5 Unit Kegiatan Mahasiswa yang Berguna untuk Bekal Dunia Kerja

Jessica,
0

Dari hal-hal yang ditawarkan universitas, prestasi akademik bukan satu-satunya yang penting bagi mahasiswa. Ya memang, nilai yang bagus dan IPK yang tinggi sangat berguna saat mencari kerja, tapi sejujurnya hal-hal semacam itu hanya bermanfaat di saat merancang CV dan melamar kerja pertama kalinya. Selebihnya, pengalaman lah yang membuatmu bertahan dalam persaingan dunia kerja.

Berbicara tentang pengalaman, unit kegiatan mahasiswa memiliki peranan penting membentuk pola pikir mahasiswa dan membuatnya lebih siap menghadapi kerasnya dunia kerja.

Kira-kira unit kegiatan mahasiswa apa saja yang perlu dipertimbangkan untuk diikuti ketika memasuki masa kuliah? Berikut 5 daftar UKM yang akan membantumu menambah pengalaman, juga meningkatkan soft skill sebagai bekal di dunia kerja.

Unit Kegiatan Mahasiswa Bidang Himpunan Kemahasiswaan

filebambangdewasa.files.wordpress.com

filebambangdewasa.files.wordpress.com

Mengikuti UKM ini sudah tentu akan memperdalam pengetahuanmu mengenai jurusan yang kamu ambil dan akan mendapatkan banyak sekali informasi yang tidak didapatkan di jam-jam kuliah.

Di samping itu, iklim kehidupan berorganisasi akan meningkatkan kemampuanmu dalam bidang kepemimpinan, memperdalam soft skill, menambah jaringan pertemanan, bahkan dengan pihak-pihak dengan kedudukan lebih tinggi. Hal-hal semacam itu akan mengurangi kecanggungan dan menambah kepercayaan diri.

Unit Kegiatan Mahasiswa Bidang Seni

cozer.id

cozer.id

Bagi mahasiswa yang ingin menyalurkan bakat dan minatnya, kurang lengkap jika tidak mengikuti UKM. Di sini, bukan hanya sebagai media mengasah kemampuan dalam berseni baik seni musik, teater, sastra, sinematografi, paduan suara, tetapi juga sekaligus menciptakan iklim berorganisasi pada mahasiswa. Yang lebih penting tentu saja menumbuhkan rasa percaya diri yang tinggi untuk berdiri di depan publik yang tentu akan sangat berguna ketika di dunia kerja.

Unit Kegiatan Mahasiswa Bidang Olahraga

quipper-video-wordpress.s3.amazonaws.com

quipper-video-wordpress.s3.amazonaws.com

Pemahaman tentang pentingnya sebuah kerjasama tim dalam dunia kerja banyak diperoleh ketika mengikuti kegiatan olahraga. Dalam hal ini, UKM olahraga berperan penting untuk membantu mahasiswa menumbuhkan sportivitas juga kerjasama tim yang baik. Mahasiswa bisa mengikuti beragam UKM bidang olahraga yang disediakan di kampusnya, yaitu basket, sepakbola, futsal, bulutangkis, dan olahraga bela diri seperti karate, taekwondo dan banyak lagi yang lainnya.

Unit Kegiatan Mahasiswa Bidang Kewirausahaan

www.unsoed.ac.id

www.unsoed.ac.id

Bagi kamu yang tidak memiliki minat dan skill dalam bidang seni ataupun olahraga, jangan khawatir. Kamu tetap memiliki kesempatan untuk mengembangkan diri dengan mengikuti UKM lain di luar olahraga dan seni, termasuk bidang kewirausahaan.

Dengan mengikuti UKM ini, kamu tidak hanya akan dibekali ilmu tentang seluk beluk dunia usaha dan diarahkan dalam bidang entrepreneur, tetapi juga mendapatkan kesempatan untuk memperluas jaringan pertemanan.

Status sebagai mahasiswa sendiri merupakan saat yang tepat untuk mulai merintis karier di bidang wirausaha. Banyak sekali tokoh-tokoh hebat dunia yang memulai bisnis saat mereka masih mahasiswa. Berhasil atau tidak berhasil, kemampuan ini nantinya akan sangat berguna saat kamu terjun ke masyarakat, khususnya dunia kerja.

Unit Kegiatan Mahasiswa Bidang Kemanusiaan (sukarelawan)

1.bp.blogspot.com

1.bp.blogspot.com

Salah satu UKM yang banyak bergerak di bidang kemanusiaan adalah PMI. Dengan aktif dalam organisasi kemanusian dan aktif menjadi sukarelawan, kamu dapat meningkatkan kepekaan diri akan situasi dan lingkungan yang memerlukan uluran bantuan. Misalnya melalui event donor darah atau penggalangan bantuan kemanusiaan bagi daerah-daerah yang terkena bencana.

Dengan mengasah sisi kemanusiaan, kamu ikut berkontribusi meringankan penderitaan orang-orang di sekitar, menumbuhkan kepekaan, dan tentu menjadi pribadi yang banyak bersyukur dan rendah hati. Bekal ini akan banyak membantu mahasiswa ketika berhubungan dengan banyak orang di lingkungan pekerjaan. Rasa simpati dan empati yang baik membuat seseorang jadi lebih dihormati dan disukai.

Nah, jangan sia-siakan waktu kuliah kamu dan mulailah sebaik-baiknya dengan mengikuti berbagai kegiatan mahasiswa yang sesuai dengan minat dan kepribadianmu. Selain untuk melengkapi CV, hal ini tentunya juga berguna untuk meniti karier di masa depan.

Be the first to write a comment.

Your feedback