkan Prinsip Ekonomi 

Ketika Anda ingin mengajari anak Anda mengenai hidup hemat, tentu saja hal tersebut berkaitan erat dengan uang, meski begitu, belum tentu banyak anak yang mengerti tentang paham ekonomi, arti uang, mengenai jual dan beli serta fungsi maupun nilai uang. 

Penting bagi Anda untuk mengajarkan anak Anda mengenai ekonomi dasar, cara tercepat adalah mengajak anak Anda berbelanja di toko atau pasar swalayan, dengan mengajaknya, maka anak akan mengetahui fungsi maupun nilai uang, anak Anda juga mengetahui bahwa nilai uang tertentu sama dengan jumlah dari barang atau makanan favorit si kecil. 

Jelaskan juga pada anak Anda untuk membeli segala sesuatu sesuai kebutuhan si anak dan secukupnya saja, hal ini akan menanamkan bahwa tidak boleh membeli berlebihan meski anak Anda memiliki uang, dan memahami hal ini akan membantu anak untuk dapat mengelola uang lebih baik ke depannya. 

 

  • Latih Anak Untuk Menabung 

Berikut-nya , Anda bisa mengajak anak Anda untuk mengajari anak hemat dengan cara menyisihkan sebagian uang yang mereka miliki atau uang saku mereka untuk menabung. 

Anda bisa membelikan anak Anda celengan untuk menyimpan uang anak Anda yang telah disisihkannya tersebut, karena jika hanya kata-kata dari Anda dan tidak di praktekkan langsung, tentu saja hasilnya tidak akan maksimal, agar anak Anda terbiasa memisahkan uang jajannya, Anda harus memberikan contoh kepada anak Anda, anak-anak cenderung mencontoh apa yang dilihatnya dan belajar dari apa yang dilihatnya dan mengikuti berbagai hal yang dilakukan oleh orang-orang sekitarnya. 

Dan untuk membuat anak tertarik untuk menabung, belilah celengan sesuai apa yang di-inginkan oleh anak Anda, dan berikan contoh bagaimana cara menabung di dalam celengan tersebut, setiap kali Anda menabung, Anda bisa mengingatkan anak Anda untuk terus menabung dan konsisten untuk melakukan hal tersebut, Anda bisa berkata jika sang anak terus menabung, maka si anak bisa membeli mainan favorit atau barang favorit yang mereka inginkan. 

 

  •  Tetap Bersyukur 

Selain menabung, Anda juga harus mengajari anak Anda untuk terus bersyukur, karena sikap tersebut adalah sikap yang baik, bersyukur sendiri akan mengajari anak Anda untuk menghargai apa yang anak Anda miliki, dengan begitu anak Anda tidak akan berlebihan meminta, membeli, atau menggunakan sesuatu. 

Rasa syukur bisa Anda latih dalam perbuatan sekecil apapun dalam kehidupan sehari-hari anak Anda seperti berdoa, menjaga barang agar tidak rusak dan juga bisa saja bersedekah. 

 

  • Tidak Manja 

Anak Anda harus Anda didik dengan tegas dan anak Anda harus Anda biasakan untuk harus berusaha keras seperti menabung jika mereka ingin mendapatkan sesuatu, apabila anak Anda ingin mainan, Anda mungkin bisa langsung membelikan hal tersebut kepada anak Anda, tetapi jika Anda terus memberikannya, maka itu akan membuat anak Anda menjadi manja, begitu juga jika Anda memberikan terus menerus hadiah kepada anak Anda se cara berlebihan. 

Sikap manja dan berlebihan tersebut bisa membuat anak Anda boros, Anda harus buat anak Anda berusaha lebih keras dengan menyisihkan uang jajannya, dan ketika Anda memberikan hadiah, pastikan dan jelaskan kepada anak Anda bahwa hal tersebut diberikan karena anak Anda telah bersikap baik, hal itu akan memotivasi anak Anda untuk melakukan tindakan yang baik. 

 

  •  Jelaskan Manfaat Hemat 

Hidup hemat memang tidak selalu mengenai uang, hidup hemat tentu saja mencakup banyak hal, dan Anda perlu memberi penjelasan kepada anak Anda dengan tepat. 

Contoh hemat lainnya seperti menggunakan air maupun listrik, mengajari anak untuk hidup hemat tentu saja akan membuat anak tidak bermain dengan air ataupun bermain dengan listrik yang ada di kamar-nya, dan mempelajari itu semua tentu saja sang anak akan mengerti bagaimana cara menghemat yang bukan saja hanya mengenai uang. 

Selain Anda bisa ajari anak mengenai hemat mengenai uang, anak Anda juga tidak akan boros ketika menggunakan sesuatu. 

Anda harus bisa mengajari anak Anda untuk hemat sejak anak Anda masih usia dini, hal ini dapat membantu anak Anda bisa mengerti hal tersebut sejak dini dan akan membantu anak Anda nanti ketika usia anak Anda sudah dewasa.

Be the first to write a comment.

Your feedback