Saat Tubuh Lelah, Lakukan 6 Hal Ini Agar Produktivitas Tak Terganggu

Jessica,
0
Saat Tubuh Lelah

Kelelahan bisa dipicu oleh banyak faktor, termasuk aktivitas yang terlalu banyak dan asupan nutrisi yang kurang maksimal. Ini tentunya akan menjadi dilema apabila Anda harus menyelesaikan banyak tugas dalam satu waktu. Oleh karena itu, saat tubuh lelah, sebisa mungkin lakukan beberapa hal di bawah ini, ya. Dengan demikian, produktivitas Anda pun tidak akan terganggu dan dapat menyelesaikan tugas tepat waktu.

Makan dalam Rentang Waktu 3 Sampai 4 Jam Sekali

Saat Tubuh Lelah

pixabay.com

Para ahli kesehatan dari situs WebMD menyarankan untuk makan setidaknya 3 sampai 4 jam sekali saat tubuh lelah. Cara ini, menurut mereka, cukup efektif untuk membuat tubuh tetap berenergi sepanjang hari. Selain itu, pola makan ini juga dapat membantu Anda dalam menstabilkan kadar gula darah, yang tentunya juga berkaitan dengan jumlah energi tubuh.

Mengonsumsi Makanan Kaya Omega-3

Saat tubuh lelah, Anda juga disarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan kaya omega-3. Asupan omega-3 bisa Anda temukan pada makanan seperti ikan laut, kedelai, yogurt, telur, susu sapi, minyak kanola, dan kenari.

Kenapa harus memperbanyak asupan omega-3? Karena nutrisi tersebut bisa mendorong tubuh untuk mengubah karbohidrat menjadi glikogen, yang merupakan bentuk lain dari glukosa. Dengan demikian, tubuh akan memiliki pasokan energi yang cukup saat Anda memiliki banyak aktivitas.

Perbanyak Minum Air

Saat Tubuh Lelah

pixabay.com

Faktanya, 60 persen tubuh orang dewasa terdiri dari air. Sementara itu, 90 persen plasma darah juga mengandung air. Itulah kenapa kebutuhan cairan tubuh harus terpenuhi, agar semua organ di dalamnya dapat bekerja dengan baik. Jadi, saat tubuh lelah, perbanyaklah minum air.

Minum setidaknya 8 gelas air per hari untuk membuat tubuh tetap terhidrasi. Di sisi lain, dehidrasi juga bisa membuat konsentrasi Anda menurun. Hal ini karena kondisi tersebut bisa memengaruhi produksi hormon di otak.

Memutar Lantunan Musik yang Menenangkan

Saat tubuh lelah, Anda tentu ingin beristirahat sejenak untuk meluruskan otot-otot yang terasa kaku. Untuk itu, sebaiknya putar lantunan musik yang lembut untuk membuat tubuh dan pikiran jadi relaks. Cara ini juga efektif untuk menurunkan ketegangan yang Anda rasakan saat pekerjaan sedang menumpuk. Yuk, simpan beberapa musik bernada lembut di PC atau gawai Anda! Kemudian pejamkan mata sejenak saat mendengarkannya.

Berburu Sinar Matahari Pagi

Saat Tubuh Lelah

pixabay.com

Cukup 10-15 menit saja, Anda sudah bisa merasakan efek positif dari sinar matahari pagi. Seperti dipaparkan oleh National Institutes of Health, paparan sinar matahari dapat meningkatkan pelepasan hormon serotonin di otak. Hormon ini dapat membantu untuk meningkatkan suasana hati, serta membuat seseorang merasa lebih tenang dan fokus. Jadi, saat tubuh lelah, coba sempatkan untuk tetap keluar rumah atau ruang kerja Anda demi merasakan sinar matahari yang hangat.

Jangan Melewatkan Waktu Sarapan

Sesibuk apapun Anda, sebaiknya jangan melewatkan waktu sarapan, ya. Apalagi saat tubuh lelah, sarapan bisa menjadi kunci untuk mengembalikan energi Anda. Bahkan, beberapa studi telah membuktikan bahwa sarapan bisa membuat seseorang merasa lebih fit, baik itu secara mental maupun fisik. Selain itu, peneliti juga menemukan bahwa sarapan pagi yang sehat bisa membantu untuk mengurangi kadar kortisol atau lebih dikenal sebagai hormon stres.

Demikian beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat tubuh lelah. Selain itu, sebaiknya hindari mengonsumsi terlalu banyak kafein saat Anda membutuhkan energi lebih. Karena menurut para ahli kesehatan di Mayo Clinic, konsumsi kafein untuk orang dewasa yang sehat hanya disarankan sekitar 400 miligram per hari. Melebihi jumlah tersebut, Anda bisa mengalami efek negatif seperti ketidakseimbangan hormon dan detak jantung yang cepat.

Be the first to write a comment.

Your feedback