7 Tips Mengerjakan TOEFL ITP yang Bisa Kamu Coba

Jessica,
0
Mendengarkan Secara Saksama Saat Sesi Listening - i0.wp.com

Kemampuan berbahasa asing merupakan sesuatu yang wajib dimiliki setiap orang. Bahkan hal tersebut merupakan syarat mutlak di banyak lowongan pekerjaan atau beasiswa untuk kuliah di luar negeri. Kemampuan bahasa Inggris salah satunya bisa diukur dengan mengikuti tes TOEFL ITP.

TOEFL ITP terdiri dari tiga sesi, yaitu mendengarkan (listening), struktur (structure), dan membaca (reading). Apakah kamu sering mengikuti tes TOEFL, tapi gagal menempuh standar nilai yang ditentukan? Tidak perlu khawatir, berikut ini ada beberapa tips mengerjakan TOEFL yang bisa kamu coba.

Mempersiapkan Diri Sebaik Mungkin

Mempersiapkan Diri Sebaik Mungkin - 3.bp.blogspot.com

Mempersiapkan Diri Sebaik Mungkin – 3.bp.blogspot.com

Saat menghadapi ujian, kondisi tubuh serta pikiran akan berpengaruh besar pada kelancaran tes yang kamu kerjakan. Pastikan untuk selalu menjaga kesehatan fisik dan mental sebaik mungkin sebelum menjalani ujian. Mempersiapkan mental dari jauh-jauh hari juga sangat penting agar kamu lebih siap dalam mengerjakan ratusan soal dengan durasi waktu yang cukup lama.

Mempersiapkan Peralatan untuk Ujian

Mempersiapkan Peralatan untuk Ujian - i1.wp.com

Mempersiapkan Peralatan untuk Ujian – i1.wp.com

Tips menghadapi TOEFL selanjutnya adalah mempersiapkan peralatan untuk ujian, seperti alat tulis. Hindari membawa satu pensil atau pena saja karena jika rusak atau bermasalah akan mengganggu kelancaran ujianmu. Sebaiknya, sediakan cadangan alat tulis sehingga kamu dapat menggantinya dengan cepat tanpa harus menggangu konsentrasi selama mengerjakan soal-soal.

Memfokuskan Diri

Memfokuskan Diri - ceritalangitbiru.files.wordpress.com

Memfokuskan Diri – ceritalangitbiru.files.wordpress.com

Banyak orang yang gagal mendapatkan nilai bagus saat melakukan tes TOEFL karena terjebak dalam sejumlah pertanyaan. Perlu diingat bahwa ada banyak pertanyaan menjebak saat ujian TOEFL. Oleh karena itu, kamu harus benar-benar berkonsentrasi sehingga dapat fokus menjawab pertanyaan dengan baik dan benar, terutama saat sesi listening.

Mendengarkan Secara Saksama Saat Sesi Listening

Mendengarkan Secara Saksama Saat Sesi Listening - i0.wp.com

Mendengarkan Secara Saksama Saat Sesi Listening – i0.wp.com

Listening merupakan sesi yang cukup menegangkan karena banyaknya kata yang menjebak. Tips mengerjakan TOEFL untuk sesi mendengarkan adalah fokus dan berusaha mendengarkan sebaik mungkin percakapan yang berlangsung. Saat pertanyaan telah selesai, kamu perlu menjawabnya langsung. Pastikan untuk tidak berfokus pada kemiripan bunyi, melainkan carilah kata kunci dari narasi atau percakapan yang kamu dengarkan.

Berlatih di Rumah untuk Menghadapi Soal Structure

Berlatih di Rumah untuk Menghadapi Soal Structure - ilmubahasainggris.com

Berlatih di Rumah untuk Menghadapi Soal Structure – ilmubahasainggris.com

Structure tidak bisa ditebak sehingga kamu harus belajar dan mempersiapkan diri sebaik mungkin. Cobalah untuk menguasai grammar dan aspek lain sebelum mengerjakan tes TOEFL sehingga modal yang kamu miliki cukup. Tips mengerjakan TOEFL di sesi struktur adalah mengerjakan soal yang paling mudah terlebih dahulu.

Pada Sesi Reading, Baca Pertanyaannya Terlebih Dahulu

Pada Sesi Reading, Baca Pertanyaannya Terlebih Dahulu - 1.bp.blogspot.com

Pada Sesi Reading, Baca Pertanyaannya Terlebih Dahulu – 1.bp.blogspot.com

Kesulitan tes TOEFL membuat kebanyakan orang membutuhkan waktu lama untuk menjawab satu pertanyaan. Untuk mengatasi hal tersebut, hindari membaca teks terlebih dahulu, apalagi jika narasinya terlalu panjang. Sebaliknya, kamu bisa langsung membaca pertanyaannya. Misalnya, jika pertanyaannya mengenai ide utama dari suatu teks, kamu bisa langsung membaca paragraf pertama dan terakhir. Jika belum menemukan jawabannya, cobalah untuk membaca paragraf yang lain.

Memulai Tes dengan Berdoa

Memulai Tes dengan Berdoa - media.ihram.asia

Memulai Tes dengan Berdoa – media.ihram.asia

Tips mengerjakan TOEFL yang tidak kalah penting adalah berdoa sebelum mulai mengerjakannya. Berdoa akan membuat kamu lebih rileks dan percaya diri dalam menjawa bsoal-soal yang diberikan.

Nah, itu dia beberapa tips mengerjakan TOEFL yang bisa kamu coba untuk mendapatkan nilai yang bagus. Persiapkan diri kamu sebaik mungkin dengan belajar dan berlatih mengerjakan soal-soal TOEFL melalui buku atau internet. Melalui persiapan yang matang, seseorang akan lebih percaya diri saat menjawab setiap soal yang diberikan. Semoga berhasil!

Be the first to write a comment.

Your feedback