Lulus Kuliah dan Mulai Mencari Kerja? Siapkan Diri untuk Menghadapi 5 Tantangan Dunia Kerja Ini

Jessica,
0

Bagi murid Sekolah Dasar, mengenakan seragam putih biru mungkin terlihat keren. Namun, bagi siswa SMP, mengenakan seragam putih abu-abu juga menjadi mimpi berikutnya. Hal ini pun pernah kamu rasakan sebagai mahasiswa. Melihat para karyawan kantoran bekerja setiap pagi juga pasti terasa menyenangkan. Akan tetapi, tahukah kamu bahwa tantangan dunia kerja lebih besar dibandingkan mengenyam ilmu di kampus?

Ada banyak hal yang akan kamu alami selepas mendapatkan ijazah dan gelar sarjana nantinya. Banyaknya job fair sekilas tampak akan memudahkanmu untuk mendapatkan pekerjaan impian, tetapi pada kenyataannya tak akan demikian. Oleh karena itu, persiapkan diri sebaik mungkin untuk menghadapi tantangan dunia kerja berikut ini:

Mendapatkan Pekerjaan Tak Semudah Membalikkan Telapak Tangan

Mendapatkan Pekerjaan Tak Semudah Membalikkan Telapak Tangan - kerjayuk.com

Mendapatkan Pekerjaan Tak Semudah Membalikkan Telapak Tangan – kerjayuk.com

Kamu pasti amat bahagia setelah dinyatakan lulus kuliah dan memegang ijazah di genggaman. Kini saatnya kamu menaruh peruntungan dengan mengirim puluhan lamaran ke perusahaan idaman. Namun kenyataannya, mendapatkan pekerjaan impian bukan hal yang mudah, karena ada ribuan pesaing yang juga ingin duduk di posisi yang kamu dambakan.

Tak hanya itu, kamu juga akan menghadapi segudang tes dan wawancara sebelum dinyatakan diterima dan bisa bekerja. Namun, jangan khawatir, karena telah banyak informasi mengenai tips dan trik sukses menghadapi seleksi kerja. Jadi, persiapkan diri dengan baik agar bisa menghadapi semua seleksi tersebut.

Adaptasi di Kantor Baru yang Tak Selalu Mulus dan Sesuai Keinginanmu

Adaptasi di Kantor Baru yang Tak Selalu Mulus dan Sesuai Keinginanmu - media.tabloidbintang.com

Adaptasi di Kantor Baru yang Tak Selalu Mulus dan Sesuai Keinginanmu – media.tabloidbintang.com

Bagi sebagian orang, adaptasi mudah dilakukan. Namun, sebagian lagi pernah merasa sulitnya menyatu dengan orang lain. Inilah tantangan dunia kerja selanjutnya yang akan kamu hadapi. Perlu diingat bahwa dunia perkuliahan sangat berbeda dengan dunia kerja. Semua rekanmu akan memiliki pendapat, karakter, dan ideliasmenya masing-masing, sehingga perseteruan kerap kali terjadi.

Persaingan dengan Rekan Kerja yang Begitu Ketat

Persaingan dengan Rekan Kerja yang Begitu Ketat - 2.bp.blogspot.com

Persaingan dengan Rekan Kerja yang Begitu Ketat – 2.bp.blogspot.com

Hidup selalu tak pernah lepas dari persaingan, termasuk di dunia kerja. Setelah sukses beradaptasi dengan lingkungan baru, jangan pernah berpikir bahwa tugas telah selesai. Kamu masih harus menghadapi ketatnya persaingan dengan rekan kerja satu tim di kantor atau divisi.

Kuncinya, tak perlu menggunakan otot dalam menghadapinya, meskipun terkadang kamu akan menemukan kecurangan di sana-sini demi memenangkan persaingan itu. Cukup berikan yang terbaik, dan kamu pun akan mampu melewatinya.

Rasa Jenuh yang Datang Tanpa Diduga

Rasa Jenuh yang Datang Tanpa Diduga - www.futuready.com

Rasa Jenuh yang Datang Tanpa Diduga – www.futuready.com

Kamu pasti pernah merasa jenuh dengan tugas-tugas kuliah yang datang tanpa henti. Pikiran ingin segera bekerja pun merajai. Namun, rasa jenuh juga menjadi tantangan dunia kerja berikutnya yang harus dihadapi.

Kamu akan memiliki tugas yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan saat kuliah dulu. Belum lagi dengan bermacam masalah dengan rekan kerja atau atasan. Tak heran jika rasa jenuh akan lebih sering melanda ketika bekerja nanti. Pastikan kamu memiliki jadwal kerja dan waktu istirahat yang seimbang. Usahakan jangan sampai lembur, ya!

Masalah Gaji yang Pas-Pasan

Masalah Gaji yang Pas-Pasan - www.futuready.com

Masalah Gaji yang Pas-Pasan – www.futuready.com

Tantangan dunia kerja terakhir yang akan kamu temui. Terkadang, pekerjaan yang kamu lakukan tak sebanding dengan gaji yang kamu terima. Terlebih jika kamu adalah seorang perantau yang harus membayar sewa kos bulanan. Inilah yang kerap membuat seorang karyawan berpindah, mencari peruntungan dengan pendapatan yang lebih baik. Jadi, pastikan kamu mendapatkan gaji yang bisa mencukupi kebutuhanmu, lebih baik lagi jika bisa ditabung.

Rumput tetangga akan selalu terlihat lebih hijau dibandingkan dengan miliki kita sendiri. Apa pun yang dilakukan orang lain akan selalu terlihat lebih menyenangkan dibandingkan dengan rutinitas kita. Namun, jika sudah menjalaninya, tak jarang kita akan memiliki opini yang berbeda terhadapnya. Oleh karena itu, siapkan segala sesuatunya sedini mungkin sebelum memasuki dunia kerja sebenarnya agar kamu tak lagi gugup saat tiba waktunya.

Be the first to write a comment.

Your feedback