Tips Praktis agar Mudah Menghafal Saat Ujian

Jessica,
0
www.rimma.co

Semaju apapun teknologi, kemampuan menghafal tetap sama dari waktu ke waktu. Tidak ada teknologi yang bisa membuat ingatan kita semakin kuat untuk menghadapi ujian. Jika ingin terus bersaing untuk menjadi yang terbaik, kamu harus memahami dan mampu mengingat materi yang diajarkan guru dengan mengetahui trik dan cara mudah menghafal saat ujian.

Menjadi seorang pembelajar cepat yang mudah mengingat tidak hanya akan berguna di masa sekolah, tapi juga di dunia kerja kelak. Berdasarkan sebuah riset yang diadakan oleh Pew Research Center tahun 2016, lebih dari dua pertiga pekerja mengambil pelatihan dan kursus tambahan untuk memajukan karier mereka. Hasilnya, mereka mengalami kemajuan karier yang pesat bahkan bisa mendapatkan profesi baru dengan keahlian yang baru itu.

Bagaimana cara menjadi pembelajar cepat, termasuk agar mudah menghafal saat ujian? Simak tips praktis di bawah ini, ya!

Ajari Orang Lain

Ajari Orang Lain-www.rimma.co

Ajari Orang Lain-www.rimma.co

Pernahkah kamu merasa lebih memahami sebuah materi saat kamu mengajarkannya pada orang lain? Aktivitas menerangkan kembali kepada orang lain ini, menurut penelitian dari Washington University di St. Louis, terbukti mampu membuat ingatan bertahan lebih lama. Materi yang mampu kita simpan juga akan jadi lebih banyak.

Tidak ada seseorang yang bisa kamu ajari? Pura-pura saja berdiri di depan cermin seolah kamu sedang mengajari orang lain.

Belajar ketika Ujian Sudah Dekat

Belajar ketika Ujian Sudah Dekat-www.gentlemancode.id

Belajar ketika Ujian Sudah Dekat-www.gentlemancode.id

Sistem kebut semalam alias SKS ternyata terbukti lebih ampuh digunakan agar lebih mudah menghal saat ujian. Para ahli di Pusat Keberhasilan Akademis, Louisiana University menyarankan agar siswa memanfaatkan 30 sampai 50 menit sebelum ujian untuk memaksimalkan hafalan. Jangan lupa sisakan jeda waktu 10 menit sebelum ujian dimulai untuk beristirahat sejenak.

Bawa Catatan Kecil di Tangan

Bawa Catatan Kecil di Tangan-cdn.idntimes.com

Bawa Catatan Kecil di Tangan-cdn.idntimes.com

Meski sekarang sudah zamannya smartphone dan tablet, membawa catatan kecil di tangan masih dianggap sebagai salah satu cara mudah menghafal saat ujian. Dengan menulis secara manual catatan sekolahmu, kamu akan mampu mendengarkan lebih saksama dan mengidentifikasi konsep penting dalam materi pembelajaran.

Tidur Siang

Tidur Siang-panduanhidupsehat.com

Tidur Siang-panduanhidupsehat.com

Jika kamu beranggapan bahwa ujian artinya harus belajar dan kehilangan waktu tidur siang, itu sebenarnya adalah persepsi yang salah. Sebuah eksperimen di Perancis yang membandingkan dua kelompok belajar bahasa: kelompok pertama diberi waktu jeda tidur siang dan kelompok kedua tidak, menunjukkan perbedaan yang cukup signifikan.

Kelompok pertama mampu mengingat 10 dari 16 kosa kata yang diajarkan, sementara kelompok kedua hanya memiliki rerata nilai 7,5/10. Beristirahat di antara dua sesi belajar adalah salah satu cara jitu membuat ingatan bertahan lebih lama. Tapi ingat, jangan sampai lebih lama tidur daripada belajarnya, ya!

Gunakan Metode yang Berbeda dalam Setiap Latihanmu

Gunakan Metode yang Berbeda dalam Setiap Latihanmu-howtolearn.ca

Gunakan Metode yang Berbeda dalam Setiap Latihanmu-howtolearn.ca

Ketika mempelajari satu materi matematika dengan rumus A, kebanyakan siswa cenderung menggunakan rumus yang sama secara berulang. Padahal jika ingin mudah menghafal saat ujian, menggunakan rumus yang berbeda untuk satu materi yang sama bisa mempertajam penguasaanmu terhadap materi tersebut.

Hal ini sudah dibuktikan oleh peneliti di John Hopkins University yang menguji dua kelompok belajar. Kelompok pertama berlatih dengan cara yang sama berulang-ulang, sementara kelompok kedua dilatih dengan menggunakan metode yang berbeda-beda. Hasilnya, kelompok yang mendapatkan modifikasi cara pelatihan ternyata memiliki hasil yang lebih bagus dibanding dengan yang menggunakan metode sama terus-menerus.

Sebenarnya ada banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan saat belajar untuk menghadapi ujian. Tips-tips di atas adalah beberapa pilihan yang bisa kamu terapkan agar mudah menghafal. Selain belajar keras dan terus mengulang pelajaran, jangan lupa beristirahat dan jaga pola makan agar tetap fit saat ujian berlangsung.

Be the first to write a comment.

Your feedback