Manfaat Sarapan untuk Anak Sebelum Berangkat ke Sekolah

Jessica,
0
Tidak Mudah Jajan Sembarangan

Kebanyakan orang tua sering kali mengabaikan manfaat sarapan untuk anak karena berpikir bahwa kegiatan tersebut akan membuat si kecil telat ke sekolah. Sebaliknya, mereka malah lebih sering membekali anak-anaknya dengan uang jajan untuk menyantap sarapan saat di sekolah.

Faktanya, sarapan untuk anak sebelum berangkat ke sekolah memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah memberikan energi dalam menjalani segala aktivitas di sekolah. Anak akan lebih bersemangat dalam melakukan kegiatan serta mudah untuk berkonsentrasi. Selain itu, ada beberapa manfaat sarapan lainnya untuk anak yang perlu Bunda ketahui. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini.

1. Menambah Energi

Menambah Energi Sebelum Berangkat ke Sekolah

Menambah Energi Sebelum Berangkat ke Sekolah

Salah satu manfaat sarapan untuk anak adalah menambah energi. Anda bisa memberikan sarapan yang mengandung banyak serat dan nutrisi kepada si kecil. Nantinya, kandungan tersebut akan diolah oleh tubuh menjadi energi untuk membantu anak bersemangat dalam menjalani aktivitasnya di sekolah.

2. Mengoptimalkan Metabolisme

Mengoptimalkan Metabolisme

Mengoptimalkan Metabolisme

Saat tidur, tubuh tidak akan melakukan pembakaran sehingga kadar gula akan mengalami penurunan. Untuk mengembalikannya, Bunda bisa memberikan sarapan yang mengandung karbohidrat kepada si kecil. Berikanlah sarapan untuk anak setiap pagi secara rutin agar metabolisme di dalam tubuhnya optimal.

3. Meningkatkan Konsentrasi

Meningkatkan Konsentrasi

Meningkatkan Konsentrasi

Manfaat sarapan untuk anak lainnya adalah meningkatkan konsentrasi. Beberapa studi membuktikan bahwa anak yang tidak sarapan cenderung lamban dalam beraktivitas dan memiliki tingkat konsentrasi rendah. Dengan alasan itulah, sarapan adalah aktivitas penting yang harus dilakukan oleh setiap anak saat pagi hari.

4. Menyehatkan Tubuh

Menyehatkan Tubuh

Menyehatkan Tubuh

Menyantap sarapan saat pagi hari sangat penting dilakukan oleh setiap manusia sebelum beraktivitas, tanpa terkecuali anak Anda. Sarapan dipercaya dapat membantu mengurangi risiko diabetes pada si kecil. Oleh karena itu, Bunda harus membiasakan sang buah hati untuk menyantap sarapannya sebelum berangkat ke sekolah.

5. Menstabilkan Emosi

Menstabilkan Emosi Anak

Menstabilkan Emosi Anak

Menurut penelitian, emosi seseorang dapat dipengaruhi oleh sarapan. Seseorang yang menyantap sarapan sebelum menjalani aktivitasnya cenderung memiliki tingkat emosi yang stabil dan terkontrol dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukannya. Jika Anda ingin si kecil ceria sepanjang hari, pastikan dia menyantap sarapannya sebelum beraktivitas ya!

6. Meningkatkan Kemampuan Otak

Meningkatkan Kemampuan Otak Anak

Meningkatkan Kemampuan Otak Anak

Tidak hanya berguna untuk kesehatan tubuh, manfaat sarapan untuk anak dapat membantu meningkatkan kemampuan otak. Selain tubuh, otak juga membutuhkan nutrisi yang membantu anak untuk mengingat dan berpikir.

7. Meningkatkan Kecerdasan

Meningkatkan Kecerdasan Anak

Meningkatkan Kecerdasan Anak

Menurut seorang dokter ahli gastroenterologi anak dan pakar dalam bidang nutrisi, Ronal E. Kelinman, M.D, sarapan bagi anak sebelum berangkat sekolah akan memengaruhi prestasinya. Hal ini tidak lepas dari gizi dan nutrisi dari mengonsumsi  sarapan yang mampu menstimulasi kecerdasan otak. Hasilnya, otak dapat berfungsi secara maksimal untuk menyimpan memori.

8. Membuat Anak Berhemat

Membuat Anak Berhemat Dengan Menabung

Membuat Anak Berhemat Dengan Menabung

Bunda, ternyata manfaat sarapan untuk anak lainnya dapat membantunya berhemat. Mengapa demikian? Sarapan membantu mencukupi kebutuhan nutrisi dan gizi si kecil sehingga dia tidak berkeinginan untuk jajan secara berlebihan. Terlebih, jika Anda juga menyiapkan bekal sehingga mereka akan lebih mengontrol pengeluaran untuk jajan di luar.

9. Tidak Mudah Jajan Sembarangan

Tidak Mudah Jajan Sembarangan

Tidak Mudah Jajan Sembarangan

Anak yang menyantap sarapan secara rutin sebelum berangkat ke sekolah cenderung tidak akan jajan sembarangan. Seperti yang kita ketahui bahwa kecenderungan anak jajan di luar bukan atas dasar kandungan gizi yang terkandung di dalam makanan, melainkan warna yang menarik dan rasa yang dimilikinya. Jika Bunda ingin memastikan si kecil tetap sehat dan terhindar dari jajan sembarangan, biasakanlah mereka menyantap sarapannya setiap hari.

Bunda, itu dia beberapa manfaat sarapan untuk anak sebelum berangkat ke sekolah. Ternyata, banyak ya manfaatnya. Jadi, mulai sekarang jangan pernah mengabaikan sarapan untuk si kecil ya.

Be the first to write a comment.

Your feedback