5 Jurusan Kuliah Kelautan Ini Ternyata Punya Prospek Kerja yang Bagus

Jessica,
0
Jurusan Ilmu dan Teknologi Kelautan - 3.bp.blogspot.com

Jurusan kuliah kelautan adalah studi yang mengkaji cara mengelola sumber daya kelautan sehingga menciptakan komoditas-komoditas makhluk laut dari implementasi pengetahuan dan teknologi. Indonesia merupakan negara maritim yang terdiri atas 13.000 pulau terbentang seluruh nusantara. Hal ini juga diperkuat dari luas daratannya yang hanya sepertiga dari seluruh luas daerah Indonesia. Dengan kondisi demikian, Indonesia mempunyai potensi di bidang kelautan yang sangat besar. Namun, sumber daya manusia yang kompeten masih sangat terbatas.

Jumlah alumni jurusan kuliah kelautan yang masih terbatas membuat program studi ini mempunyai prospek kerja yang sangat bagus. Berbagai prospek pekerjaan bagi alumni jurusan kuliah kelautan, di antaranya adalah:

  • Tenaga Pendidik dan Akademisi

Alumni jurusan kelautan dapat berprofesi sebagai guru Sekolah Menengah Perikanan, peneliti, dosen, staf laboratorium perikanan (baik di universitas negeri maupun swasta). Dosen Jurusan Kelautan setidaknya harus lulusan magister. Jika Anda merasa keberatan dengan biaya perkuliahan magister, saat ini tersedia banyak program beasiswa yang bisa membantu Anda menggapai gelar magister.

  • Pegawai Negeri Sipil

Alumni jurusan kelautan juga dapat berprofesi sebagai pegawai pemerintahan di berbagai badan pemerintahan misalnya Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian ESDM, Balai Karantina Ikan, Balai Budidaya Ikan, Dinas Perikanan di kabupaten maupun provinsi, Balai Riset Pengembangan dan Budidaya, Bappenas dan Bappeda, serta berbagai profesi yang mensyaratkan alumni jurusan kelautan.

  • Di Bidang Swasta

Di bidang swasta, alumni jurusan kelautan dapat berprofesi sebagai konsultan lingkungan pantai, konsultan kelautan, bekerja di pabrik pakan ternak dan ikan, serta quality control produksi bidang kelautan.

  • Wiraswasta

Menjadi seorang wirausahawan sangat disarankan bagi alumni jurusan kelautan karena bidang ini sangat bagus untuk dikembangkan. Banyak bidang yang bisa dikembangkan di area ini, misalnya pemijahan bibit ikan, pembenihan, penjualan ikan hias maupun ikan konsumsi, dan distributor pakan ikan. Selain itu, lulusan jurusan kelautan juga bisa bergerak di bidang pengolahan hasil laut menjadi beragam produk seperti kerupuk, nugget, sosis, dendeng maupun pengalengan.

Beberapa perguruan tinggi di Indonesia sebenarnya telah menyediakan jurusan kuliah kelautan. Setelah menamatkan kuliahnya, mahasiswa diharapkan mempunyai kompetensi, berupa merencanakan, mendesain, serta mengimplementasikan pemanfaatan kekayaan hayati dari laut.Selama ini studi kuliah kelautan yang terdapat di universitas terdapat pada fakultas ataupun jurusan kelautan dan perikanan. Berikut ini adalah 5 jurusan kuliah kelautan yang memiliki prospek kerja bagus.

Jurusan Budidaya Perairan

Jurusan Budidaya Perairan - 4.bp.blogspot.com

Jurusan Budidaya Perairan – 4.bp.blogspot.com

Dalam beberapa perguruan tinggi, jurusan Budidaya Perairan disingkat menjadi Budi Daya Perikanan (Perairan), adapula yang menamai jurusan ini Teknologi dan Manajemen Perikanan Budi Daya. Jurusan kelautan ini mengkaji mengenai budidaya ikan laut, udang, rumput laut dan lain sebagainya.

Jurusan Pemanfaatan dan Penangkapan

Jurusan Pemanfaatan dan Penangkapan - halloriau.com

Jurusan Pemanfaatan dan Penangkapan – halloriau.com

Biasa disingkat menjadi PSP atau Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan (Perairan). Adapula yang menamai jurusan ini Teknologi dan Manajemen Perikanan Tangkap. Jurusan kelautan ini mengkaji semua hal tentang penangkapan ikan laut, sungai, danau menggunakan bantuan perahu nelayan, kapal perikanan, maupun alat-alat lain di pelabuhan.

Jurusan Teknologi Hasil

Jurusan Teknologi Hasil - faperta.ugm.ac.id

Jurusan Teknologi Hasil – faperta.ugm.ac.id

Biasa disingkat THP/ PHP yakni Teknologi Hasil Perikanan (Perairan) atau Pengolahan Hasil Perikanan (Perairan). Jurusan kelautan ini mengkaji berbagai hasil perikanan menjadi beragam produk yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat, seperti obat-obatan, makanan, maupun kosmetik.

Manjemen Sumber Daya

Manjemen Sumber Daya - training.ppsdm.com

Manjemen Sumber Daya – training.ppsdm.com

Biasa disingkat Manajemen Sumber Daya Perikanan (Perairan), jurusan kelautan ini mengkaji seluruh sumber daya perairan dan laut, misalnya di bidang hukum, lingkungan, pencemaran, masyarakat pesisir dan lain sebagainya.

Jurusan Ilmu dan Teknologi Kelautan

Jurusan Ilmu dan Teknologi Kelautan - 3.bp.blogspot.com

Jurusan Ilmu dan Teknologi Kelautan – 3.bp.blogspot.com

Jurusan ini mengkaji semua keilmuan mengenai laut, misalnya biologi laut, kimia, topografi laut, fisika, gunung laut dan lain sebagainya.

Demikianlah beberapa jurusan kuliah kelautan yang memiliki prospek kerja bagus bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Be the first to write a comment.

Your feedback