Tak Perlu Takut Jadi Mahasiswa Baru. 5 Tips Ini akan Membantumu Berhasil di Kampus

Jessica,
0
Jadi Mahasiswa Baru

Bagi sebagian besar calon mahasiswa, memasuki dunia kuliah bukan sesuatu yang mudah. Tidak hanya karena harus melewati berbagai tahap seleksi, tetapi juga karena harus menjalani masa orientasi. Belum lagi, mereka yang jadi mahasiswa baru ini akan dihadapkan dengan serangkaian adaptasi; baik itu dari sistem belajar, pembelajaran di kelas, pergaulan, hingga urusan tempat tinggal dan tata kelola keuangan.

Nah, agar kamu bisa menjalani masa ini dengan baik, yuk simak 5 tips berikut ini!

Manfaatkan Ospek sebagai Ajang Mencari Teman

Jadi Mahasiswa Baru

pixabay.com

Ada baiknya kamu buang jauh-jauh anggapan bahwa ospek adalah ajang perploncoan yang menakutkan. Ospek di masa sekarang tidak semenyeramkan itu, kok. Justru, fokusnya adalah bagaimana agar para mahasiswa baru bisa mengenal lingkungan kampus dengan baik.

Karenanya, kamu harus memanfaatkan momen ini untuk mencari teman seperjuangan yang cocok. Carilah teman yang tidak hanya seru untuk diajak hangout, tetapi juga yang asyik untuk diajak berdiskusi masalah kuliah. Memiliki teman yang cocok seperti ini tentu akan membuat masa kuliah 4 tahun akan lebih asyik dan menyenangkan, bukan?

Jangan Malu Berinteraksi dengan Senior

Jadi Mahasiswa Baru

pixabay.com

Tak bisa dimungkiri bahwa kesan negatif ospek juga berdampak buruk pada image kakak tingkat atau senior. Ini membuat mahasiswa baru cenderung menjaga jarak, segan, atau bahkan takut jika harus berinteraksi dengan mereka. Padahal, berhubungan dengan senior di kampus akan memberimu banyak manfaat.

Kamu akan lebih mudah mengenal lingkungan kampus, mengetahui karakter dosen, dan bahkan bisa bertanya tentang materi kuliah. Juga tak menutup kemungkinan mereka akan memberikan tips dan trik terkait bagaimana menapaki masa kuliah dengan segala problematikanya.

Selain itu, semakin kamu kenal dan akrab dengan banyak senior, ini akan bermanfaat ketika telah lulus nanti.

Kenali Lingkungan Kampus dengan Baik dan Cepat

Jadi Mahasiswa Baru

pixabay.com

Ketika kamu sudah mulai menapaki dunia kuliah, itu artinya kamu harus mandiri. Tak peduli seberapa asing dengan lingkungan kampus, mahasiswa baru akan dituntut untuk melakukan semuanya sendiri. Karenanya, kamu harus bisa cepat mengenal lingkungan ini agar proses adaptasi perkuliahan bisa berjalan lancar.

Tentunya, jika kamu telah mengetahui denah lokasi kampus yang meliputi ruang kelas, ruang dosen, akademik, perpustakaan, laboratorium, dan lainnya, semua urusan akan menjadi lebih mudah. Selain fisik, mahasiswa baru juga harus memahami lingkungan ini dalam hal budaya. Kamu perlu tahu seperti apa kebiasaan, nilai dan norma, atau bahkan aturan-aturan tak tertulis yang berlaku di kampus tersebut.

Bersikaplah Ramah pada Siapa Saja

Jadi Mahasiswa Baru

pixabay.com

Bersikap ramah pada dosen dan senior adalah hal lumrah yang pasti telah diketahui oleh semua orang yang jadi mahasiswa baru. Namun, ketahuilah bahwa interaksi di dunia kampus tidak hanya berkutat dengan golongan itu-itu saja. Kamu juga pasti akan berinteraksi dengan petugas akademik, kemahasiswaan, kebersihan, dan bahkan keamanan. Dengan bersikap baik kepada semua orang tersebut, dijamin kamu akan lebih nyaman dan mudah dalam menjalani hari-hari di dunia perkuliahan.

Beri Kesan yang Baik pada Dosen

Jadi Mahasiswa Baru

pixabay.com

Ada ungkapan yang menyatakan bahwa kesan pertama adalah penentu segalanya. Meski tak sepenuhnya benar, kesan pertama memang penting dalam membentuk pandangan seseorang terhadap sesuatu. Percayalah, hal ini pun berlaku ketika kamu jadi mahasiswa baru.

Usahakan sebisa mungkin buatlah kesan yang baik di hadapan dosen. Jangan pernah menyepelekan pentingnya kesan di pertemuan pertama ini, karena bisa jadi hal tersebutlah yang melekat dalam benak dosen terhadap karakter mahasiswanya. Jadi, bersikaplah yang sopan, ramah, dan aktif di kelas, ya.

Itulah beberapa tips untuk kamu yang baru saja jadi mahasiswa baru. Semoga tips tersebut bisa membuatmu lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus.

Be the first to write a comment.

Your feedback