Pilih Sekolah Negeri Atau Swasta Untuk Anak Anda?

Vana Vana,
0
Sekolah Negeri Atau Swasta

Setiap tahun ajaran baru akan menjadi tugas atau membuat setiap orang tua akan selalu pusing, terlebih jika anak mereka ingin melabnjutkan pendidikan mereka ke jenjang lebih tinggi, biasanya orang tua selalu mengumpulkan informasi selengkap mungkin mengenai sekolah yang akan menjadi tujuan anak mereka nantinya. Pilihan paling tersedia sejauh ini yang harus dipikirkan adalah sekolah negeri atau sekolah swasta, tentu saja orang tua masih ingat ketika mereka masuk di sekolah dimana ketika ada kenaikan kelas, maka akan ada pembicaraan mengenai sekolah yang akan dituju, terutama ketika mereka ingin melanjutkan sekolah mereka ke sekolah favorit dan tentu saja mereka ingin memiliki prestasi di sekolah terbaik tersebut.

Para orang tua sendiri biasanya juga pernah terobsesi untuk dapat diterima menjadi murid di sekolah terbaik maupun sekolah terfavorit, dan orang tua biasanya akan loyo ketika anaknya tidak diterima di sekolah yang di-inginkan oleh orang tua mereka karena nilai-nya tidak cukup atau kurang cukup. Wakil menteri pendidikan dan kebudayaan mengakui memang masih ada penilaian dari setiap orang tua yang membedakan antara sekolah yang dikelola negeri atau swasta, padahal kata dirinya, sekolah yang di negeri swasta maupun negeri sama-sama memiliki kelebihan. “Justru di beberapa daerah, sekolah swasta jauh lebih berkembang dan kualitasnya jauh lebih bagus dibandingkan sekolah negeri,” kata dirinya. Kali ini kita juga akan membahas kelebihan dan kekurangan sekolah negeri dan sekolah swasta yang mungkin saja bisa menjadi bahan pertimbangan Anda ketika Anda sedang memutuskan sekolah terbaik untuk anak Anda.

 

  • Daya Tampung

    Sekolah di sekolah negeri bahkan sekolah terbaik sekalipun memiliki kapasitas 40 orang dalam satu kelas, sedangkan jika anak Anda sekolah di sekolah swasta, hanya berisikan maksimal 20 orang di setiap kelas-nya.
    Jumlah murid yang terlalu banyak bukan hanya membuat konsentrasi murid terganggu karena kegaduhan yang ditimbulkan oleh teman-temannya, namun guru juga akan kerepotan untuk menertibkan mereka, sehingga tidak mengetahui dengan pasti kemampuan dan pemahaman masing-masing murid yang diajari-nya.
    Jika Anda memiliki anak yang berkebutuhan khusus dan ingin menyekolahkan anak Anda di sekolah umum, maka sekolah swasta dapat menjadi pilihan agar sang anak tidak panik ketika berada di lingkungan yang ramai.

 

  • Jam Belajar

    Sekolah negeri biasanya memiliki jam belajar yang lebih singkat daripada sekolah swasta, hal ini memang biasa karena materi yang diajarkan memang tidak tergantung dari lamanya mereka berada di sekolah.
    Terlalu lama di sekolah bisa membuat si murid terlalu lelah dan lebih tertarik mengisi waktu mereka dengan bermain bersama teman-temannya di kelas, dan jika di sekolah lebih lama, itu juga akan memangkas waktu sosialisasi anak Anda bersama teman sebaya di rumah atau lingkungan sekitarnya. Hal yang biasanya terjadi adalah dimana semakin terkenal sekolah tersebut sebagai sekolah terbaik, maka akan makin lama juga jam yang harus dijalaniu oleh si murid dikelas.

 

  • Fasilitas

    Sering kita mendengar di berita dan di beberapa tempat lainnya dimana gedung sekolah hampir roboh dikarenakan kurang perawatan sehingga kegiatan belajar para murid akan menjadi tergganggu.
    Meski tidak rubuh atau hancur, Anda dapat melihat dengan mata Anda sendiri apabila ada kondisi cat yang tidak baik atau lantai yang pecah pada beberapa sekolah, dan terkadang kejadian tersebut bahkan ada di sekolah negeri dan tidak sedikit juga ada di beberapa sekolah terbaik. Di sisi lain, sekolah swasta hampir selalu memiliki kondisi sekolah yang lebih baik secara fisik dibandingkan sekolah negeri.

 

  • Biaya Sekolah

    Pemerintah memang membebaskan murid sekolah negeri dari kewajiban bayar uang sekolah, meski hingga kini orang tua masih harus mengeluarkan uang untuk membayarkan berbagai alasan seperti uang les, sumbangan pembangunan gedung dan lainnya. Sementara itu, murid sekolah swasta memang wajib membayar SPP dengan jumlah yang ditetapkan, belum lagi kewajiban membayar biaya pendaftaran ulang di tahun awal ajaran yang baru.

 

  • Interaksi

    Murid-murid sekolah negeri biasa berasal dari berbagai latar belakang sosial, budaya, dan ekonomi yang berbeda. Sementara para murid sekolah swasta berasal dari kelas sosial yang kurang lebih sama.
    Berbeda lingkungan tersebut bisa membuat karakter serta latar belakang berbeda yang membuat anak mudah memahami dan bersikap terhadap perbedaan ketika dirinya dewasa. Sebalik-nya, anak mungkin akan memerlukan waktu lebih lama untuk dapat menyesuaikan diri jika dirinya terbiasa menghadapi dan berada di lingkungan dengan teman-teman yang berasal dari kelas sosial atau golongan yang sama, hal itu tentu saja bisa membantu perkembangan anak Anda nantinya.

 

Jika Anda sebagai orang tua ingin memasukkan anak Anda ke sekolah negeri atau ke sekolah swasta, maka hal itu akan menjadi pilihan yang sedikit membingungkan bagi orang tua, lebih baik Anda bisa membahas masalah masalah ini ke anak Anda juga agar anak mengerti dan mungkin bisa memberikan pilihan bagi Anda.

Be the first to write a comment.

Your feedback